Cara Menghilangkan Windows Boot Manager di Windows 10 dan 7

Jika Anda baru saja menginstall versi baru Windows pada disk yang sebelumnya telah terinstall Windows dengan versi yang lebih lama, maka komputer Anda sekarang akan menampilkan menu dual-boot di layar Windows Boot Manager.

Layar Windows Boot Manager ini akan terus muncul setiap kali Anda menyalakan komputer, dari sana Anda akan diminta untuk memilih sistem operasi mana yang akan digunakan. Apabila Anda merasa halaman ini tidak diperlukan, maka Anda bisa menghilangkannya.

Sebelumnya mari kita bahas sedikit lebih jauh dulu apa itu Windows Boot Manager dan apa saja penyebab ia bisa muncul.

Apa itu Windows Boot Manager?

Boot Manager merupakan program yang akan memanggil loader untuk memulai sistem operasi Windows. Program ini berfungsi untuk menentukan sistem operasi mana yang akan dijalankan jika kita memiliki lebih dari satu sistem operasi.

Menu Boot Manager akan muncul di layar selama beberapa detik tergantung dari pengaturan boot menu timeout di komputer Anda, dan halaman ini akan terus tampil hingga Anda memilih sistem yang ingin dijalankan.

Apabila Anda tidak melakukan tindakan apapun, maka Boot Manager akan memilih sistem operasi default yang merupakan versi Windows terbaru di komputer Anda untuk dijalankan.

Penyebab Windows Boot Manager muncul

  1. Terdapat lebih dari satu sistem operasi pada komputer Anda (dual-boot)
  2. Terdapat lebih dari satu versi sistem operasi yang terbaca oleh Boot Manager, biasanya disebabkan karena proses install tanpa format disk
  3. Pada komputer terdapat dua buah disk yang sama-sama terinstall sistem operasi Windows

Cara Menghilangkan Windows Boot Manager di Windows 10 dan Windows 7

1. Tekan tombol Windows+R untuk memunculkan jendela RUN

2. Ketik perintah: msconfig

3. Klik tombol OK atau tekan Enter

4. Jendela program System Configuration akan terbuka, klik pada tab Boot

5. Di sana Anda akan melihat versi Windows yang terbaca pada Boot Manager

6. Pilih sistem operasi yang ingin dijalankan secara default, pilih yang terbaru

7. Tekan tombol Set as default

8. Klik tombol OK

9. Restart komputer Anda

cara menghilangkan windows boot manager 1

Setelah melakukan pengaturan di atas dan menentukan sistem operasi default maka halaman Boot Manager tidak akan muncul lagi. Setiap kali komputer dinyalakan akan langsung booting ke sistem operasi yang tadi sudah diatur sebagai default.

Anda juga bisa menghapus versi lain dari sistem operasi yang terbaca apabila merasa tidak diperlukan, caranya dengan kembali ke program System Configuration dengan cara di atas, pilih sistem operasi yang ingin dihapus lalu tekan tombol Delete. Ingat, pastikan Anda melakukannya dengan benar, jangan sampai salah hapus.

Melalui Control Panel

Untuk menghilangkan tampilan Windows Boot Manager di BIOS yang selalu muncul setiap kali Anda menghidupkan komputer bisa juga dilakukan dari Control Panel. Kita bisa menentukan sistem operasi default agar tidak lagi melewati halaman Boot Manager, atau bisa juga dengan menghilangkan halaman tersebut sama sekali.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Masuk ke Control panel

2. Pilih System

3. Klik Advanced System Settings

4. Masuk ke tab Advanced

5. Pada menu Startup and Recovery klik tombol Settings

6. Pada bagian Default operating system silakan pilih versi sistem operasi yang ingin dijalankan setiap kali komputer dihidupkan, atau dengan kata lain dijadikan sebagai default

7. Bila ingin menghilangkan tampilan Boot Manager maka silakan hilangkan centang pada menu Time to display list of operating systems

cara menghilangkan windows boot manager 2

Setelah melakukan pengaturan di atas, silakan tutup semua jendela pengaturan kemudian restart komputer Anda. Sekarang Windows akan langsung booting ke desktop tanpa harus memilih lagi sistem operasi mana yang ingin dijalankan pada halaman Boot Manager.

Menghilangkan Windows Boot Manager dengan CMD

Sebagai alternatif selanjutnya Anda juga bisa menggunakan program Command Prompt, ini akan lebih praktis dan cepat karena kita hanya perlu mengetik satu baris perintah saja.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Pertama buka program Command Prompt dengan akses administrator

2. Ketik atau copas perintah berikut ini: bcdedit /set {bootmgr} displaybootmenu no

3. Tekan Enter

4. Bila berhasil maka akan muncul keterangan Operation completed successfully

cara menghilangkan windows boot manager 3

Selesai, sampai di sini Anda sudah berhasil menonaktifkan Boot Manager dengan CMD. Silakan tutup semua jendela kemudian restart komputer Anda. Seharusnya sekarang halaman Windows Boot Manager sudah tidak muncul lagi.

Apabila semua cara di atas tidak ada yang berhasil maka Anda bisa mencoba untuk melakukan Startup repair, ini untuk mengantisipasi jika masalah ini terjadi karena adanya kesalahan pada startup.

Sebenarnya munculnya menu Windows Boot Manager ini bukanlah masalah yang signifikan, Anda bisa mengabaikannya saja apabila ternyata sudah mencoba berbagai cara namun belum berhasil menghilangkannya. Namun jika merasa sangat terganggu, solusi terakhir adalah melakukan Reset PC atau Install ulang Windows 10 dan Windows 7 Anda.

Leave a Comment