Cara Menghubungkan Headset dan Speaker Bluetooth di Windows 10

Pada postingan ini Winpreso akan berikan tutorial bagaimana caranya menghubungkan headset dan speaker Bluetooth di Windows 10.

Menggunakan perangkat wireless seperti headset dan speaker Bluetooth memang dianggap lebih praktis dibandingkan perangkat yang masih menggunakan kabel. Tapi kedua jenis perangkat ini tetap memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Saat menggunakan headset Bluetooth untuk bermain game misalnya, kita jadi lebih bebas untuk bergerak tanpa khawatir tersangkut oleh kabel. Begitu pula dengan speaker Bluetooth, kita lebih leluasa untuk mengatur letaknya sehingga bisa terlihat lebih rapi.

Kekurangannya adalah daya baterai pada perangkat Bluetooth yang terbatas membuat kita harus mengisi ulang baterai, sehingga penggunaannya tidak bisa seharian seperti pada perangkat kabel.

Lebih suka yang mana itu kembali lagi ke selera masing-masing, kali ini kita akan fokus membahas cara mengyambungkan perangkat Bluetooth ke laptop atau PC yang menggunakan Windows 10.

Cara menghubungkan headset dan speaker Bluetooth di Windows 10

1. Masuk ke Settings

Langkah pertama adalah menghidupkan Belutooth di Windows 10 melalui menu Settings. Klik pada tombol Start lalu klik tombol Settings (icon gear), bisa juga dengan menekan tombol Windows+i pada keyboard.

Setelah jendela Settings terbuka, pilih pada menu Devices.

gambar 1 cara mehubungkan headset bluetooth dan speaker di windows 10

2. Hidupkan Bluetooth di Windows 10

Selanjutnya klik pada tab Bluetooth & other devices, kemudian pada bagian Bluetooth klik tombol On.

gambar 2 cara mehubungkan headset bluetooth dan speaker di windows 10

3. Hidupkan headset atau speaker Bluetooth yang ingin dihubungkan

Setelah menghidupkan Bluetooth pada laptop atau PC, selanjutnya kita juga harus meghidupkan headset dan speaker, pastikan perangkat tersebut dalam mode bisa ditemukan (discoverable), biasanya pada buku manual ada tutorialnya.

4. Klik Add Bluetooth or other device

Kembali lagi ke Windows 10, pada halaman Bluetooth Settings klik pada tombol Add Bluetooth or other device.

gambar 3 cara mehubungkan headset bluetooth dan speaker di windows 10

5. Pilih Bluetooth

Setelah jendela untuk menbamahkan perangkat muncul, pilih Bluetooth.

gambar 4 cara mehubungkan headset bluetooth dan speaker di windows 10

6. Tunggu hingga headset atau speaker terdeteksi

Tunggu sebentar hingga headset atau speaker Bluetooth terdeteksi, nanti Anda akan melihatnya tampil di layar.

7. Klik pada perangkat yang ingin dihubungkan

Setelah perangkat terdeteksi, klik satu kali pada perangkat headset atau speaker yang ingin dihubungkan.

gambar 5 cara mehubungkan headset bluetooth dan speaker di windows 10

8. Klik tombol Connect

Selanjutnya klik pada tombol Connect.

gambar 6 cara mehubungkan headset bluetooth dan speaker di windows 10

9. Headset dan speaker Bluetooth siap digunakan

Setelah headset atau speaker Bluetooth berhasil terhubung ke laptop, maka Anda sudah bisa langsung menggunakannya. Untuk melakukan pengaturan volume bisa melalui tombol sound yang ada di taskbar seperti biasa.

Jika pada saat itu Anda laptop terhubung dengan speaker lain, maka untuk menggantinya bisa dengan mengklik tombol sound satu kali, kemudian pilih speaker atau headset yang ingin digunakan.

Mengatasi perangkat Bluetooth tidak terdeteksi

Saat mencoba menghubungkan perangkat seperti speaker atau headset Bluetooth Anda mungkin akan mengalami masalah seperti perangkat yang tidak bisa terhubung atau tidak terdeteksi sama sekali.

Untuk mengatasinya, ada beberapa tips yang bisa Anda coba.

Pertama, pastikan Bluetooth sudah hidup pada kedua perangkat dan dalam mode discoverable

Headset Bluetooth biasanya memiliki tombol untuk masuk ke mode pairing, pada mode ini Bluetooth dari headset bisa dideteksi oleh perangkat lain seperti laptop atau smartphone.

Pastikan Headset Bluetooth Anda berada dalam mode pairing agar bisa dideteksi oleh Bluetooth Windows 10. Biasanya headset Bluetooth disertai dengan lampu indikator yang bisa jadi petunjuk apakah perangkat sedang ada pada mode pairing, paired, indikator baterai, dan seterusnya.

Anda bisa melihat di buku manual yang diberikan pada paket pembelian, tiap merek memiliki caranya masing-masing, jadi silakan sesuaikan dengan headset Bluetooth miliki Anda. Intinya pastikan headset berada pada mode pairing pada saat hendak menghubungkannya ke Windows 10.

Kedua, cek apakah driver Bluetooth di Windows 10 sudah terinstall dengan benar

Agar bisa berfungsi dengan baik maka driver Bluetooth harus sudah terinstall di Windows 10. Jika tidak terinstall atau rusak, maka Bluetooth di laptop tidak akan bisa digunakan untuk mengirim file dan dihubungkan dengan perangkat lainnya. Begitu pula jika Anda menginstall driver yang tidak sesuai maka Bluetooth juga tidak akan bisa digunakan.

Ketika mencoba menghubungkan headset Bluetooth atau speaker dan terjadi masalah seperti tidak bisa terhubung atau tidak terdeteksi sama sekali maka Anda perlu juga mengecek driver Bluetooth di laptop, apakah dalam kondisi baik atau tidak.

Buke Device Manager dengan cara klik kanan pada tombol Start > pilih Device Manager.

Setelah jendela Device Manager terbuka Anda akan melihat daftar semua driver yang ada di Windows 10. Temukan driver bernama Bluetooth, kemudian klik tanda panah untuk expand.

gambar 7 cara mehubungkan headset bluetooth dan speaker di windows 10

Perhatikan apakah semua driver dalam keadaan normal, jika telihat tanda seru berwarna kuning itu artinya driver Bluetooth Anda bermasalah.

Solusinya adalah menginstall driver yang baru dan sesuai dengan Bluetooth di laptop Anda. Lihat di sini cara untuk melakukannya:

Cara mencari driver yang sesuai di Windows

Cara update driver Windows 10

Cara mengecek driver yang belum terinstall

Ketiga, coba gunakan Bluetooth Dongle (eksternal)

Solusi terakhir adalah mencoba menggunakan Bluetooth eksternal di laptop Anda. Jika sudah mencoba dua cara di atas namun headset Bluetooth atau spekaer Bluetooth tetap tidak bisa terhubung maka bisa diasumsikan kalau Bluetooth di laptop yang bermasalah.

Bluetooth dongle merupakan perangkat Bluetooth eksternal yang bisa digunakan pada laptop atau PC, Anda bisa membelinya di toko komputer terdekat, harganya juga tidak mahal. Bluetooth dongle digunakan dengan cara mencoloknya ke port USB, setelah itu langsung bisa digunakan.

Setelah menggunakan Bluetooth eksternal, coba lagi hubungkan headset atau speaker Anda, apakah sudah bisa? Jika bisa artinya Bluetooth laptop atau PC Anda sudah rusak, gunakan saja Bluetooth eksternal ini seterusnya.

Demikian tutorial cara mengubungkan headset Bluetooth dan speaker di Windows 10 beserta beberapa tips untuk mengatasi masalah yang sering muncul. Semoga bisa membantu.

Leave a Comment