Cara Mengembalikan File Terhapus Permanen di Laptop

File yang terhapus di laptop akan masuk ke dalam direktori recycle bin, namun apabila kita tidak sengaja menghapusnya secara permanen maka file tersebut tidak akan ada di sana. Untuk mengembalikan file yang terhapus secara permanen tidak bisa dengan cara restore dari recycle bin seperti biasa.

Recyble bin merupakan direktori sementara yang menyimpan file yang sudah dihapus pada sistem operasi Windows, mau menggunakan versi Windows 10, Windows 8, maupun Windows 7 direktori ini akan tetap ada. Untuk mengaksesnya bisa dengan membuka file explorer > ketik recycle bin pada address bar > tekan enter.

Setelah terbuka, maka di sana akan terlihat file-file yang sudah dihapus dengan cara menu delete biasa. Untuk mengembalikan file tersebut caranya dengan klik kanan pada file lalu pilih restore. File akan kembali ke folder atau direktori semula.

Beda lagi jika Anda menghapus sebuah file atau folder dengan menekan tombol shift+delete maka file tersebut akan terhapus secara permanen. Begitu pula dengan file yang sudah terhapus dari recycle bin, file tersebut sudah tidak bisa dikembalikan lagi dengan cara biasa.

Jika ini yang terjadi, adakah cara untuk mengembalikannya? Tentu saja ada. Pada kesempatan kali ini Winpreso akan berikan beberapa solusi yang bisa Anda coba untuk mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop Windows.

Cara mengembalikan file terhapus permanen di laptop

1. Install aplikasi file recovery

Untuk mengembalikan file yang sudah terhapus secara permanen kita membutuhkan bantuan aplikasi recovery. Ada beberapa pilihan aplikasi recovery yang bagus, tapi pada tutorial ini saya sarankan untuk menggunakan Recuva.

Silakan download dan install aplikasinya dari tautan di bawah ini:

Download Recuva

Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis, Anda cukup install dan download free versionnya.

2. Buka aplikasi untuk mengembalikan data terhapus yang sudah diinstall

Setelah selesai download dan install, langsung buka aplikasinya.

Tampilan halaman utama aplikasi akan terlihat seperti pada gambar di bawah ini.

gambar 1 cara mengembalikan file terhapus permanen di laptop

3. Pilih lokasi file terhapus yang ingin dikembalikan

Perhatikan pada tab bagian atas, di sana ada tombol untuk memilih drive di komputer yang menjadi lokasi file yang terhapus secara permanen. Pilih lokasi yang sesuai dengan di mana data Anda hilang, jika ada di drive C maka pilih Local Disk (C:).

gambar 2 cara mengembalikan file terhapus permanen di laptop

4. Tentukan nama file yang hilang jika memungkinkan

Pada tab Filename or path Anda juga bisa mengetik nama file yang terhapus jika masih ingat. Hal ini akan mempermudah proses recovery nantinya, namun jika tidak ingat maka bisa dikosongkan.

gambar 3 cara mengembalikan file terhapus permanen di laptop

5. Klik tombol Scan

Selanjutnya klik tombol Scan untuk memulai proses pencarian data yang yang sudah terhapus pada lokasi yang sudah ditentukan. Prosesnya akan memakan waktu tergantung dari kapasitas drive dan jumlah file yang discan. Tunggu hingga prosesnya selesai.

gambar 4 cara mengembalikan file terhapus permanen di laptop

6. Pilih file yang ingin dikembalikan

Setelah proses scan selesai akan terlihat file-file yang sudah terhapus, selanjutnya Anda temukan file mana yang ingin dikembalikan. Anda bisa memilih beberapa file sekaligus banyak dengan mencentang file mana saja yang diinginkan.

gambar 5 cara mengembalikan file terhapus permanen di laptop

7. Klik tombol Recover

Setelah memilih semua file yang ingin dikembalikan, klik pada tombol Recover yang ada di bagian kanan bawah.

gambar 6 cara mengembalikan file terhapus permanen di laptop

8. Pilih lokasi untuk menyimpan file

Selanjutnya pilih lokasi di mana Anda ingin menyimpan file yang direcovery tersebut. Setelah itu klik OK.

gambar 7 cara mengembalikan file terhapus permanen di laptop

9. Cek apakah file terhapus yang suda dikembalikan dalam keadaan baik

File yang terhapus akan dikembalikan dan tersimpan di lokasi yang Anda pilih. Cek file tersebut untuk memastikan apakah masih dalam keadaan baik.

Cara di atas bisa digunakan untuk mengembalikan berbagai jenis file yang terhapus permanen di laptop, seperti foto (jpg, jpeg, png,gif), video (mp4, avi, mkv), dokumen seperti word (docx) excel (xls) powerpoint (pptx) teks (txt), program atau aplikasi (exe) dan berbagai jenis file lainnya.

Tips agar file yang terhapus tidak rusak saat dikembalikan

File yang terhapus belum terlalu lama biasanya bisa dikembalikan dengan sempurna tanpa rusak, namun semakin lama maka kemungkinan file kembali dengan sempurna akan semakin kecil. Jika file terhapus sudah terlalu lama biasanya akan korup dan tidak bisa dibuka.

Bagaimana untuk mengatasinya?

Satu-satunya cara yang paling mudah adalah segera melakukan recovery ketika ada file penting yang terhapus, jangan biarkan terlalu lama. File yang sudah terhapus lama akan sulit untuk dikembalikan tanpa rusak, meskipun Anda menggunakan aplikasi berbayar sekalipun.

Berapa lama file terhapus masih bisa dikembalikan dengan utuh tanpa rusak?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, file yang sudah terhapus dalam waktu lama biasanya sulit dikembalikan dengan sempurna. Meskipun file tersebut bisa ditemukan oleh apliaksi recovery, biasanya saat dibuka file akan korup.

Pertanyaannya, berapa lama batas waktu sebuah file yang terhapus permanen masih bisa dikembalikan dengan sempurna?

Sebenarnya yang menjadi patokan bukanlah berapa lama, tapi seberapa aktif drive penyimpanan pada laptop digunakan. Semakin tinggi aktivitas “write” atau pengisian data baru pada disk maka akan semakin kecil kemungkinan sebuah file bisa dikembalikan dengan sempurna.

Sebagai contoh, misalnya Anda baru saja menghapus sebuah foto atau video secara permanen, kemudian laptop dimatikan katakanlah dalam waktu 1 tahun tanpa pernah digunakan. Saat Anda hidupkan laptop dan melakukan recovery file terhapus tersebut maka file akan bisa dikembalikan dengan utuh tanpa rusak.

Beda halnya jika laptop tersebut aktif digunakan, file yang sudah terhapus lama tersebut akan sulit dikembalikan dengan sempurna.

Bisakah cara ini digunakan untuk file yang tertimpa atau replace?

Selain terhapus, file pada komputer juga sering tertimpa dengan file lain yang memiliki nama sama. Terkadang hal ini terjadi pada file yang cukup penting bagi kita, seperti file tugas atau file pekerjaan.

Apakah dengan menggunakan cara ini bisa untuk mengembalikannya?

Bisa. Anda bisa mengikuti langkah-langkah di atas untuk mengembalikan file yang tertimpa di laptop.

Demikian tutorial cara mengembalikan file terhapus permanen di laptop yang bisa Anda coba. Semoga berhasil.

Leave a Comment