Cara Menghapus Aplikasi Sampai Bersih di Windows 10

Saat melakukan uninstall sebuah aplikasi di Windows lewat control panel kadang tidak semua file terhapus dengan bersih, masih ada file sisa seperti temporary files, registry entry, dan leftover lainnya yang masih tersisa. Demi mempercepat performa Windows 10 agar tidak lemot, file-file sampah seperti ini harus dibersihkan.

Untuk membersihkannya kita bisa mencari satu per satu file sisa tersebut, tapi hal ini akan sangat merepotkan dan memakan waktu. Ada sebuah cara yang lebih mudah untuk menghapus aplikasi sampai bersih di Windows yaitu dengan menggunakan aplikasi RevoUninstaller.

Aplikasi ini bisa mendeteksi semua file yang masih tersisa di komputer saat sebuah aplikasi dihapus. Pada postingan ini Winpreso akan tunjukkan bagaimana caranya.

Cara menghapus aplikasi sampai bersih

Berikut ini adalah langkah-langkah menghapus aplikasi sampai bersih di Windows:

  1. Buka aplikasi RevoUninstaller
    Pertama Anda harus memiliki aplikasi RevoUninstaller terinstall di komputer, jika belum punya download dulu dari sini: https://www.revouninstaller.com/revo-uninstaller-free-download/
  2. Cari program yang ingin dihapus
    Pada tampilan utama aplikasi RevoUninstaller Anda akan melihat semua aplikasi yang ada di komputer, temukan aplikasi yang ingin diuninstall.
  3. Klik tombol Uninstall
    cara uninstall aplikasi sampai bersih ke akar akarnya
    Selanjutnya klik pada tombol Uninstall, kemudian tunggu hingga pop up uninstaller dari aplikasi muncul, kemudian pilih Yes. Tunggu hingga proses uninstall selesai.
  4. Pilih mode Advanced scanner
    Pada jendela leftover files scanner pilih mode Advanced. Ini adalah mode dimana RevoUinstaller akan melakukan scanning secara menyeluruh terhadap semua file, folder, dan registry entry dari aplikasi yang sudah dihapus. Jika ingin menghapusnya sampai benar-benar bersih maka pilih mode ini.
    cara menghapus program sampai bersih di windows
  5. Klik Scan
    Selanjutnya klik tombol Scan, tunggu hingga proses scan selesai.
  6. Hapus semua registry entry
    Setelah hasilnya muncul centang semua sisa registry entry dengan cara menekan Select All, kemudian klik tombol Delete. Lakukan backup terlebih dahulu jika ingin jaga-jaga kalau nanti muncul error setelah menghapusnya.
    membersihkan sisa system registry
  7. Hapus semua file sisa
    Selanjutnya tekan tombol Next. Aplikasi akan mendeteksi file dan folder sisa dari aplikasi. Setelah selesai, Anda akan melihat file-file sisa dari aplikasi yang masih ada di komputer. Anda bisa centang semuanya kemudian klik tombol Delete.
membersihkan file dan folder sisa

Uninstall program sampai bersih dengan cara manual (tanpa aplikasi)

RevoUninstaller adalah aplikasi yang sangat bagus, tapi sayangnya untuk mendapat semua fiturnya kita harus membeli yang versi pro.

Sebagian orang mungkin akan merasa berat membeli aplikasi yang hanya digunakan sekali atau dua kali saja, oleh karena itu Winpreso akan berikan cara alternatif untuk menghapus aplikasi di Windows secara total hingga bersih ke akar-akarnya secara manual tanpa software.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka Control Panel
  2. Temukan aplikasi yang ingin dihapus
  3. Klik kanan > pilih Uninstall
  4. Pilih Yes, ikuti proses uninstall seperti biasa
  5. Buka Windows Explorer
  6. Cari file dan folder sisa di direktori C:\Program Files, C:\Users\Nama user Anda\AppData\Roaming, dan C:\Users\Nama user Anda\Local\Temp
  7. Hapus file dan folder yang terkait dengan aplikasi yang sudah diuninstall, biasanya memiliki nama yang sama
  8. Bersihkan regsitry entry menggunakan aplikasi cleaner PC
membersihkan file sisa uninstall tanpa software

Untuk membersihkan system registry dari sisa-sisa aplikasi bisa dilakukan dengan aplikasi cleaner, berikut ini adalah aplikasi yang kami rekomendasikan:

10 Aplikasi PC Cleaner terbaik tahun 2020

Untuk membersihkan registry entry yang tidak terdeteksi oleh aplikasi cleaner kita bisa melakukannya secara manual. Hal ini bisa Anda coba untuk memastikan semua sisa dari aplikasi yang terhapus benar-benar bersih.

Caranya:

  1. Buka Registry editor dengan cara mengetik regedit pada search bar Windows
  2. Klik pada Aplikasi Registry editor
  3. Masuk ke direktori HKEY_CURRENT_USER\Software
  4. Cari entry dengan nama yang sama dengan aplikasi yang sudah dihapus lalu klik kanan > delete
  5. Hapus juga entry pada direktori HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE dan HKEY_USERS.DEFAULT\Software dengan cara yang sama
  6. Restart komputer
membersihkan registry entry sisa uninstall

Dalam membersihkan registry sebaiknya Anda melakukannya dengan hati-hati, pastikan Anda tahu apa yang Anda lakukan, bila tidak yakin apakah sebuah entry benar-benar sisa dari aplikasi atau bukan lebih baik jangan dihapus.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas Anda juga bisa coba membersihkan komputer sekali lagi untuk memastikan tidak ada file sampah yang masih tersisa.

Cara membersihkan file sampah di Windows itu mudah, Anda bisa menggunakan tool seperti storage sense atau disk cleanup jika ingin melakukannya tanpa aplikasi tambahan.

Cara menghapus aplikasi yang tidak bisa di uninstall di windows 10

Beberapa aplikasi ada yang sulit bahkan tidak bisa hapus sama sekali. Setiap kali kita coba uninstall selalu saja gagal. Untuk mengatasinya maka kita harus uninstall secara paksa.

Cara yang pertama bisa menggunakan aplikasi RevoUninstaller seperti yang sudah dijelaskan langkah-langkahnya di atas. Namun jika belum berhasil maka kita akan gunakan cara ampuh yang selanjutnya yaitu dengan masuk ke safe mode.

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menghapus aplikasi yang tidak bisa diuninstall:

  1. Tekan tombol Windows+R untuk memunculkan jendela Run
  2. Ketik msconfig lalu tekan tombol OK
  3. Setelah jendela System Confguration terbuka, klik pada tab Boot
  4. Pada bagian Boot options centang pada opsi Safe boot dan Minimal
  5. Klik tombol OK
    cara menghapus aplikasi yang tidak bisa diuninstall
  6. Restart komputer Anda
  7. Komputer akan menyala dalam Safe Mode
  8. Uninstall program lewat Control Panel seperti biasa
  9. Masuk lagi ke System Configuration dan nonaktifkan Safe Mode
  10. Restart komputer untuk masuk ke mode normal

Safe Mode merupakan kondisi di mana Windows berjalan dalam mode dasar dengan service yang sangat minimal, hal ini akan membuat semua service dari program yang susah dihapus tersebut tidak bisa berjalan. Jadi dengan menggunakan teknik ini maka program tersebut seharusnya bisa dihapus.

Selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mendeteksi apakah masih ada sisa-sisa dari program tersebut dan membersihkan sampai ke akar-akarnya. Caranya dengan menghapus file pada folder aplikasi dan system registry seperti yang sudah dijelaskan di atas.

4 thoughts on “Cara Menghapus Aplikasi Sampai Bersih di Windows 10”

Leave a Comment