Cara Mengecilkan Taskbar Windows 11 atau Memperbesarnya

Salah satu perubahan mencolok dari Windows 11 adalah ukuran Taskbar yang lebih besar dengan posisi icon yang berada di tengah. Berbeda dengan versi Windows sebelumnya, di Windows 11 tidak ada opsi yang diberikan kepada pengguna untuk mengecilkan ukuran Taskbar maupun icon yang ada di dalamnya. Untuk mengecilkan Taskbar kita harus melakukan sedikit tweak pada registry.

Sebenarnya Taskbar yang ada di Windows 11 memiliki tiga ukuran, kecil (small), sedang (medium), dan besar (large). Secara default, ukuran Taskbar adalah medium. Jadi ukuran Taskbar Windows 11 Anda sekarang menggunakan ukuran Medium. Anda masih punya opsi untuk mengecilkannya atau memperbesarya sesuai dengan selera.

Pada tutorial ini kami akan berikan sebuah trik untuk mengubah ukuran Taskbar di Windows 11 yang bisa Anda lakukan untuk membuat tampilan desktop terlihat lebih serasi. Untuk pengguna dengan layar kecil mungkin Taskbar yang terlalu besar terlihat memakan banyak ruang sehingga perlu dikecilkan. Namun bagi Anda yang memiliki layar besar mungkin ukuran Taskbar yang ada sekarang masih terlalu kecil sehingga perlu di perbesar. Silakan lalukan tentukan sendiri sesuai kebutuhan Anda.

Cara mengecilkan Taskbar Windows 11

1. Buka aplikasi Registry editor (regedit)

Karena di Windows 11 tidak ada opsi yang diberikan untuk mengubah ukuran Taskbar, maka kita akan melakukan tweak pada System Registry. Pertama buka program Registry Editor dengan cara menekan tombol Windows+R kemudian ketik: regedit > klik OK atau tekan tombol Enter.

1 cara mengecilkan taskbar windows 11

2. Masuk ke direktori Explorer Advanced

Setelah program Registry Editor terbuka, masuk ke direktori berikut ini:

HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced

3. Buat key baru bernama TaskbarSi

Pada folder Advanced Anda akan melihat ada banyak key di sana, klik kanan pada area kosong kemudian pilih New > DWORD (32-bit) Value > beri nama TaskbarSi

2 cara mengecilkan taskbar windows 11
3 cara mengecilkan taskbar windows 11

4. Ubah nilai TaskbarSi menjadi 0

Setelah berhasil membuat key bernama TaskbarSi selanjutnya klik dua kali pada key tersebut kemudian pada kolom Value data pastikan nilainya adalah 0 > klik OK

4 cara mengecilkan taskbar windows 11

5. Restart atau logout Windows 11

Pastikan Anda melakukan semua langkah di atas dengan benar, kemudian tutup jendela Regedit dan aplikasi yang masih terbuka lalu restart komputer Anda agar perubahannya bisa diterapkan. Bisa juga dengan melakukan Sign out – Sign in.

Sekarang Anda akan melihat ukuran Taskbar sudah berubah menjadi lebih kecil begitu pula semua icon yang ada di dalamnya. Sampai di sini Anda sudah berhasil mengecilkan Taskbar di Windows 11.

5 cara mengecilkan taskbar windows 11

Cara memperbesar Taskbar Windows 11

Bagi pengguna layar besar yang merasa Taskbar Windows 11 terlalu kecil maka bisa memperbesar ukurannya dengan metode yang sama, yaitu dengan menambahkan key TasbarSi pada registry kemudian mengubah nilainya menjadi 2.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka program Regedit

Buka program Registry Editor dengan cara menekan tombol Windows+R kemudian ketik: regedit > klik OK atau tekan tombol Enter. Bisa juga dengan cara klik pada Start menu > ketik regedit > pilih program Registry Editor yang muncul.

2. Masuk ke direktori Explorer Advanced

Pada program regedit, masuk ke direktori berikut ini:

HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced

3. Buat key baru bernama TaskbarSi

Pada folder Advanced klik kanan di area kosong kemudian pilih New > DWORD (32-bit) Value > beri nama TaskbarSi

3 cara mengecilkan taskbar windows 11

4. Ubah nilai TaskbarSi menjadi 2

Setelah berhasil membuat key bernama TaskbarSi selanjutnya klik dua kali pada key tersebut, kemudian pada kolom Value data pastikan nilainya adalah 2 > klik OK

3 cara memperbesar taskbar windows 11

5. Restart atau Sign out Windows 11

Tutup jendela Regedit dan semua aplikasi yang masih terbuka lalu restart komputer Anda agar perubahannya bisa diterapkan. Jika tidak ingin melakukan restart maka bisa dengan Sign out dan Sign in kembali.

Cara mengembalikan ukuran Taskbar seperti semula

Apabila setelah mengecilkan atau memperbesar Taskbar Anda merasa tampilannya menjadi tidak lebih baik, maka untuk mengembalikannya bisa dilakukan dengan memodifikasi lagi nilai yang ada pada TasbarSi.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka program Registry Editor

2. Masuk ke direktori HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced

3. Temukan key TaskbarSi

4. Klik dua kali pada key TaskbarSi

5. Pada kolom Value data ubah nilainya menjadi 1

6. Klik OK lalu tutup jendela Registry Editor

7. Restart atau Sign out-Sign in komputer Anda

cara mengembalikan ukuran taskbar windows 11 seperti semula

Cara mengubah ukuran Taskbar Windows 11 dengan cepat

Fitur untuk mengubah ukuran Taskbar memang hingga saat ini belum tersedia di Windows 11 sehingga pengguna harus memodifikasi registry hanya untuk mengatur ukuran Taskbar. Bagi Anda yang merasa metode di atas terlalu rumit dan memakan waktu maka kami akan berikan solusi alternatif yang lebih praktis.

Anda bisa mengecilkan, memperbesar, dan mengembalikan ukuran Taskbar di Windows 11 dengan cepat menggunakan key yang sudah kami modifikasi menjadi file bat sehingga bisa dieksekusi hanya dengan menggunakan klik mouse.

1. Download file bat di sini: Download | Password = winpreso.com

2. Ekstrak file hasil download menggunakan aplikasi archiver seperti 7zip atau WinRAR

3. Di dalamnya akan terlihat ada 3 buah file yang bernama Taskbar besar, Taskbar kecil, dan Taskbar medium

4. Untuk mengecilkan Taskbar klik dua kali pada file Taskbar kecil

5. Untuk memperbesar Taskbar klik dua kali pada file Taskbar besar

6. Untuk mengembalikan Taskbar ke ukuran semula klik dua kali pada file Taskbar sedang

cara mengubah ukuran taskbar windows 11 dengan cepat

Catatan:

Jika klik dua kali tidak berhasil atau muncul error maka ini biasanya disebabkan karena masalah izin akses. Anda perlu menjalankan file bat sebagai administrator. Solusinya dengan klik kanan pada file bat > pilih Run as administrator.

2 cara mengubah ukuran taskbar windows 11 dengan cepat

Apabila saat Anda mengeksekusi file bat yang kami berikan muncul jendela peringatan Windows protected your PC maka klik dulu link More info kemudian klik pada tombol Run anyway.

Demikian beberapa tips dan trik yang bisa kami berikan untuk mengecilkan Taskbar di Windows 11, memperbesarnya, atau mengembalikan ukurannya seperti semula. Semoga bisa bermanfaat.

Leave a Comment