Cara Mengatasi This app can’t run on your PC Windows 10

Salah satu pesan error yang sering muncul saat aplikasi tidak bisa dibuka di Windows 10 adalah “This app can’t run on your PC, to find a version for your PC check with the software publisher“. Masalah seperti ini cukup umum dan dialami banyak orang, terutama saat menjalankan aplikasi yang bukan dari Microsoft.

Penyebab utama terjadinya masalah ini adalah karena masalah kompatibilitas antara aplikasi dengan versi Windows yang dianggap tidak sesuai oleh sistem. Bisa juga karena aplikasi atau game yang akan jalankan tersebut terkena filter oleh Windows sehingga prosesnya diblokir.

Windows 10 memiliki fitur untuk memblokir aplikasi tidak dikenal yang berasal dari unverified developers, fitur ini secara default akan aktif dengan tujuan untuk mencegah masuknya aplikasi yang mengandung malware dan virus.

Penyebab lainnya bisa juga karena file aplikasi yang rusak, file sistem yang korup, atau masalah yang disebabkan oleh malware dan virus. Pada kesempatan kali ini Winpreso akan coba berikan beberapa solusi yang bisa Anda coba untuk mengatasinya.

Cara mengatasi This app can’t run on your PC di Windows 10

1. Masuk ke Menu Settings

Langkah pertama masuk ke menu Settings dengan cara klik pada tombol Start > kemudian klik tombol Settings (icon gear).

2. Pilih menu Accounts

Pada jendela Settings temukan dan klik pada menu Accounts.

3. Pilih tab Family & other users

Pada panel sebelah kiri, klik pada tab Family & other users.

4. Klik Add someone else to this PC

Tarik sedikit ke bawah hingga menemukan bagian Other users > kemudian klik pada tombol Add someone else to this PC.

cara mengatasi this app cant run on your PC 1

5. Pilih I don’t have this person’s sign-in information

Jendela untuk menambahkan akun Microsoft akan terbuka, pada bagian bawah kolom terdapat pilihan I don’t have this person’s sign-in information > klik pada pilihan ini.

cara mengatasi this app cant run on your PC 2

6. Klik pada pilihan Add a user without a Microsoft account

Karena kita akan membuat akun lokal, maka tidak perlu membuat akun Microsoft yang baru. Oleh karena itu yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah klik lagi pada pilihan Add a user without a Microsoft account.

cara mengatasi this app cant run on your PC 3

7. Isi nama dan password akun yang baru

Jendela untuk membuat akun Administrator baru akan terbuka, isi nama dan password akun sesuai keinginan Anda. Setelah selesai klik pada tombol Next > ikuti prosesnya sampai selesai.

cara mengatasi this app cant run on your PC 4

8. Klik pada Change account type di akun yang baru

Kembali ke halaman awal pengaturan Accounts > pada bagian Other user Anda akan melihat akun yang baru saja dibuat. Klik pada tombol Change account type yang ada di bawahnya.

cara mengatasi this app cant run on your PC 5

9. Pilih Administrator

Klik pada pilihan Administrator untuk mengubah akun lokal yang baru saja dibuat menjadi administrator.

cara mengatasi this app cant run on your PC 6

10. Login dengan akun Administrator yang baru

Langkah terakhir adalah logout dari akun yang sekarang dengan cara klik pada tombol Start > klik pada icon/foto akun > pilih Sign out > kemudian login dengan akun Administrator yang baru.

Setelah masuk kembali ke Windows dengan menggunakan akun Administrator yang baru, coba lagi Anda jalankan aplikasi yang tadi bermasalah. Apakah sudah bisa?

Apabila ternyata belum berhasil maka silakan coba beberapa alternatif solusi yang lainnya di bawah ini.

Gunakan aplikasi yang sesuai dengan arsitektur Windows (32bit atau 64bit)

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, aplikasi yang tidak bisa dibuka dengan keterangan error This app can’t run on your PC umumnya disebabkan karena masalah kompatibilitas. Saat Anda mencoba menjalankan apliaksi dengan arsitektur 64bit apda Windows dengan arsitektur 32bit maka error seperti ini tentu saja akan terjadi.

Aplikasi 64bit hanya bisa dijalankan pada sistem operasi 64bit juga. Jika Anda menggunakan versi Windows dengan arsitektur 32bit maka Anda harus menggunakan aplikasi yang arsitekturnya 32bit pula.

Untuk mengecek apakah Windows di laptop Anda 32bit atau 64bit bisa dengan cara klik pada tombol Start > pilih Setttings > About > perhatikan pada keterangan System type. Di sana akan terlihat apakah Windows yang Anda gunakan 32bit atau 64bit.

cara mengatasi this app cant run on your PC 7

Coba gunakan versi aplikasi yang lebih lama atau yang lebih baru

Masalah kompatibilitas bisa juga terjadi saat aplikasi naik versi (update/upgrade). Bug yang ada pada kode program mungkin menyebabkannya tidak bisa berjalan dengan baik seperti sebelumnya.

Jika error This app can’t run on your PC terjadi setelah Anda melakukan update aplikasi maka bisa dicurigai kalau versi terbaru dari apliaksi tersebut memiliki bug. Coba reinstall versi aplikasi yang lebih lama dan lihat apakah error ini masih muncul atau tidak.

Anda bisa melakukan eksperimen sendiri dengan mencoba versi program yang lebih lama atau yang lebih baru. Mungkin saja ada versi program yang bisa berjalan dengan baik.

Run as administrator

Beberapa program membutuhkan administrator privileges agar bisa dijalankan. Jika aplikasi Anda tidak bisa dibuka dengan cara klik dua kali, coba gunakan cara klik kanan pada aplikasi > lalu pilih Run as administrator.

Dengan cara ini aplikasi tersebut akan dijalankan dengan izin akses administrator. Anda juga bisa mengatur agar aplikasi dijalankan sebagai administrator setiap kali dibuka. Caranya klik kanan pada shortcut aplikasi > pilih Properties > klik pada tab Shortcut > klik tombol Advanced > centang pilihan Run as Administrator > OK.

Jalankan program dalam Compatibility mode

Beberapa program dirancang khusus untuk berjalan pada versi Windows tertentu saja. Misalnya ada program yang khusus dibuat untuk Windows 7, Windows Vista, Windows 8, atau bahkan Windows XP.

Saat berusaha menjalankannya pada Windows 10 maka masalah kompatibilitas bisa saja muncul. Hal ini akan menyebabkan aplikasi tidak bisa dibuka. Solusinya adalah mencoba menjalankan aplikasi tersebut dalam combatibility mode sesuai dengan versi Windowsnya.

Pertama temukan dulu lokasi file executable (.exe) dari program tersebut, caranya klik kanan pada Shortcut aplikasi > pilih Open file location.

Setelah file .exe ketemu klik kanan pada file tersebut > kemudian pilih Properties.

Pada jendela Properties klik pada tab Combatibility > pada bagian Compatibility mode centang opsi Run this program in compatibility mode for > lalu pilih versi Windows yan sesuai > klik Apply > OK.

cara mengatasi this app cant run on your PC 8

Sekarang aplikasi tersebut sudah diatur untuk berjalan dalam compatibility mode sesuai dengan versi Windows yang dibutuhkan. Coba buka aplikasinya dan lihat apakah cara ini berhasil.

Jalankan system file checker

Di Windows 10 terdapat sebuah fitur bernama System File Checker (SFC). Fitur ini berfungsi untuk melakukan scan pada file sistem dan memperbaikinya secara otomatis apabila ditemukan kerusakan.

Aplikasi yang tidak bisa dibuka dengan pesan error This app can’t run on your PC bisa muncul karena disebabkan file sistem yang rusak, jadi menjalankan SFC ini merupakan salah satu langkah yang patut dicoba.

Pertama buka Command Prompt dengan akses administrator, caranya klik pada tombol Start > ketik cmd > rekomendasi program Command Prompt akan muncul > klik pada Run as administrator yang ada di panel kanan.

Pada Command Prompt ketik perintah berikut ini:

sfc /scannow

Lalu tekan enter.

Tunggu hingga prosesnya selesai.

Apabila ditemukan kerusakan pada file sistem maka SFC akan berusaha memperbaikinya secara otomatis, Anda bisa melihat keterangannya di layar. Tidak ada yang perlu Anda lakukan, cukup tunggu saja hingga prosesnya selesai.

Aktifkan fitur Developer mode (side-loading)

Apabila aplikasi yang berusaha Anda install bukan berasal dari Windows Store maka fitur side-loading harus diaktifkan. Coba cek apakah fitur ini sudah aktif di Windows Anda atau belum.

Caranya klik tombol Start > klik tombol Settings > pilih menu Update & Security > pilih menu For developers > centang pada opsi Developer mode > Yes

cara mengatasi this app cant run on your PC 9

Matikan fitur smartscreen

Smartscreen merupakan fitur keamanan bawaan di Windows 10 yang berfungsi sebagai filter terhadap program-program yang dianggap berbahaya dan mengandung malware.

Saat fitur ini aktif maka kemungkinan terjadinya false positive (salah deteksi) bisa saja dialami, terutama pada aplikasi yang berasal dari developer yang belum terverifikasi oleh Microsoft.

Saat mengalami error This app can’t run on your PC maka mematikan Smartscreen merupakan salah satu langkah yang patut dicoba.

Caranya klik pada tombol Start > pilih Settings > pilih Update & Security > klik pada tab Windows Security > kemudian klik tombol open Windows Security.

Setelah jendela Windows Security terbuka pilih pada menu App & browser control > klik pada pilihan Reputation-based protection > matikan semua fitur yang ada.

cara mengatasi this app cant run on your PC 12

Bersihkan cache dan temporary file

Membersihkan file sampah di Windows 10 juga bisa Anda coba untuk mengatasi masalah ini. File cache dan temporary file yang bertumpuk dan tumpang tindih mungkin saja menyebabkan aplikasi tidak bisa berjalan dengan baik. Membersihkannya adalah solusi terbaik yang bisa dilakukan.

Anda bisa menggunakan salah satu aplikasi cleaner PC terbaik ini untuk memudahkan pekerjaan Anda. Aplikasi tersebut akan membersihkan semua file sampah yang ada secara otomatis.

Full scan komputer dengan Windows Security / antivirus lain

Virus dan malware bisa juga menjadi penyebab rusaknya sebuah aplikasi sehingga tidak bisa dibuka, termasuk menyebabkan error This app can’t run on your PC. Untuk memastikan bahwa laptop Anda bersih dari virus Anda bisa melakukan scan secara menyeluruh menggunakan antivirus.

Anda bisa menggunakan antivirus bawaan Windows 10 yaitu Windows Security atau salah satu dari rekomendasi antivirus terbaik yang pernah kami berikan pada postingan sebelumnya.

Saya sendiri lebih suka menggunakan Windows Security karena lebih ringan dan cukup ampuh untuk menjaga komputer bebas dari virus tanpa terganggu dengan tawaran-tawaran atau iklan yang biasanya ada pada aplikasi antivirus pihak ketiga.

Untuk melakukan full scan menggunakan Windows Security ikuti langkah-langkah berikut ini.

Pertama masuk ke menu Settings > pilih Update & Security > pilih Windws Security > klik pada tombol Open Windows Security.

Setelah jendela Windows Security terbuka pilih pada menu Virus & threat protection.

Klik pada menu Scan options > centang pada pilihan Full scan > klik tombol Scan now.

cara mengatasi this app cant run on your PC 11

Tunggu hingga proses scan selesai. Apabila ada virus dan malware yang terdeteksi maka Windows Security akan membersihkannya secara otomatis.

Memastikan laptop Anda bersih dari virus merupakan salah satu cara yang sangat efektif untuk mempercepat Windows 10, jadi pastikan Anda selalu melakukannya secara rutin.

Matikan VPN dan Proxy (jika ada)

Apabila laptop atau PC Anda terhubung ke internet melalui VPN dan Proxy maka Anda bisa mematikannya dulu. Setiap aplikasi memiliki kebijakan yang berbeda-beda mengenai negara mana saja yang bisa menjalankan aplikasi tersebut. Bisa saja suatu negara diblokir karena alasan tertentu.

Alasan lainnya adalah masalah keamanan. Saat Anda menggunakan sebuah aplikasi dengan berganti-ganti IP Address beda negara, maka hal ini bisa dianggap sebagai sesuatu yang mencurigakan dan menyebabkan akun Anda diblokir.

Pengaturan tertentu pada VPN dan Proxy juga bisa menyebabkan gagalnya koneksi ke server Microsoft yang menyebabkan aplikasi-aplikasi dari Microsoft tidak bisa berjalan, terutama yang mengharuskan adanya koneksi internet.

Update Windows

Melakukan update merupakan salah satu langkah yang efektif untuk menjaga Windows tetap dalam kondisi terbaik. Update tidak hanya berisi pembaruan fitur saja, tapi juga pembaruan database virus, bug fix, dan pembaruan untuk aplikasi-aplikasi Microsoft. Bagi pengguna Windows 10 original maka rugi rasanya jika tidak melakukan update secara berkala.

Saat mengalami error baik pada sistem atau pada aplikasi, maka melakukan update mungkin bisa jadi salah satu solusi yang bisa Anda coba. Cara melakukan update Windows 10 sangat mudah.

Pertama klik pada tombol Start > pilih Settings > pilih menu Update & Security > pilih Windows Update > klik tombol Check for updates > tunggu hingga proses selesai.

Reset PC

Ini merupakan solusi terakhir jika semua cara di atas sudah dicoba dan tidak ada yang berhasil. Anda perlu pertimbangkan baik-baik sebelum melakukan Reset PC, karena aplikasi-aplikasi yang ada akan terhapus dan Windows kembali seperti keadaan install ulang.

Setelah yakin, ikuti langkah-langkah pada postingan berikut ini: Cara Reset PC Windows 10

Setelah melakukan Reset PC, coba install dan jalankan aplikasi yang tadi bermasalah, dan lihat apakah solusi terakhir ini berhasil.

Anda juga perlu menginstall kembali aplikasi-aplikasi yang diperlukan satu per satu. Lebih baik lagi kalau sebelum reset Anda sudah membuat list aplikasi apa saja yang harus diinstall agar prosesnya lebih mudah.

Demikian beberapa solusi yang bisa kami berikan untuk mengatasi masalah aplikasi yang tidak bisa dibuka di Windows 10 dengan pesan error This app can’t run on your PC. Semoga bisa membantu.

Leave a Comment