Cara Merekam Layar dengan Suara Internal di Macbook

Pada saat melakukan screen recording di Macbook dan iMac menggunakan recorder bawaan kita hanya akan mendapatkan video tanpa suara internal dari komputer. Anda hanya bisa memasukkan suara dari input microphone namun tidak bisa merekam suara sistem.

Agar bisa merekam layar dengan suara internal ada dua cara yang bisa dilakukan, pertama adalah menggunakan aplikasi screen recorder pihak ketiga, dan yang kedua adalah menambahkan ekstensi ke recorder bawaan. Jika Anda tetap ingin merekam layar dengan screen recorder bawaan yang ada pada mac maka bisa menggunakan cara yang kedua.

Cara merekam layar dengan suara internal di Macbook

1. Download aplikasi iShowU Adudio Capture

iShowU Audio Capture merupakan ekstensi suara untuk Mac yang bisa digunakan untuk mengubah output suara pada screen recorder. Dengan menambahkan ekstensi ini nantinya Anda akan bisa merekam layar dengan suara internal dari Mac.

Silakan download aplikasinya di sini:

Versi macOS yang didukung: Mojave, Catalina

2. Install aplikasi yang sudah didownload ke Mac

Setelah file selesai didownload, selanjutnya klik dua kali pada file tersebut. Pada jendela selanjutnya Anda akan melihat file installer aplikasi, klik dua kali pada file iShow Audio Capture.pkg kemudian lanjutkan proses install.

cara merekam layar dengan suara internal macbook4

3. Berikan izin akses pada aplikasi

Di tengah proses install akan muncul notifikasi yang meminta Anda untuk memberikan izin akses ke aplikasi. Akan muncul jendela pop up yang berbunyi “System Extension Blocked…” > silakan klik pada pilihan Open Security Preferences.

cara merekam layar dengan suara internal macbook2

Setelah itu pada jendela pengaturan Security & Privacy klik pada tombol gembok untuk membuka akses > masukkan password Anda. Kemudian perhatikan pada bagian bawah, di sana terdapat keterangan System software from developer “Shiny White Box Limited” was blocked from loading > Anda klik pada tombol Allow.

cara merekam layar dengan suara internal macbook3

4. Buka aplikasi Audio MIDI Setup

Langkah selanjutnya adalah membuat sound output baru yang menggabungkan speaker internal dengan speaker dari ekstensi iShow Audio Capture. Untuk melakukannya kita bisa menggunakan aplikasi Audio MIDI Setup yang merupakan aplikasi bawaan pada Mac.

Silakan gunakan spotlight search kemudian ketik “audio midi setup” > tekan enter untuk membuka aplikasinya.

cara merekam layar dengan suara internal macbook5

5. Buat Multi-Output Device baru

Pada aplikasi Audio MIDI Setup klik tombol + yang ada pada bagian kiri bawah jendela aplikasi > kemudian pilih Create Multi-Output Device.

cara merekam layar dengan suara internal macbook6

Anda akan melihat ouput device baru akan muncul dengan nama Multi-Output Device, pada jendela sebelah kanan centang pada opsi iShowU Audio Capture dan Built-in Output.

cara merekam layar dengan suara internal macbook7

Setelah selesai, tutup jendela aplikasi Audio MIDI Setup.

6. Ganti speaker menjadi Multi-Output Device

Selanjutnya Anda perlu mengganti speaker menjadi Multi-Output Device yang baru saja dibuat, ini harus dilakukan setiap kali Anda ingin merekam layar. Silakan klik pada icon Speaker yang ada di menu bar setelah itu pilih Muti-Output Device.

cara merekam layar dengan suara internal macbook8

7. Buka aplikasi Screen Recorder

Buka aplikasi Screen Recorder dengan cara menekan tombol shortcut Command+Shift+5.

8. Ganti Microphone menjadi iShow Audio Capture

Tool bar aplikasi Screen Recorder akan muncul, silakan pilih pada Record Screen > klik pada tombol Options. Kemudian pada bagian Microphone pilih iShow Audio Capture.

cara merekam layar dengan suara internal macbook9

Mulai lakukan perekaman layar. Setelah selesai nanti Anda bisa mengecek file hasilnya, seharusnya sekarang suara internal dari Macbook Anda sudah terekam di dalam video.

Demikian tutorial singkat cara merekam layar dengan suara internal di Mac, semoga bisa bermanfaat. Jika masih mengalami kesulitan jangan sungkan untuk berkomentar pada kolom yang sudah disediakan.

Leave a Comment