Cara Mengembalikan Windows Photo Viewer di Windows 10

Windows 10 menggunakan Microsoft Photos sebagai aplikasi default untuk membuka file gambar. Bagi Anda yang baru saja migrasi dari Windows 7 dan sudah terbiasa menggunakan aplikasi Windows Photo Viewer tentu merasa kurang nyaman dengan aplikasi ini.

Dari segi tampilan memang Microsoft Photos terlihat lebih modern, tapi dari segi kemudahan navigasi Windows Photos Viewer masih tetap juara, meskipun tampilannya terlihat lebih klasik. Selain itu aplikasi ini juga sangat ringan, tidak memakan terlalu banyak resource. Saya sendiri masih menggunakannya.

Sebenarnya aplikasi Windows Photos Viewer masih masuk dalam paket install Windows 10, namun secara default tidak aktif.

Anda bisa cek sendiri, biasanya kalau sebuah aplikasi aktif kita bisa membuka file yang relevan dengan cara klik kanan > Open with > pilih aplikasi. Tapi saat kita klik kanan file foto kemudian pilih Open with maka di sana tidak akan ditemukan aplikasi Windows Photo Viewer karena memang belum diaktifkan.

Untuk mengaktifkannya kita harus melakukan sedikit modifikasi pada registry entry. Bagaimana caranya? Kali ini Winpreso akan berikan tutorialnya untuk Anda.

Cara mengembalikan Windows Photo Viewer di Windows 10

1. Download registry key

Untuk memunculkan kembali Windows Photo Viewer di Windows 10 kita harus melakukan modifikasi pada registry entry. Tapi kita tidak akan melakukannya secara manual. Saya sudah membuatnya menjadi sebuah key yang bisa dengan mudah Anda eksekusi.

Silakan download dulu file berikut ini:

2. Ekstrak dulu file yang sudah didownload

Setelah download selesai ekstrak dulu filenya dengan cara klik kanan > 7-zip / Winrar > pilih Extract Here.

1 cara mengembalikan windows photo viewer di windows 10

3. Klik kanan registry key > Merge untuk memasukkannya ke sistem

Buka folder yang bernama Windows 10 Photo Viewer Reg Key kemudian lihat di dalamnya adalah sebuah registry key. Klik kanan pada key tersebut lalu pilih Merge.

2 cara mengembalikan windows photo viewer di windows 10

4. Pilih Yes

Pilih Yes untuk melakukan eksekusi key. Setelah itu key akan masuk ke system registry di komputer Anda untuk mengaktifkan Windows Photo Viewer.

Saat ini seharusnya aplikasi tersebut sudah aktif, tapi kita masih perlu melakukan sedikit pengaturan untuk menjadikannya aplikasi default.

5. Klik kanan pada sembarang file foto

Buka file explorer kemudian klik kanan pada sebuah file foto atau gambar dengan ekstensi .png atau .jpg

6. Pilih Open With

Selanjutnya pilih Open with.

7. Pilih Choose another app

Kemudian klik pada opsi Choose another app.

8. Pilih More Apps

Klik lagi pada More Apps.

9. Pilih Windows Photo Viewer

Temukan dan pilih Windows Photo Viewer.

10. Centang pada “Always use this app to open .jpg files”

Untuk menjadikan Windows Photo Viewer sebagai aplikasi pembuka foto dan gambar default di Windows 10 maka centang pada opsi Always use this app to open .jpg files > setelah itu klik OK.

3 cara mengembalikan windows photo viewer di windows 10

Bagaimana jika pilihan Windows Photo Viewer belum muncul?

Jika setelah memasukkan registry key di atas namun pilihannya belum muncul, maka Anda perlu melakukan restart terlebih daulu. Restart komputer Anda kemudian setelah menyala kembali coba ulangi lagi untuk membuka foto dengan Windows Photo Viewer.

Bila Anda tidak bisa membuka foto, maka ini adalah masalah yang berbeda. Untuk mengatasinya bisa lihat tutorial ini: Cara mengatasi tidak bisa buka foto di Windows 10

Windows Photo Viewer sudah aktif, tapi setiap kali membuka foto masih terbuka dengan aplikasi Microsoft Photos?

Jika cara di atas sudah berhasil dan Windows Photo Viewer sudah aktif tapi setiap kali Anda membuka foto masih terbuka dengan aplikasi Microsoft Photos maka Anda perlu mengubah aplikasi default secara manual.

Caranya klik kanan pada sembarang file foto > pilih Properties > pada bagian Opens with klik tombol Change > temukan dan pilih aplikasi Windows Photo Viewer > OK.

4 cara mengembalikan windows photo viewer di windows 10

Setelah melakukan langkah ini seharusnya aplikasi default pembuka foto sudah berubah. Coba lagi buka sembarang foto, apakah sudah berhasil?

Untuk mengubah aplikasi default file image dengan ekstensi lain misalnya .jpeg .png .gif dan seterusnya maka Anda perlu mengubahnya satu per satu dengan cara yang sama.

Itulah trik sederhana untuk memunculkan kembali Windows Photo Viewer di Windows 10. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

70 thoughts on “Cara Mengembalikan Windows Photo Viewer di Windows 10”

  1. Terimakasih sangat membantu sekali, saya rasa photo viewer ini lebih bagus ketimbang yang dari Windows 10 photos ๐Ÿ™‚

    Reply
  2. Terima kasih infonya. sangat membantu. dengan w10 photos delaynya cukup lama untuk membuka foto.

    senang bisa menggunakan viewer lagi

    Reply
  3. Mantabs pak, terima kasih ilmunya. Pas buat saya yang aplikasi Photos bawaan Windows 10-nya error.
    Sukses selalu.

    Reply
    • Mantap! sama-sama Pak, di Windows 10 memang lebih enak pake Photo Viewer, aplikasi Photos mah lelet.

      Reply
  4. udah donload udah extrak, trus pas bagian ini
    3. Klik kanan registry key > Merge untuk memasukkannya ke sistem

    Buka folder yang bernama Windows 10 Photo Viewer Reg Key kemudian lihat di dalamnya adalah sebuah registry key. Klik kanan pada key tersebut lalu pilih Merge.

    kok gada tulisan merge nya yah, yg ada cuma open,cut,delete itu gimana yah ?

    Reply
    • Coba ini gan:
      Buka Registry Editor (regedit) > Pilih menu File > import > pilih file hasil ekstrak.

      Reply
    • keterangan yang muncul apa?
      kebetulan saya nggak megang Windows 10 versi itu jadi nggak bisa nyoba.

      Reply
    • Sama-sama gan. Iya emang paling ringan Windows Photo Viewer, PC ane Win 10 juga pake itu ๐Ÿ˜€

      Reply
  5. Terima kasih sangat membantu, akhirnya bisa pake Photo Viewer lagi daripada Photos win 10 bikin emosi delaynya.

    Reply
  6. Terimakasih bosku, sangat bermanfaat, Windows Photo Viewer Versi Lama memang lebih jos lebih ringan… intinya makasih banget bos

    Reply
  7. thx gan penjelasannya sangat membantu..
    tapi kenapa ya kalo saya ngepritn pake kertas separuh (13×18 cm (2)) itu hasil print-annya hilang ditengah?

    Reply
  8. Walaupun Saya belum mengembalikan Windows photo viewer Saya, tapi aplikasi WPV ini sangat bagus tampilannya. Terima kasih sobat.

    Reply
  9. Dear Winpreso, saya mau tanya. Saya sudah mengaktifkan lagi WPV ke Win10. Sudah berjalan cukup lama kemudian saat membuka foto tertentu muncul pesan error “windows photo viewer can’t display this picture not enough memory” padahal ram 8gb dan sedang tidak ada membuka apa-apa. Ada beberapa foto bisa dibuka menggunakan WPV, sementara beberapa tidak bisa.
    Saya sudah mencoba beberapa cara seperti di https://answers.microsoft.com/en-us/windows/forum/all/message-windows-photo-viewer-cant-display-this/09c7019d-a61a-4b17-8739-839814ffb9bf tapi tetap masih tidak bisa. Apakah Winpreso memiliki solusi lain?
    Terima kasih.

    Dea

    Reply
  10. thanks Winpreso akhirnya windows 10 saya untuk foto viewer kembali normal dan cepat di bukanya untuk versi win 10 nya agak lemot

    Reply
  11. Thanks a lot! It works on my laptop although it was installed with win10 from the beginning. Now I can open my photos faster than before. Classics are always the best, hehe

    Reply

Leave a Comment