Cara Mengatasi Menu Klik Kanan Lambat Muncul di Windows 10

Salah satu masalah yang sering dialami pengguna Windows 10 adalah menu klik kanan atau contextual menu yang lambat muncul. Masalah ini sangat sering terjadi tanpa kita ketahui penyebabnya.

Contextual menu merupakan menu pop up yang muncul saat kita klik kanan sebuah file, program, atau area kosong pada desktop. Jendela ini berisi menu yang bisa diakses dengan cepat seperti untuk menyalin dan memindahkan file, membuat shortcut, dan akses menu lainnya.

Meskipun masalah ini bisa diabaikan karena bukan hal yang serius, namun bagi Anda yang merasa terganggu dengan melambatnya menu klik kanan di Windows 10 Anda, maka pada kesempatan kali ini Winpreso akan berikan tips cara mengatasinya.

Cara mengatasi menu klik kanan lambat muncul di Windows 10

1. Tekan tombol Windows+R

Langkah pertama tekan tombol Windows+R pada keyboard laptop atau PC Anda. Nanti akan muncul jendela Run.

gambar 1 cara mengatasi klik kanan lambat windows 10

2. Ketik Regedit

Selanjutnya ketik regedit pada jendela Run yang muncul.

gambar 2 cara mengatasi klik kanan lambat windows 10

3. Klik tombol OK

Setelah itu klik tombol OK.

Jendela Registry editor akan terbuka.

4. Masuk ke direktori ContextMenuHandlers

Pada Registry editor perhatikan pada panel sebelah kanan, di sana terlihat banyak sekali direktori registry yang ada di Windows Anda.

Temukan dan masuk ke direktori berikut ini:

HKEY_CLASSES_ROOT\Directory\Background\shellex\ContextMenuHandlers

5. Hapus folder Context Menu sesuai dengan VGA yang dipakai

Setelah masuk ke folder ContextMenuHandlers temukan salah satu dari folder berikut ini, sesuai dengan merk VGA yang Anda gunakan:

NVIDIA: NvCplDesktopContext

Intel: igfxcui, igfxDTCM

AMD: ACE

Setelah ketemu, hapus folder tersebut dengan cara klik kanan > Delete.

gambar 3 cara mengatasi klik kanan lambat windows 10

6. Restart komputer

Tutup Registry editor, setelah itu restart laptop atau PC Anda.

7. Cek apakah menu klik kanan sudah tidak lambat

Setelah komputer menyala kembali, pastikan menu klik kanan sudah tidak lambat lagi.

Penyebab menu klik kanan lambat muncul di Windows 10

Menu klik kanan yang menjadi lambat muncul di Windows 10 hingga kini masih belum diketahui secara pasti apa penyebabnya. Tapi berdasarkan pengalaman pribadi dan beberapa teman, masalah ini terjadi setelah menginstall driver VGA.

Menu VGA yang muncul pada contex menu dicurigai menjadi penyebabnya. Ketika menu tersebut dihapus dengan cara di atas, maka menu klik kanan tidak lagi lambat dan kembali normal seperti biasa.

Jika Anda mengalami hal ini, coba ingat-ingat apakah hal ini muncul setelah Anda menginstall memasang VGA baru dan menginstall drivernya. Jika iya, maka itulah penyebabnya. Dengan melakukan cara di atas seharusnya masalah sudah bisa diatasi.

Solusi lain yang bisa Anda coba

Selain menggunakan registry editor, ada solusi lain yang bisa Anda coba sebagai alternatif. Intinya yang kita lakukan adalah menghilangkan context menu VGA dari menu klik kanan.

Menggunakan aplikasi ShellExView

Aplikasi ini bisa kita gunakan untuk mengatur shell extension dan menu yang ada di Windows 10, termasuk menu klik kanan. SellExView bisa dipakai untuk menghilangkan menu klik kanan yang menjadi sumber masalah.

Pertama download dulu aplikasinya dari tautan di bawah ini:

Download ShellExView

Setelah Anda download, install aplikasinya di komputer Anda seperti biasa.

Buka aplikasi SellExView, tunggu hingga semua shell extension yang ada terdeteksi, nanti Anda akan melihat daftarnya pada halaman utama aplikasi.

Temukan shell extension dari VGA yang Anda gunakan, berikut ini daftarnya:

NVIDIA: NVIDIA CPL Context Menu Extension

Intel: TheDeskTopContextMenu Class

AMD: SimpleShlExt Class

Saya contohkan misalnya bagi pengguna VGA AMD maka shell extensionnya akan bernama SimpleShlExt Class. Klik pada extension tersebut kemudian klik tombol merah untuk disable.

gambar 4 cara mengatasi klik kanan lambat windows 10

Tutup aplikasi SellExView lalu restart komputer Anda.

Memperbarui driver VGA

Memastikan semua driver yang ada selalu dalam keadaan update merupakan salah satu tips untuk mempercepat Windows 10. Driver yang sudah usang atau bahkan korup sudah pasti akan menimbulkan masalah. Hal ini menyebabkan perangkat keras tidak bisa berjalan dengan baik, dan bisa berdampak pada program-program lainnya.

Karena masalah menu klik kanan yang lambat muncul di Windows 10 ini penyebabnya adalah karena context menu dari VGA, maka cukup masuk akal jika kita melakukan update driver untuk memastikan kita menggunakan versi driver yang terbaru. Bisa jadi driver yang saat ini sedang digunakan memang ada bug.

Langsung saja update driver VGA dengan download langsung dari situs resmi sesuai dengan merk VGA yang Anda gunakan.

Jika tidak berhasil menemukan driver di situs, maka Anda bisa menggunakan cara update driver yang sudah pernah kita bahas di postingan sebelumnya. Lihat tutorialnya di sini: Cara Update Driver di Windows 10

Setelah selesai update, restart komputer. Kemudian cek lagi apakah masalah menu klik kanan yang lambat ini sudah hilang.

Disable opsi context menu pada saat menginstall driver VGA

Masalah ini sebenarnya bisa dicegah saat melakukan install driver VGA. Pada proses instalasi selalu ada opsi untuk menampilkan context menu atau tidak, maka Anda bisa memilih untuk tidak menampilkannya. Dengan cara ini masalah klik kanan yang lambat tidak akan muncul.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi klik kanan yang lambat muncul di Windows 10, tutorial ini merupakan hasil dari pengalaman pribadi. Jika masih menemukan kesulitan silakan jangan sungkan untuk berkomentar di bawah. Semoga bisa membantu.

Leave a Comment