Cara Menghapus Update Windows 10

Windows 10 memiliki jadwal update rutin setiap bulan yang akan berjalan secara otomatis. Dalam setahun Windows akan mendapatkan update fitur dua kali dalam setahun, ini biasanya memiliki ukuran yang paling besar.

Apabila Anda ingin mematikan update tersebut untuk sementara waktu maupun permanen maka bisa dengan menggunakan beberapa metode yang sudah pernah kami bagikan pada postingan ini: Cara mematikan update Windows 10

Bagaimana apabila update sudah terlanjur terinstall, apakah ada cara untuk menghapusnya?

Menghapus update Windows 10 mungkin ingin Anda lakukan karena setelah update terjadi beberapa masalah seperti aplikasi yang berhenti berjalan atau terjadi bug lain yang membuat komputer kita tidak bisa bekerja seperti biasanya.

Hal ini memang biasa terjadi karena tidak semua update akan berjalan dengan lancar, beberapa update hadir dengan bug baru yang membutuhkan waktu untuk bisa diperbaiki oleh Microsoft. Untuk mengatasi hal ini maka kita bisa menghapus update yang telah diinstall untuk sementara waktu hingga patch terbaru dirilis oleh Microsoft.

Pada kesempatan kali ini Winpreso akan tunjukkan bagaimana caranya uninstall update Windows 10 sampai bersih dengan beberapa metode yang bisa Anda lakukan pada komputer Anda, baik dalam keadaan normal, tidak bisa masuk ke desktop, atau bahkan saat terjadi blue screen sekalipun.

Sebelum melakukan langkah-langkah di bawah ini sebaiknya Anda backup dulu sistem komputer menggunakan System Restore Point. Tujuannya untuk berjaga-jaga apabila nanti muncul error maka kita bisa dengan mudah mengembalikannya ke keadaan semula.

Lihat caranya di sini: Cara membuat Restore Point di Windows 10

Cara menghapus update Windows 10

1. Masuk ke Settings

Langkah pertama Anda harus masuk ke menu Settings. Caranya klik pada tombol Start lalu klik tombol Settings (icon gear).

2. Pilih Update & Security

Setelah masuk ke menu Settings temukan menu bernama Update & Security, klik satu kali menu tersebut.

cara menghapus update windows 10 1

3. Pilih View update history

Pada Windows Update klik menu bernama View update history.

cara uninstall update windows 10

4. Pilih Uninstall updates

Pada update history akan terlihat riwayat update yang telah dilakukan oleh Windows 10. Anda bisa mengenali update berdasarkan keterangan waktunya, untuk mengatasi error karena update terakhir maka uninstall update dengan tanggal yang paling baru.

Langkah selanjutnya adalah klik pada menu Uninstall Updates. Nanti kita akan dibawa ke Control Panel, dari sinilah kita akan lalukan uninstall update.

cara menghapus file update windows 10

5. Hapus update

Untuk menghapus update caranya cukup dengan pilih update yang ingin dihapus lalu klik kanan dan pilih Uninstall.

cara uninstall update di windows 10

Proses uninstall akan langsung dimulai, biasanya tidak memakan waktu lama.

Setelah update di hapus, coba restart komputer dan buka aplikasi yang tadinya bermasalah. Perhatikan apakah masalah error sudah hilang? Jika belum mungkin Anda perlu menghapus beberapa update lainnya hingga error benar-benar hilang. Ulangi langkah-langkah di atas untuk melakukannya.

Cara uninstall update Windows 10 bila tidak bisa masuk ke desktop

Apabila update menyebabkan Windows 10 tidak bisa masuk ke desktop karena blue screen atau masalah lainnya maka kita tidak bisa menggunakan cara yang pertama tadi. Kita harus menghapus update lewat Safe Mode atau melalui WinRE.

Pertama Anda bisa mencoba untuk masuk ke Safe Mode dan melakukan uninstall update dari sana dengan langkah-langkah yang sama dengan cara pertama tadi.

Untuk masuk ke Safe Mode caranya tidaklah sulit, Anda bisa lihat tutorialnya di sini: Cara masuk ke Safe Mode.

Apabila tidak bisa masuk ke Safe Mode atau tidak berhasil menghapus update dari sana maka alternatif solusi selanjutnya adalah menggunakan WinRE (Windows Recovery Environment). Fitur ini merupakan fitur recovery yang disediakan oleh Windows saat terjadi masalah yang menyebabkan pengguna tidak bisa mengakses desktop.

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menghapus update Windows 10 lewat WinRE:

1. Booting ke WinRE

Karena komputer tidak bisa masuk ke desktop, maka kita langsung saja booting ke WinRE. Caranya dengan menekan kombinasi tombol power dengan urutan berikut ini:

  1. Posisi komputer dalam keadaan mati, lalu hidupkan komputer hingga menyala. Setelah itu tekan dan tahan tombol power selama 5-10 detik hingga komputer mati.
  2. Tekan tombol power lagi untuk menyalakan komputer. Tunggu hingga melewati bios atau setelah logo Windows muncul. Setelah itu tekan dan tahan tombol power selama 5-10 detik hingga komputer mati.
  3. Tekan tombol power untuk menghidupkan komputer. Tunggu hingga bios atau logo Windows muncul, setelah itu tekan dan tahan tombol power hingga komputer mati.
  4. Tekan tombol power untuk menyalakan komputer dan tunggu hingga masuk ke WinRE

2. Pilih Troubleshoot pada WinRE

Pada tampilan awal jendela WinRE Anda akan melihat beberapa menu, pilih pada menu Troubleshoot.

menghapus update windows 10 lewat winre

3. Pilih Advanced Options

Langkah selanjutnya klik pada menu Advanced Options.

cara menghapus update windows 10 lewat winre

4. Pilih Uninstall Updates

Selanjutnya klik pada pilihan Uninstall Updates

uninstall update windows 10 dengan winre

5. Pilih jenis update yang ingin dihapus

Di Windows 10 ada dua jenis update yang bisa diuninstall melalui WinRE yaitu Latest quality updates dan Feature updates.

Latest quality updates adalah update rutin bulanan yang dinamai dengan Cumulative update, ukurannya lebih kecil dan frekuensinya bisa 1-2 kali dalam sebulan. Update ini berisi security update dan patch untuk memperbaiki bug dan mempercepat Windows 10.

Feature updates merupakan update fitur yang dirilis dua kali dalam setahun. Update ini berisi pembaruan dan penambahan fitur-fitur baru pada Windows 10. Ukurannya lebih besar dari pada Cumulative update.

Di awal tadi sudah dijelaskan bahwa Anda harus mengidentifikasi terlebih dahulu update mana yang kira-kira menjadi penyebab error. Bila setelah melakukan update muncul error, maka update tersebutlah yang harus dihapus.

Bila tidak tahu update mana yang menyebabkan error maka bisa menghapus update terakhir dari kedua jenis update yang ada.

6. Masukkan password administrator

Setelah memilih update yang ingin dihapus Anda akan diminta untuk memasukkan password. Ketik password user yang biasa digunakan untuk login ke Windows, setelah itu klik tombol Continue. Tunggu hingga proses uninstall selesai.

cara uninstall update windows 10 dengan winre

7. Restart komputer

Langkah terakhir setelah berhasil menghapus update adalah restart komputer. Setelah itu coba masuk ke Windows seperti biasa dan lihat apakah errornya sudah hilang.

Cara menghapus update Windows 10 dengan CMD

Untuk menghapus file udpate di Windows 10 bisa juga dilakukan dengan menggunakan Command Prompt (CMD). Cara ini bisa digunakan sebagai alternatif saja, hasilnya akan sama dengan kedua metode di atas.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Identifikasi update yang ingin dihapus

Langkah pertama Anda harus mengidentifikasi terlebih dahulu update mana yang ingin dihapus. Caranya bisa lewat menu Setttings > Update > Update & Security > View update history.

Temukan lalu salin nama update tersebut ke notepad, yang disalin adalah versinya misal KB4518972

2. Buka Command Prompt

Langkah selanjutnya buka CMD dengan akses administrator, caranya klik tombol Start lalu ketik cmd > pada panel akan muncul aplikasi Command Prompt > klik Run as administrator.

3. Masukkan perintah uninstall update

Pada cmd ketik perintah berikut ini:

wusa /uninstall /KB4518972 /quiet /promptrestart

Ganti KB4518972 dengan versi update sesuai dengan yang ada di komputer Anda.

Setelah itu tekan enter > apabila diminta untuk restart jawab Yes.

Jika update yang ingin dihapus lebh dari satu maka kita tidak perlu melakukan restart berulang kali. Oleh karena itu kita modifikasi sedikit kodenya menjadi seperti ini:

wusa /uninstall /KB4518972 /quiet /norestart

Tekan enter.

Kemudian masukkan lagi perintah di atas dengan mengganti nama update yang selanjutnya.

Setelah semua update berhasil dihapus barulah Anda lakukan restart.

Itulah beberapa cara yang bisa digunakan untuk uninstall update di Windows 10. Selamat mencoba dan semoga bisa membantu, apabila ada kesulitan silakan berkomentar di bawah.

Leave a Comment