Cara Mengembalikan File Yang Tertimpa (Replace) di Windows

Saat dua buah file memiliki nama yang sama maka Windows akan memberikan opsi untuk mengganti salah satu nama file atau replace file lama dengan yang baru. Apabila kita memilih replace maka file lama akan tertimpa oleh file yang baru.

Saat sebuah file sudah tertimpa oleh file lain yang memiliki nama sama, maka file tersebut tidak bisa lagi kita temukan, berbeda dengan file dihapus yang akan masuk ke direktori Recycle bin.

Masalah yang sering terjadi adalah saat kita bekerja dengan file dokumen seperti Microsoft Word, Excel, PDF, atau Powerpoint seringkali file yang masih berguna tertimpa dengan file baru secara tidak sengaja. Begitu pula dengan file lainnya seperti foto dan video.

Untuk mengembalikan file yang sudah tertimpa di Windows kita membutuhkan aplikasi recovery. Aplikasi ini akan membantu mengembalikan file yang terhapus permanen maupun yang sudah kena replace di laptop, hard disk eksternal, flashdisk, kartu memori, maupun media penyimpanan lainnya.

Cara mengembalika file yang tertimpa di Windows

1. Install aplikasi data recovery

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menginstall aplikasi data recovery. Seperti yang sudah disinggung di awal tadi, untuk mengembalikan data yang sudah tertimpa oleh file lain kita memerlukan bantuan aplikasi ini.

Pada postingan sebelumnya kami sudah memberikan rekomendasi aplikasi data recovery terbaik yang bisa Anda gunakan.

Lihat di sini: Aplikasi terbaik untuk mengembalikan data terhapus

Pada tutorial ini kami akan menggunakan Recuva. Jika ingin menggunakan aplikasi yang sama Anda bisa mendapatkannya melalui link di bawah.

Download Recuva

Cukup gunakan yang versi free. Setelah selesai didownload langsung install aplikasinya ke laptop atau PC Anda seperti biasa.

2. Buka Windows Explorer

Setelah aplikasi selesai diinstall biarkan saja, tidak perlu dibuka. Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah buka Windows Explorer kemudian pergi ke direktori dimana folder tempat file tertimpa berada.

Misalnya folder tersebut berada di Drive D: maka pergi ke sana, atau misalnya ada di flashdisk atau hard disk eksternal maka masuk ke direktori tersebut.

3. Klik kanan pada Folder tempat file tertimpa berada

Selanjutnya klik kanan pada folder tempat file tertimpa berada. Kita akan melakukan scan langsung pada folder ini agar prosesnya lebih cepat.

Sebagai contoh, saya akan melakukan scan pada folder FOTO yang di dalamnya ada file foto yang sudah kena replace dengan file foto dengan nama yang sama.

gambar 1 cara mengembalikan file tertimpa di windows 10

4. Pilih Scan for deleted files

Setelah menekan klik kanan maka context menu akan muncul. Pilih ada menu Scan for deleted files. Lihat contohnya seperti gambar di bawah ini.

gambar 2 cara mengembalikan file tertimpa di windows 10

5. Tunggu hingga proses scan selesai

Proses scan akan dimulai, Recuva akan berusaha menemukan semua file yang sudah tertimpa maupun terhapus secara permanen. Anda hanya perlu menunggu saja hingga prosesnya selesai.

gambar 3 cara mengembalikan file tertimpa di windows 10

6. Pilih file yang ingin dikembalikan

Setelah proses scan selesai, Anda akan melihat hasilnya di aplikasi. Di sana semua file yang sudah tertimpa oleh file lain akan muncul kembali.

Centang file mana saja yang ingin Anda kembalikan.

gambar 4 cara mengembalikan file tertimpa di windows 10

Seperti yang bisa Anda lihat pada gambar di atas, file-file foto yang tertimpa berhasil ditemukan oleh Recuva. File ini bisa kita kembalikan dan digunakan lagi. Anda bisa juga melakukan cara ini untuk mengembalikan file tertimpa / replace jenis lain seperti file Word, Excel, PDF, Powerpoint, hingga video.

7. Klik tombol Recover

Setelah memilih semua file yang ingin dikembalikan dengan cara mencentangnya, selanjutnya tekan tombol Recover untuk mengembalikan file tersebut.

gambar 5 cara mengembalikan file tertimpa di windows 10

8. Pilih lokasi penyimpanan atau buat folder baru

Langkah terakhir adalah memilih tempat menyimpan file yang akan dikembalikan. Pilih lokasi yang Anda inginkan atau klik tombol Make New Folder untuk membuat folder baru. Setelah itu klik tombol OK.

gambar 6 cara mengembalikan file tertimpa di windows 10

Selesai, sampai di sini Anda sudah berhasil mengembalikan file yang tertimpa atau kena replace di Windows. Cara ini bisa digunakan pada Windows 10, Windows 8, 8.1, Vista, maupun Windows 7.

File rusak atau tidak bisa dibuka?

Pada saat melakukan pengembalian file-file yang tereplace di Windows mungkin Anda akan mendapati sebagian file yang kembali dalam keadaan tidak sempurna. File tersebut mungkin akan rusak sebagian atau tidak bisa dibuka sama sekali.

Hal ini lumrah terjadi, memang tidak semua file bisa kembali dengan sempurna. Menggunakan aplikasi apapun hasilnya akan sama saja.

Yang menentukan hal ini adalah seberapa lama file tersebut sudah terhapus atau tertimpa, semakin cepat Anda melakukan recovery maka kemungkinan file kembali dalam keadaan sempurna akan semakin besar.

Jenis file apa saja yang bisa dikembalikan dengan cara ini?

Hampir semua jenis file yang kereplace bisa dikembalikan dengan cara ini. Misalnya Anda secara tidak sengaja menimpa file dokumen pekerjaan seperti word, excel, atau pdf dengan file lain yang namanya sama. Jika file tersebut ternyata masih berguna maka bisa direcover dengan cara ini.

Bisakah digunakan untuk mengembalikan file berukuran besar?

Bisa. Ini adalah salah satu kelebihan Recuva, versi gratisnya tidak membatasi kapasitas file yang bisa direcover. Meskipun file yang tertimpa itu berukuran besar Anda tetap bisa mengembalikannya dengan aplikasi ini.

Bisakah mengembalikan file tertimpa di hard disk, flashdisk, dan kartu memori?

Bisa. Anda tinggal menyesuaikan lokasi atau folder yang ingin discan sesuai dengan langkah-langkah yang sudah dijelaskan pada tutorial ini.

Demikian, semoga bisa membantu.

Leave a Comment