Cara Mengatasi Bluetooth Tidak Bisa Mengirim dan Menerima File Windows 10

Bluetooth masih menjadi salah satu metode untuk mengirim file dari satu perangkat ke perangkat lainnya dengan praktis. Dengan menggunakan Bluetooth kita tidak memerlukan kabel data dan pengiriman file bisa dilakukan secara offline.

Mengirim file lewat Bluetooth di Windows 10 juga bisa dilakukan dengan mudah. Kita bisa mengirim file dari komputer ke hp, tablet, dan perangkat lain maupun sebaliknya. Namun hal ini hanya bisa dilakukan jika Bluetooth berfungsi dengan normal.

Jika terjadi masalah pada Bluetooth Windows 10 seperti icon Bluetooth yang hilang, driver yang korup, atau hal lain yang menyebabkan Bluetooth tidak berfungsi maka kita tidak bisa mengirim maupun menerima file.

Pada kesempatan kali ini Winpreso akan berikan beberapa solusi yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah Bluetooth yang sering terjadi di Windows 10.

Cara mengatasi Bluetooth tidak bisa mengirim dan menerima file di Windows 10

1. Pastikan Bluetooth sudah aktif

Sebelum mencoba hal lainnya, langkah pertama adalah memastikan terlebih dahulu jika Bluetooth sudah dalam keadaan hidup. Jika Anda menggunakan device bluetooth eksternal dengan tombol on/off maka pastikan device tersebut sudah dihidupkan.

Kemudian pastikan juga fitur Bluetooth di Windows 10 sudah dalam keadaan ON. Cara menghidupkannya dengan masuk ke Settings > pilih Devices > pilih Bluetooth and other devices > klik tombol ON untuk menghidupkan Bluetooth.

gambar 1 cara mengatasi bluetooth windows 10 tidak bisa mengirim file

2. Gunakan cara yang benar untuk menerima file

Jika Anda tidak bisa mengirim file dari hp ke Windows 10 maka bisa jadi penyebabnya karena caranya yang salah. Untuk bisa menerima file lewat Bluetooth di Windows 10 harus melalui jendela Receive a file. Jika dikirim langsung maka akan gagal.

Untuk menerima file caranya klik kanan pada icon Bluetooth yang ada di tray icon > pilih Receive a file.

gambar 2 cara mengatasi bluetooth windows 10 tidak bisa menerima file

Setelah itu barulah Anda kirim file dari hp ke Windows 10. Nanti file akan terlihat di jendela Receive a file tadi dan Anda tinggal menekan tombol Accept / Terima.

3. Matikan lalu hidupkan kembali Bluetooth

Cara mengetasi Bluetooth tidak bisa mengirim file di Windows 10 yang selanjutnya adalah mencoba mematikan dan menghidupkan kembali perangkat Bluetooth. Hal ini memang terdengar sepele tapi tekadang justru ampuh.

Coba Anda matikan Bluetooth di Windows 10 dengan cara masuk ke Settings > Devices > Bluetooth and other devices > klik menjadi Off > tunggu sebentar kemudian hidupkan kembali menjadi On.

Begitu juga Bluetooth pada hp atau perangkat lawannya, matikan Bluetooth > diamkan sebentar > lalu hidupkan kembali.

Setelah itu coba lagi untuk mengirim file, apakah sudah bisa?

4. Lepas perangkat Bluetooth kemudian tambahkan kembali

Selanjutnya Anda juga perlu mencoba untuk melepas (unpair) perangkat Bluetooth yang terhubung dengan Windows 10 kemudian menambahkannya kembali. Cara ini juga terkadang bisa mengatasi masalah tidak bisa mengirim dan menerima file.

Masuk ke Settings > Devices > Bluetooth and other devices > klik perangkat Bluetooth > klik tombol Remove device.

gambar 3 cara mengatasi bluetooth windows 10 tidak bisa mengirim file

Setelah itu klik tombol Add Bluetooth or other device > tambahkan ulang perangkat seperti biasa.

Setelah perangkat kembali terhubung coba lagi gunakan untuk mengirim atau menerima file lewat Bluetooth.

5. Matikan perangkat Bluetooth yang lain

Pada perangkat dengan teknologi terbaru seharusnya hal ini jarang sekali menimbulkan masalah, tapi tidak ada salahnya jika Anda mencobanya. Jika pada Windows 10 Anda terdapat beberapa perangkat Bluetooth yang terhubung dalam waktu yang sama maka coba matikan perangkat lain yang sedang tidak digunakan untuk mengirim file.

Anda bisa melepas atau mematikan perangkat lain seperti speaker atau headset Bluetooth maupun ponsel lain yang sedang tidak digunakan. Sisakan saja perangkat yang akan digunakan untuk mengirim file. Setelah itu coba lagi ulangi proses transfer file lewat Bluetooth, apakah bisa?

6. Letakkan perangkat lebih dekat dengan komputer

Bluetooth memiliki batasan jarak agar bisa berfungsi dengan normal. Ketika dua buah perangkat hendak melakukan transfer file maka jarak kedua perangkat tersebut harus berdekatan agar proses pengiriman bisa berlangsung dengan lebih cepat. Jika terlalu jauh maka proses transfer akan menjadi lebih lama bahkan bisa gagal.

Oleh karena itu Anda harus memastikan jarak antara komputer dan hp atau perangkat Bluetooth yang sedang digunakan tidak terlalu jauh. Dekatkan kedua perangkat saat melakukan transfer file agar bisa bekerja dengan optimal.

7. Update Windows 10

Cara mengatasi Bluetooth tidak bisa mengirim file yang selanjutnya adalah melakukan update Windows 10. Hal ini memang terlihat seperti tidak ada hubungannya, tapi jangan salah, melakukan update juga berarti mendapatkan patch terbaru untuk menutup bug.

Seperti yang kita tahu jika bug pada Windows 10 bisa saja menyebabkan berbagai masalah, termasuk membuat Bluetooth jadi tidak berfungsi. Oleh karena itu tidak ada salahnya untuk melakukan update.

Caranya klik pada tombol Start > pilih Settings > pilih Update & Security > klik tombol Check for updates.

gambar 4 cara mengatasi bluetooth windows 10 tidak bisa mengirim file

Tunggu hingga proses update selesai, jangan lupa untuk memastikan koneksi internet Anda stabil dan punya kuota yang cukup jika menggunakan modem GSM.

Setelah download update selesai, restart komputer Anda. Setelah komputer menyala kembali coba lagi lakukan transfer file lewat Bluetooth.

8. Cek apakah Driver Bluetooth terinstall dengan benar

Agar bisa berfungsi dengan baik maka Bluetooth di Windows 10 memerlukan driver yang sudah terinstall dengan benar. Jika Driver bermasalah maka Bluetooth tidak akan berfungsi dengan baik dan kita tidak bisa mengirim atau menerima file dari perangkat lain.

Untuk mengatasinya maka coba cek driver Bluetooth di komputer Anda, caranya klik kanan pada tombol Start > pilih Device Manager > cek apakah ada Driver Bluetooth di sana.

gambar 5 cara mengatasi bluetooth windows 10 tidak bisa menerima file

Jika Anda tidak menemukan Driver Bluetooth apda Device Manager itu artinya driver belum terinstall, maka Anda perlu menginstallnya terlebih dahulu. Lihat tutorial cara menginstall driver Windows 10 di sini: Cara Menginstall Driver Yang Tepat di Windows 10

9. Update Driver Bluetooth

Selanjutnya Anda juga bisa mencoba untuk melakukan update Driver Bluetooth jika ternyata diver sudah terinstall. Melakukan update bertujuan agar diver yang kita gunakan adalah yang terbaru, hal ini cukup penting untuk menjaga agar Bluetooth tetap bekerja dengan baik untuk mengirim maupun menerima file di Windows 10.

Caranya buka Device Manger > klik pada Driver Bluetooth untuk expand > klik kanan pada perangkat > pilih Update Driver Software.

gambar 6 cara mengatasi bluetooth windows 10 tidak bisa mengirim file

Bila muncul pilihan maka pilih Search automatically for updated driver software.

Tunggu hingga proses update selesai, pastikan koneksi internet Anda stabil. Setelah update selesai, restart komputer Anda. Kemudian setelah komputer menyala kembali Anda bisa mencoba untuk mengirim file lewat Bluetooth di Windows 10, lihat apakah sudah bisa atau belum.

10. Reinstall Driver Bluetooth

Jika cara di atas belum berhasil, maka Anda bisa mencoba untuk menginstall ulang driver Bluetooth di komputer Anda. Driver Bluetooth bisa saja bermasalah atau korup yang menyebabkannya berhenti bekerja. Untuk mengatasinya kita bisa menghapus dan menginstallnya kembali agar mendapatkan program yang bersih dari error.

Caranya masuk ke Device Manager > klik kanan pada Driver Bluetooth > pilih Uninstall. Setelah itu restart komputer.

gambar 7 cara mengatasi bluetooth windows 10 tidak bisa mengirim file

Setelah komputer menyala maka Windows akan melakukan install driver Bluetooth secara otomatis. Anda bisa mengeceknya kembali di Device manager.

Apabila driver belum terinstall maka kita bisa melakukannya secara manual. Caranya masuk ke Device Manager > klik menu Action pada menu abar atas > pilih Scan for hardware changes.

11. Gunakan Bluetooth USB Dongle

gambar 8 cara mengatasi bluetooth windows 10 tidak bisa mengirim file

Penyebab Bluetooth pada Windows 10 tidak bisa mengirim file bisa juga karena kerusakan hardware. Jika ini terjadi maka semua cara yang sudah dijelaskan di atas tidak akan berhasil. Satu-satunya solusi adalah memperbaiki hardware yang rusak tersebut atau menggunakan Bluetooth eksternal.

Bluetooth USB Dongle bisa menjadi solusi yang murah meriah. And bisa mendapatkannya di toko komputer terdekat dengan harga yang cukup murah. Penggunaannya juga sangat mudah, cukup colok Bluetooth Dongle ke port USB dan Bluetooth di Windows 10 siap digunakan untuk mengirim dan menerima file.

12. Pindah USB Dongle ke port USB yang lain

Jika sudah menggunakan Bluetooth USB Dongle namun tetap saja Bluetooth di Windows 10 tidak berfungsi maka Anda bisa coba memindahkannya ke port USB yang lain. Bisa jadi port yang saat ini digunakan tidak cocok atau rusak sehingga Bluetooth Dongle tidak terdeteksi.

13. Jalankan Troubleshooter

Di Windows 10 terdapat fitur Troubleshooter yang bisa digunakan untuk mendeteksi penyebab berbagai error dan memperbaikiya secara otomatis. Fitur ini bisa juga kita manfaatkan untuk mencoba memperbaiki masalah Bluetooth yang tidak berfungsi.

Masuk ke Settings > Update & Security > Troubleshoot.

Pada panel sebelah kanan temukan opsi Find and fix other problems > klik pada pilihan Bluetooth > klik tombol Run the troubleshooter.

gambar 9 cara mengatasi bluetooth windows 10 tidak bisa mengirim file

Tunggu hingga proses scan selesai, nanti Anda akan melihat opsi yang diberikan untuk memperbaiki masalah. Di sana juga akan muncul keterangan apa yang menjadi penyebab Bluetooth di Windows 10 Anda tidak berfungsi.

Seperti contoh gambar di bawah ini, terlihat bahwa penyebab masalah pada Bluetooth adalah karena komputer tidak memiliki perangkat Bluetooth.

Artinya bisa karena device Belutooth yang tidak terdeteksi, rusak, atau mati. Solusinya adalah menggunakan perangkat Bluetooth eksternal seperti Bluetooth Dongle seperti yang sudah dijelaskan pada langkah sebelumnya.

14. Ganti setelan Power Options

Fitur Power Saver pada Windows 10 juga dicurigai bisa menjadi penyebab Bluetooth berhenti bekerja. Hal ini karena mode Power Saver mengizinkan Windows untuk mematikan service yang dianggap tidak digunakan, termasuk di dalamnya service Bluetooth.

Jika service Bluetooth ini mati maka secara otomatis Bluetooth juga akan berhenti bekerja, menyebabkan kita tidak bisa mengirim maupun menerima file lewat Bluetooth.

Oleh karena itu Anda bisa mengecek setelah Power Options yang digunakan, caranya masuk ke Control Panel > pilih Power Options > centang pada pilihan Balanced.

gambar 10 cara mengatasi bluetooth windows 10 tidak bisa menerima file

Setelah itu restart laptop atau PC Anda, setelah menyala kembali coba lagi melakukan transfer file lewat Bluetooth.

15. Cek apakah Bluetooth service masih berjalan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, service Bluetooth yang berhenti adalah penyebab mengapa Bluetooth tidak bisa mengirim file di Windows 10. Jika masalah ini terjadi pada komputer Anda, maka salah satu solusi yang wajib dicoba adalah memastikan service Bluetooth masih dalam keadaan berjalan (running).

Pertama masuk ke services dengan cara menekan tombol Windows+R pada keyboard > kemudian ketik services.msc > klik OK.

Setelah jendela services terbuka, perhatikan pada panel sebelah kanan. Di sana akan terlihat banyak sekali services yang ada di Windows 10 Anda, baik yang berjalan maupun berhenti.

Temukan service bernama Bluetooth Support Service > klik satu kali > kemudian lihat keterangan statusnya apakah Running atau kosong.

gambar 11 cara mengatasi bluetooth windows 10 tidak bisa mengirim file

Jika kosong maka pada panel sebelah kiri Anda akan melihat ada tombol Start. Klik tombol tersebut untuk menjalankan service Bluetooth pada Windows 10 Anda.

Tunggu hingga statusnya berubah menjadi Running, setelah itu tutup jendela services. Coba lagi gunakan Bluetooth untuk melakukan transfer file, seharusnya sekarang sudah bisa.

16. Hapus program yang bentrok dengan Bluetooth

Untuk mengatasi masalah Bluetooth yang tidak bisa mengirim file di Windows 10 mungkin Anda perlu juga untuk mengecek apakah ada program yang istilahnya “bentrok” dengan Bluetooth.

Hal ini bisa saja terjadi, saat kita menginstall suatu program maka Bluetooth tiba-tiba menjadi tidak berfungsi. Ini artinya program yang kita install tersebut menginterupsi kerja Bluetooth, atau bahkan membuatnya tidak bisa berjalan sama sekali.

Coba Anda ingat-ingat kembali, apakah masalah pada Bluetooth ini terjadi setelah Anda menginstall sebuah program tertetu? Jika iya, maka coba uninstall dulu program tersebut. Setelah itu coba lagi gunakan Bluetooth untuk mengirim atau menerima file dari hp, lihat apakah masalahnya hilang?

17. Reset Windows 10

Ini adalah solusi terakhir untuk mengatasi Bluetooth tidak bisa mengirim atau menerima file di Windows 10 tanpa harus melakukan install ulang. Kita bisa mereset PC untuk mengembalikan keadaan Windows ke setelah awal layaknya baru saja di install ulang.

Reset PC tetap akan menghapus semua aplikasi pihak ketiga, namun data-data yang ada di drive C seperti pada folder Download, Document, Pictures, Video, dan Desktop tidak akan hilang.

Jika semua cara di atas sudah dicoba namun tetap tidak berhasil maka Anda bisa melakukan reset. Langkah-langkahnya sudah pernah kami jelaskan pada postingan sebelumnya, Anda bisa melihatnya di sini: Cara Reset Windows 10.

Demikian beberapa solusi yang bisa kami berikan untuk mengatasi masalah Bluetooth tidak bisa mengirim file di Windows 10. Semoga bisa membantu. Jika masih ada pertanyaan jangan sungkan untuk mengisi kolom komentar di bawah ini.

Leave a Comment