Cara Mengganti Tema Windows 10

Untuk membuat tampilan Windows 10 menjadi lebih keren kita bisa mengubah tema bawaan dengan tema custom sesuai selera. Pada postingan sebelumnya kami sudah memberikan beberapa rekomendasi tema keren untuk Windows 10 yang bisa Anda gunakan.

Lihat di sini: Kumpulan Tema Keren Untuk Windows 10

Langsung saja pilih salah satu tema yang Anda sukai kemudian download filenya ke komputer.

Setelah mengunduh tema yang Anda inginkan selanjutnya kita harus menginstalnya terlebih dahulu agar perubahannya tema bisa diterapkan di Windows. Pada kesempatan kali ini Winpreso akan menunjukkan bagaimana cara mengganti tema di Windows 10 langkah demi langkah.

Cara mengganti tema Windows 10

1. Download file tema yang ingin diinstall

Pertama Anda temukan dulu tema Windows 10 mana yang ingin dipasang, silakan cari pada link yang sudah kami sediakan di atas. Setelah itu download filenya dan simpan di komputer.

2. Install aplikasi UXThemePatcher

Untuk menginstall tema non-Microsoft atau tema custom, kita memerlukan bantuan aplikasi patcher.

Silakan download dulu aplikasi UXThemePatcher di ini: Download

Setelah itu install aplikasinya seperti biasa di komputer Anda.

cara install tema custom di windows 10

Aplikasi ini hanya perlu diinstall, setelah itu biarkan saja, aplikasi UXThemePatcher tidak perlu dibuka lagi.

3. Ekstrak file tema ke direktori Themes di Windows 10

Selanjutnya esktrak file tema yang tadi sudah Anda download. Kemudian pindahkan ke direktori C:/Windows/Resources/Themes

cara mengganti tema custom di windows 10

File tema memiliki ekstensi .theme

Biasanya akan ada juga folder dengan nama yang sama dengan file tema. Copy file dan folder tersebut ke direktori Themes seperti pada gambar di atas.

Jika file tema menyediakan beberapa versi untuk build Windows 10 yang berbeda, maka Anda harus cek dulu versi Windows 10 Anda dengan cara tekan tombol Widows+R > ketik winver > OK.

Setelah mengetahui versi Windows 10 yang ada di komputer, copy-paste tema yang sesuai dengan versi build tersebut.

4. Buka menu Personalization

Setelah selesai melakukan langkah di atas, tema pilihan Anda sudah siap untuk digunakan. Selanjutnya kita tinggal mengganti tema pada Windows seperti biasa. Ikuti langkah-langkah berikut ini.

Klik tombol Start > Settings > Personalitazion > Themes > pilih tema yang Anda inginkan.

cara mengganti tema dark mode di windows 10

5. Tema sudah berhasil diganti di Windows 10

Selesai, dengan cara di atas kita sudah berhasil mengganti tema di Windows 10 menggunakan tema custom. Jika ingin memasang tema lainnya maka yang perlu Anda lakukan cukup copy-paste file hasil ekstrak ke direktori C:/Windows/Resources/Themes lalu ganti tema seperti biasa.

Cara mengganti tema dari Microsoft di Windows 10

Cara di atas berlaku untuk tema non-Microsoft, artinya tema yang Anda dapatkan dari situs-situs berbagi tema gratis seperti deviantart.com dan yang lainnya.

Memang tema yang ada di sana jauh lebih banyak dan keren, tapi Anda juga harus hati-hati dalam memilih tema, kadang ada tema yang justru memiliki bug dan menyebabkan kinerja komputer jadi terganggu.

Sebagai alternatif kita juga bisa memasang tema yang berasal dari Microsoft, tema ini sepertinya lebih unggul dari segi keamanan dan kompatibilitas, pilihannya juga banyak, hanya saja masih kalah menarik bila dibandingkan tema-tema non-Microsoft.

Jika ingin menggunakan tema dari Microsoft maka Anda bisa download langsung dari situs resmi Micorosft di sini: Download

Berikut ini cara install tema Microsoft di Windows 10:

1. Download tema yang Anda sukai dari situs Microsoft

Silakan pilih salah satu atau beberapa tema yang Anda sukai dari link di atas. Ada banyak pilihan tema berdasarkan kategori pilih yang Anda inginkan lalu download filenya ke komputer.

2. Install tema ke komputer

Langkah selanjutnya adalah memasang tema yang sudah didownload ke komputer. File tema hasil download memiliki ekstensi .themepack

Cara menginstalnya sangat mudah yaitu dengan klik dua kali file tersebut, tema akan langsung terinstall di library.

3. Ganti tema lewat menu Personalization

Langkah terakhir adalah mengganti tema dengan tema baru yang sudah diinstall. Cara sama yaitu dengan klik tombol Start > klik Settings > Personalization > Themes > pilih tema yang baru. Selesai.

Cara install tema Windows 10 dari Microsoft Store

Tema untuk Windows 10 juga bisa didapatkan dari Microsoft Store, di sana ada pilihan yang cukup banyak. Anda bisa menggunakan tema gratis atau membeli versi berbayar jika memang tertarik.

Untuk menginstalnya juga sangat mudah, sama saja seperti install aplikasi dari Microsoft Store seperti biasa. Berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan.

Cara install tema dari microsoft store:

  1. Klik tombol Start
  2. Klik tombol Settings (icon gear)
  3. Pilih menu Personalization
  4. Pilih menu Themes
  5. Klik pada menu Get more themes from Microsoft Store
    cara install tema windows 10 dari microsoft store
  6. Login dengan menggunakan akun Microsoft, jika belum punya daftar dulu menggunakan alamat email outlook
  7. Pilih tema yang Anda sukai lalu klik satu kali
  8. Klik tombol Get
    cara mengganti tema windows 10 dari microsoft store
  9. Tunggu hingga tema selesai didownload dan diinstall
  10. Ganti tema melalui menu Personalization

Itulah beberapa cara untuk mengganti tema Windows 10 baik menggunakan tema bawaan, tema custom, dark mode, dan tema dari Microsoft Store. Sangat mudah sekali bukan? Semoga bisa membantu, kalau ada kesulitan jangan sungkan-sungkan untuk berkomentar di bawah.

Leave a Comment