Cara Mengganti Aplikasi Default Pembuka File di Windows 10

Aplikasi default di Windows 10 bisa diganti sesuai dengan keinginan kita. Saat membuka sebuah file seperti foto, gambar, musik, dokumen word, excel, pdf, teks txt dan format file lainnya, kita dengan leluasa bisa menentukan aplikasi mana yang akan digunakan.

Aplikasi default yang sudah diatur akan menjadi aplikasi pembuka file yang sesuai dengan format yang didukung oleh aplikasi tersebut. Saat kita klik dua kali untuk membuka file maka file tersebut akan terbuka pada aplikasi default yang sudah ditentukan.

Kapan kita perlu mengatur aplikasi sebagai default?

Jawabannya tentu saja setelah kita menginstall cukup banyak aplikasi, sehingga untuk satu format file ada beberapa pilihan aplikasi yang bisa membukanya. Untuk membuat pekerjaan menjadi lebih cepat dan efektif maka kita bisa mengaturnya agar terbuka dengan aplikasi terbaik di Windows 10 yang sesuai dengan kebutuhan.

Pada kesempatan kali ini Winpreso akan berikan tutorial untuk memudahkan Anda dalam mengatur aplikasi pembuka file di Windows 10 sesuai dengan keinginan. Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara mengatur aplikasi sebagai default di Windows 10

1. Masuk ke Settings

Langkah pertama masuk ke settingan Windows 10. Caranya klik pada tombol Start > klik tombol gear.

cara mengganti aplikasi default pembuka file di windows 10

2. Pilih menu Apps

Anda akan melihat semua settingan Windows ada di sana, selanjutnya klik pada menu Apps.

cara mengatur aplikasi default pembuka file di windows 10

3. Pilih Default apps

Selanjutnya pada panel sebelah kanan klik pada menu Default apps

4. Ganti aplikasi Default sesuai keinginan

Perhatikan pada bagian Choose default apps. Di sana terdapat beberapa pilihan aplikasi yang bisa diatur sesuai dengan jenis file yang ingin dibuka.

cara setting aplikasi default pembuka file di windows 10 1

Pertama pada menu Email, ganti menjadi aplikasi pembuka email yang diinginkan. Aplikasi yang direkomendasikan adalah Microsoft Outlook.

Pada menu Maps biarkan saja seperti default.

Pada bagian Music player ganti menjadi aplikasi yang Anda inginkan. Aplikasi yang direkomendasikan adalah AIMP.

Format file yang termasuk ke dalam file musik adalah MP3, AAC, Ogg, FLAC, ALAC, WAV, AIFF, DSD, PCM, MPEG-4, MPEG-1. Format yang paling populer adalah MP3. Untuk mengganti secara lebih spesifik bisa diatur langsung lewat aplikasi playernya.

Selanjutnya pada menu Photo viewer ganti menjadi aplikasi yang diinginkan. Aplikasi pembuka foto bawaan di Windows 10 adalah Microsoft Photos, akan tetapi sebagian pengguna merasa kurang nyaman dengan aplikasi ini dan lebih memilih aplikasi lama Windows Photo Viewer.

Di Windows 10 aplikasi Windows Photo Viewer bisa diaktifkan kembali, caranya lihat di sini: Cara mengembalikan Windows Photo Viewer di Windows 10.

Format file yang termasuk ke dalam file gambar atau foto adalah JPEG, JPG, PNG, TIFF, GIF, BMP, WebP, SVG, dan masih banyak lagi.

Pada menu Video player Anda juga bisa menggantinya ke aplikasi yang diinginkan, aplikasi yang cukup ringan untuk Windows 10 adalah VLC dan Media Player Classic.

Format file yang termasuk ke dalam jenis file video di antaranya seperti MP4, AVI, MPEG, MPG, WebM, WMV, FLV, MOV, QT, M4P, 3GP, M4V, M2V.

Bagian yang terakhir adalah mengganti aplikasi default untuk browser. Aplikasi browser di Windows 10 adalah Microsoft Edge, Anda bisa menggantinya menjadi Chrome atau Mozilla Firefox.

5. Tutup Settings dan coba buka file yang sudah diatur

Setelah selesai mengganti semua aplikasi default di Windows 10 lewat menu settingan di atas selanjutnya Anda bisa mencoba untuk membuka file yang ada untuk mengecek apakah sudah terbuka sesuai dengan aplikasi yang sudah diatur.

Mengganti aplikasi default secara langsung lewat menu Properties

Pada cara sebelumnya tidak semua format file bisa diganti, ada beberapa format yang tidak masuk ke dalam settingan Apps. Untuk mengganti aplikasi pembukanya kita harus melakukannya secara langsung lewat menu Properties file tersebut.

Sebuah format file yang tidak ditentukan aplikasi pembukanya bisa menyebabkan sistem menjadi error, loading terus menerus, bahkan bisa terjadi crash yang menyebabkan pekerjaan kita terganggu. Oleh karena itu untuk mempercepat Windows 10 agar tetap optimal maka hal ini perlu diperhatikan.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Temukan file yang ingin diganti aplikasi pembukanya

Pertama buka Windows Explorer, kemudian masuk ke direktori di mana file yang dimaksud berada.

2. Klik kanan pada file

Selanjutnya klik kanan pada file tersebut.

3. Pilih menu Properties

Selanjutnya klik pada menu Properties yang ada di bagian paling bawah.

cara mengganti program pembuka file di windows 10

4. Ganti aplikasi pembuka

Pada tab General, perhatikan pada bagian Opens with > klik pada tombol Change > pilih aplikasi yang diinginkan.

cara mengganti program default untuk membuka file di windows 10

Saya contohkan misalnya ingin mengganti aplikasi default pembuka format file .txt (teks), secara default aplikasinya adalah Notepad, jika ingin diganti menjadi Wordpad maka klik pada Wordpad yang muncul di sana lalu klik OK.

cara mengganti program default di windows 10

Apabila aplikasi tidak muncul pada pilihan maka klik pada opsi More Apps > klik lagi Look another app on this PC.

Lalu masuk ke direktori aplikasi > pilih aplikasi dengan format .exe.

Saya contohkan misalnya ingin mengganti aplikasi pembuka file .txt menjadi Notepad++ maka klik pada Look for another app on this PC > masuk ke direktori Notepad++ > klik pada file notepad++.exe > klik Open > klik OK.

cara mengganti software default untuk membuka file di windows 10

5. Ganti program default untuk membuka file lain sesuai keinginan

Untuk mengganti program pembuka file lain silakan lakukan sesuai langkah di atas. Ganti satu per satu hingga semua file terbuka dengan aplikasi sesuai kebutuhan Anda.

Demikian tutorial cara mengganti aplikasi default di Windows 10, semoga bisa membantu. Kalau masih menemukan kesulitan jangan sungkan untuk berkomentar di bawah ya.

Leave a Comment