Cara Mengecilkan Ukuran MB/KB PDF

Ketika akan mengunggah dokumen dalam format PDF biasanya disyaratkan agar kapasitas file tidak melebihi batas tertentu, dalam hal ini satuan yang biasa digunakan adalah MB atau KB. Beberapa situs mensyaratkan agar file PDF tidak lebih dari 1MB, 2MB, 3MB dan seterusnya. Sementara situs lain mungkin membatasi agar dokumen tidak lebih dari 100KB, 200KB, 300KB, 500KB dan seterusnya.

Untuk mengecilkan MB PDF atau KB (maksudnya mengecilkan kapasitas filenya), bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan aplikasi pengolah PDF yang memiliki fitur kompres. Agar kapasitas file bisa lebih kecil dari ukuran aslinya maka kita harus melakukan kompres PDF terlebih dahulu. Pada kesempatan kali ini kami akan berikan tutorial cepat dan mudah bagaimana cara melakukannya.

Cara mengecilkan ukuran MB atau KB PDF

1. Siapkan file yang ingin diperkecil ukurannya dalam satu folder khusus

Untuk mempermudah dalam proses upload nanti maka sebaiknya semua file PDF yang ingin diperkecil dikumpulkan dalam satu folder khusus.

2. Buka aplikasi browser di laptop, PC, atau HP

Selanjutnya buka aplikasi browser pada perangkat Anda. Bisa menggunakan browser yang ada di HP atau di komputer.

3. Buka aplikasi web untuk memperkecil PDF

Untuk memperkecil ukuran MB PDF bisa dilakukan menggunakan aplikasi berbasis web. Ini merupakan cara yang paling praktis karena kita tidak perlu menginstall aplikasi tambahan lagi.

Saat ini ada beberapa situs yang bisa digunakan, untuk yang pertama kita akan gunakan situs smallpdf. Silakan buka situsnya di alamat berikut ini: https://www.ilovepdf.com/compress_pdf

4. Upload file PDF yang ingin diperkecil

Langkah selanjutnya adalah mengupload file PDF yang ingin diperkecil ukurannya. Pada halaman utama situs Anda klik pada tombol Select PDF File kemudian pilih file PDF yang yang ingin diproses.

cara mengecilkan mb kb pdf 1

Anda bisa memilih lebih dari satu file sekaligus dengan cara menekan tombol CTRL atau SHIFT.

5. Mulai proses compress

Tunggu hingga file selesai diupload, setelah itu Anda akan masuk ke halaman compress. Terdapat tiga metode compress yang bisa digunakan yaitu,

  • EXTREME COMPRESSION > kompresi tinggi, kualitas rendah. Artinya file yang dihasilkan lebih kecil namun kualitasnya menurun atau buram (terutama pada gambar/foto).
  • RECOMMENDED COMPRESSOIN > kompresi bagus, kualitas bagus. Artinya file yang dihasilkan berukuran cukup kecil dan kualitasnya bagus, tidak buram.
  • LESS COMPRESSION > kompresi rendah, kualitas sangat bagus. Artinya file yang dihasilkan relatif lebih besar, namun kualitasnya jernih.

Pada tutorial ini kami menggunakan metode RECOMMENDED COMPRESSION. File PDF yang diupload memiliki ukuran lebih dari 1MB dan setelah diproses ukurannya bisa menjadi 500KB dengan metode ini. Silakan pilih metode yang Anda inginkan kemudian klik tombol Compress PDF.

cara mengecilkan mb kb pdf 2

6. Download file PDF yang sudah diperkecil

Setelah proses selesai maka file hasilnya akan otomatis tersimpan ke komputer, bila proses otomatis tidak berjalan silakan klik pada tombol DOWNLOAD compressed PDF.

cara mengecilkan mb kb pdf 3

Seperti yang bisa Anda lihat pada contoh di atas, file PDF yang awalnya berukuran 1,31MB berhasil diperkecil hingga menjadi 570KB, artinya situs ini berhasil memperkecil ukuran file hingga 58%.

Sebagai perbandingan berikut ini perbedaan hasil kompres dengan ketiga metode yang tersedia pada situs ini:

  • EXTREME COMPRESSION > 1,31MB menjadi 526KB (61%)
  • RECOMMENDED COMPRESSION > 1,31MB menjadi 570KB (58%)
  • LESS COMPRESSION > 1,31MB menjadi 729KB (46%)

Perbandingan kualitas hasilnya bisa dilihat pada gambar berikut ini:

cara mengecilkan mb kb pdf 4

Selanjutnya kita akan coba beberapa situs untuk memperkecil PDF lainnya dan melihat perbandingannya, kira-kira mana yang memiliki rasio compress paling besar. Informasi ini bisa Anda gunakan untuk memilih situs mana yang paling cocok untuk kebutuhan Anda.

Cara alternatif ke-2 untuk memperkecil MB/KB PDF

Pilihan kedua untuk memperkecil mb PDF adalah dengan menggunakan situs ilovepdf.com. Situs ini merupakan salah satu aplikasi pengolah PDF berbasis web dengan fitur-fitur yang tidak kalah lengkapnya. Kita akan coba perkecil file yang sama dan lihat bagaimana hasilnya bila dibandingkan dengan situs yang pertama kita gunakan tadi.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama kumpulkan dulu file-file PDF yang ingin diproses dalam satu folder
  2. Setelah itu buka aplikasi browser di komputer atau Hp Anda
  3. Silakan masuk ke halaman situs berikut ini: https://smallpdf.com/compress-pdf
  4. Klik pada tombol CHOOSE FILES kemudian pilih file PDF yang ingin diperkecil
  5. Centang pada metode Basic lalu klik tombol Compress File
  6. Setelah proses selesai klik pada tombol DOWNLOAD untuk menyimpan file ke komputer atau HP Anda
cara mengecilkan mb kb pdf 5

Seperti yang bisa Anda lihat pada gambar di atas, dengan menggunakan situs ini kita berhasil memperkecil mb PDF dari ukuran awal 1,31MB menjadi 591KB (56%).

Pada situs ini kita hanya diberikan satu pilihan metode compress yaitu Basic. Sedangkan untuk menggunakan metode lainnya harus membeli akun pro (berbayar). Apabila dibandingkan dengan hasil dari situs pertama yang kita gunakan tadi maka hasilnya masih lebih bagus situs yang pertama.

Cara alternatif ke-3 untuk memperkecil MB/KB PDF

Selanjutnya kita akan mencoba satu lagi situs untuk memperkecil mb dan kb pdf yaitu sodapdf.com. Kita akan menggunakan file yang sama dan lihat apakah hasilnya lebih baik atau tidak dari dua situs yang sudah dicoba sebelumnya.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Siapkan file PDF yang ingin diperkecil ukurannya
  2. Buka aplikasi browser di komputer atau HP Anda
  3. Masuk ke halaman berikut ini: https://www.sodapdf.com/compress-pdf/
  4. Setelah itu klik pada tombol CHOOSE FILE kemudian pilih file PDF
  5. Tunggu hingga proses upload selesai
  6. Anda akan melihat ada dua metode kompresi yang bisa digunakan, untuk pengguna gratis hanya bisa memilih pada opsi Regular quality
  7. Setelah itu klik tombol COMPRESS FILE
  8. Setelah proses selesai klik tombol DOWNLOAD FILE untuk menyimpan file hasil ke komputer atau HP Anda
cara mengecilkan mb kb pdf 6

Seperti yang bisa Anda lihat pada gambar di atas, dengan menggunakan metode Regular Quality kita berhasil mengecilkan ukuran mb PDF dari 1,31MB menjadi 1,14MB (13%). Namun setelah diproses dan didownload, file hasilnya memiliki ukuran yang lebih kecil dari itu yaitu 807KB (40%).

Cara alternatif ke-4 untuk memperkecil MB/KB PDF

Terakhir kita akan mencoba satu lagi situs untuk memperkecil kb pdf yaitu situs pdf2go.com. Ini bisa Anda jadikan alternatif dari beberapa situs yang sudah dicoba sebelumnya. Mari kita lihat bagaimana hasil kompres situs ini terhadap file pdf yang tadi digunakan, apakah hasilnya lebih kecil atau malah sebaliknya.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama siapkan file PDF mana saja yang ingin diperkecil ukurannya, lebih bagus lagi jika dikumpulkan dalam satu folder yang sama
  2. Setelah itu buka aplikasi browser di laptop atau HP Anda, bebas bisa menggunakan Google Chrome, Mozilla Firefox, atau browser bawaan Android
  3. Buka halaman berikut ini: https://www.pdf2go.com/compress-pdf
  4. Setelah itu klik pada tombol CHOOSE FILE
  5. Pilih file PDF yang ingin diperkecil
  6. Pada pilihan metode compress terdapat beberapa pilihan, metode cepat yang bisa dipilih yaitu Basic Compression dan Strong Compression. Silakan pilih salah satu. Pertama kita akan coba metode Basic Compression terlebih dahulu
  7. Klik tombol START untuk memulai proses memperkecil pdf
  8. Setelah proses selesai maka hasilnya akan didownload secara otomatis, atau bisa juga dengan menekan tombol Download
cara mengecilkan mb kb pdf 7

Seperti pada gambar yang bisa Anda lihat di atas, dengan menggunakan metode Basic Compression kita berhasil memperkecil mb PDF dari ukuran awal 1,31MB menjadi 557KB (59%).

Kami juga mencoba metode yang kedua yaitu Strong Compression, dan hasilnya dari ukuran awal 1,31MB berhasil diperkecil menjadi 495KB (63%).

Untuk perbandingan kualitas hasilnya bisa Anda lihat pada gambar di bawah ini:

cara mengecilkan mb kb pdf 8

Bila dibandingkan hasil kompres dari semua situs yang sudah kita gunakan maka di dapat data sebagai berikut:

SitusCompression rate
ilovepdf.comEXTREME (61%), RECOMMENDED (58%), LESS (46%)
smallpdf.comBasic (56%)
sodapdf.comRegular (40%)
pdf2go.comBasic (59%), Strong (63%)

Itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk memperkecil ukuran mb dan kb PDF tanpa aplikasi tambahan. Anda bisa memilih situs mana saja yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga informasi ini bisa membantu.

Leave a Comment