Cara Mengatasi This App Has Been Blocked For Your Protection

Saat akan membuka sebuah aplikasi atau menjalankan installer (executable file dengan ekstensi .exe) Anda mungkin akan mendapati notifikasi dari User Account Control dengan pesan This app has been blocked for your protection.

Aplikasi tersebut tidak akan bisa dijalankan karena terkena filter oleh fitur keamanan Windows. Notifikasi yang muncul Anda bisa membaca keterangannya yang berbunyi An administrator has blocked you from running this app. For more information, contact the administrator.

Saat error ini terjadi, tidak ada pilihan lain yang diberikan selain tombol Close. Meskipun mencoba menjalankannya dengan akses administrator (Run as administrator), aplikasi tetap tidak akan bisa dibuka.

Pesan error akan terlihat seperti pada screenshot di bawah ini:

this app has been blocked for your protection

Apa yang menyebabkan error ini terjadi?

Windows memiliki fitur keamanan yang berfungsi untuk mencegah pengguna menginstall aplikasi dari sumber yang tidak dikenal. Hal ini bertujuan untuk mencegah masuknya malware, virus, dan program dengan kode yang dapat merugikan pengguna.

Meskipun fitur ini punya tujuan yang baik demi menjaga keamanan sistem, namun terkadang bisa menjadi agresif secara berlebihan, menyebabkan program yang sebenarnya tidak mengandung kode jahat ikut terkena blokir. Bisa saja aplikasi yang Anda perlukan jadi tidak bisa dijalankan karena diblokir.

Jadi penyebab utama terjadinya pemblokiran ini adalah karena program yang berusaha Anda jalankan dianggap tidak aman oleh Windows. Error ini bisa dialami oleh pengguna Windows 10 maupun Windows 8.

Jika Anda sampai di sini karena mengalami error yang sama, maka pada kesempatan kali ini Winpreso akan coba berikan beberapa solusi yang bisa Anda coba untuk mengatasinya.

Cara mengatasi This App Has Been Blocked For Your Protection

1. Buka program Group Policy Editor

Untuk mengatasi masalah ini kita akan memodifikasi pengaturan yang ada pada Group Policy Editor. Langkah pertama Anda buka dulu programnya dengan cara menekan tombol Windows+R pada keyboard lalu ketik gpedit.msc > klik OK.

cara mengatasi this app has been blocked for your protection 1

Bisa juga dengan cara menekan tombol Start > ketik gpedit pada kolom pencarian > lalu klik pada program Group Policy Editor yang muncul.

2. Masuk ke direktori Security Options

Setelah program gpedit terbuka, masuk ke direktori berikut ini:

Computer Configuration > Windows Settings > Security Settings > Local Policies > Security Options.

cara mengatasi this app has been blocked for your protection 2

3. Klik dua kali pada pengaturan User Account Control

Pada panel sebelah kanan Anda akan melihat banyak sekali file pengaturan yang ada di direktori/folder Serucity Options. Temukan pengaturan bernama User Account Control: Run all administrators in Admin Approval Mode.

Setelah ketemu klik dua kali pada file pengaturan tersebut.

cara mengatasi this app has been blocked for your protection 3

4. Pilih Disabled pada Local Security Setting

Pada jendela baru yang muncul pilih pada tab Local Security Setting > centang pada opsi Disabled > klik OK.

cara mengatasi this app has been blocked for your protection 4

Pengaturan ini berfungsi untuk mematikan admin approval mode (izin administrator) dan semua pengaturan yang berhubungan dengan User Account Control.

5. Restart komputer

Setelah melakukan perubahan pada pengaturan gpedit di atas, tutup program gpedit. Lalu restart komputer Anda.

Setelah komputer menyala kembali coba jalankan lagi aplikasi yang tadi tidak bisa dibuka. Seharusnya sekarang sudah bisa.

Apabila ternyata masih belum berhasil maka masih ada beberapa solusi lain di bawah ini yang bisa Anda coba.

Jalankan program lewat Command Prompt

Cara untuk mengatasi aplikasi tidak bisa dibuka dengan pesan error This app has been blocked for your protection adalah dengan menjalankannya lewat Comand Prompt.

Jika berhasil maka metode ini akan membuat aplikasi bisa dibuka karena error atau pemblokiran diabaikan, sayaratnya Command Prompt harus dijalankan dengan izin akses administrator.

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya.

Pertama buka Command Prompt dengan izin akses administrator, caranya klik pada tombol Start > ketik cmd pada kolom pencarian > program Command Prompt akan muncul > klik opsi Run as administrator yang muncul pada panel sebelah kanan.

cara mengatasi this app has been blocked for your protection 5

Setelah jendela Command Prompt terbuka, masuk ke direktori/lokasi di mana file program (.exe) berada dengan perintah cd.

Misalnya program yang ingin dibuka berada di C:\Program Files\HandBrake

Maka pada Command Prompt ketik perintah:

cd C:\Program Files\HandBrake

Kemudian tekan enter.

Anda akan melihat navigasi sudah berpindah pada direktori file .exe yang diinput tadi.

Selanjutnya tinggal mengeksekusi aplikasi dengan mengetikkan nama filenya.

Misalnya nama filenya adalah HandBrake.exe, maka pada Command Prompt ketik:

handbrake.exe

Kemudian tekan enter.

cara mengatasi this app has been blocked for your protection 6

Aplikasi akan berjalan. Jika yang Anda jalankan tersebut adalah file installer maka proses install bisa Anda lakukan tanpa munculnya pesan error karena pemblokiran oleh Windows.

Matikan fitur SmartScreen pada Windows Security

Program tidak bisa dibuka di Windows bisa juga disebabkan karena diblokir oleh fitur SmartScreen. Fitur ini merupakan bagian dari Windows Security yang berfungsi untuk memfilter program-program dari sumber yang tidak terverifikasi oleh Microsoft.

Kesalahan deteksi pada fitur SmartScreen ini juga sering menimbulkan aplikasi tidak bisa dijalankan dengan pesan error This app can’t run on your PC yang sudah pernah kami bahas pada postingan sebelumnya.

Untuk mengetahui apakah benar fitur ini yang menjadi penyebab munculnya error maka kita bisa mencoba untuk mematikannya untuk sementara waktu dan lihat bagaimana hasilnya.

Pertama klik pada tombol Start > pilih Settings > pilih Update & Security > klik pada tab Windows Security > kemudian klik tombol open Windows Security.

Selanjutnya pada jendela Windows Security klik pada menu App & browser control > pilih Reputation-based protection > matikan semua fitur yang ada di sana dengan mengkliknya menjadi Off.

cara mengatasi this app has been blocked for your protection 7

Setelah mematikan fitur SmartScreen coba jalankan lagi apliaksi yang tadi tidak bisa dibuka. Jika ternyata bisa maka benar jika aplikasi tersebut telah diblokir oleh SmartScreen.

Mematikan fitur ini sebaiknya tidak dilakukan terus menerus mengingat fungsinya yang cukup penting untuk mencegah pengguna secara tidak sengaja menjalankan program tidak terverifikasi yang bisa merugikan.

Aktifkan Developer Mode (side-loading)

Mengatasi error This app has been blocked for your protection pada saat hendak menginstall sebuah aplikasi bisa juga dilakukan dengan mengaktifkan fitur Developer Mode. Saat diaktifkan maka Windows akan mengizinkan pengguna menginstall apliaksi dari sumber mana saja.

Untuk mengaktifkan fitur Developer Mode ikuti langkah-langkah berikut ini.

Klik pada tombol Start > klik tombol Settings > pilih menu Update & Security > pilih menu For developers > centang pada opsi Developer mode > Yes.

cara mengatasi this app has been blocked for your protection 9

Itulah beberapa solusi yang bisa Anda coba, semoga bisa membantu. Jika ternyata belum berhasil maka jangan sungkan untuk menceritakan kasus yang Anda alami pada kolom komentar di bawah agar bisa saling diskusi untuk menemukan solusinya.

Leave a Comment