Cara Mencoret-coret File PDF, Menandai, & Memberi Keterangan

PDF adalah singkatan dari Portable Document Format, yang merupakan salah satu format dokumen yang paling banyak digunakan di internet. Berbeda dengan format lain seperti txt atau doc, PDF tidak bisa langsung diubah isinya.

Agar bisa diedit maka PDF harus diubah dulu ke dalam format lain (convert) sehingga prosesnya menjadi dua kali kerja. Beberapa file PDF juga diproteksi sehingga tidak bisa diubah sama sekali. Lalu bagaimana jika ingin mencoret-coret isi PDF secara langsung tanpa convert? Apakah hal ini mungkin dilakukan?

Untuk mencoret, menandai, atau memberikan keterangan pada file PDF bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi PDF annotator. Dengan cara ini kita bisa menambahkan teks, memberi tanda seperti garis, highlight (seperti mewarnai dengan stabilo), memberi tanda panah, maupun mencoret-coret sesuai keinginan. Ini cukup berguna untuk para guru dan dosen yang ingin mengoreksi tugas dalam format PDF.

Sebelum kita coba praktikkan, silakan siapkan dulu beberapa hal yang diperlukan berikut ini:

  • Laptop atau PC yang terhubung ke internet
  • File PDF yang ingin diproses
  • Aplikasi browser, bisa menggunakan Google Chrome atau Mozilla Firefox

Cara mencoret-coret, menandai, dan memberi keterangan pada file PDF

1. Buka aplikasi browser Anda, bisa menggunakan Google Chrome atau Mozilla Firefox.

2. Buka aplikasi PDF annotator di halaman berikut ini: https://www.xodo.com/app/#/

3. Masukkan file PDF yang ingin dicoret-coret. Caranya dengan klik pada tombol Local File atau langsung tarik file ke aplikasi browser.

cara mencoret dan menandai pdf 1

4. Pada tool bar bagian atas Anda akan melihat terdapat beberapa tool yang bisa digunakan, yaitu:

  • Freehand tools: untuk menambahkan coretan bebas
  • Text tools: untuk memberikan efek highlight atau stabilo pada teks di pdf
  • Shape tools: untuk membuat garis, lingkaran, tanda panah
  • Signature: untuk menambahkan tanda tangan atau tulisan tangan
  • Free Text: untuk menambahkan teks
  • Note: untuk memberikan komentar pada lokasi tertentu di pdf
  • Callout: untuk membuat teks di dalam callout
  • Stamp: untuk menambahkan gambar ke pdf

5. Menambahkan teks ke pdf.

Untuk menambahkan teks ke pdf silakan Anda kilk pada tool yang bernama Free text. Setelah itu klik pada area di pdf di mana Anda ingin menambahkan teks. Setelah itu ketik teks yang diinginkan.

cara mencoret dan menandai pdf 2

Anda bisa mengganti warna teks dan ukurannya sesuai keinginan. Caranya dengan mengubah Text color (warna), Text size (ukuran huruf), dan Thickness (ketebalan huruf).

6. Memberi efek stabilo (highlight).

Selanjutnya Anda bisa menandai teks tertentu dengan cara memberikan efek stabilo atau hightlight. Ini bisa digunakan apabila ada bagian dari tulisan yang ingin disorot. Anda bisa memilih warna yang berbeda-beda sesuai keinginan.

Pada tool bar pilih tool yang bernama Text Tools kemudian pilih warna yang diinginkan. Selanjutnya blok teks yang ingin diberi efek stabilo.

cara mencoret dan menandai pdf 3

7. Mencoret-coret halaman pdf.

Selanjutnya adalah mencoret-coret bagian mana saja yang dinginkan dari halaman pdf. Untuk melakukannya pilih tool yang bernama Freehand tools kemudian pilih warna yang diinginkan. Setelah itu gunakan pointer atau kursor untuk membuat tulisan atau coretan sesuai keinginan.

cara mencoret dan menandai pdf 4

8. Membuat garis, kotak, lingkaran, tanda panah.

Selanjutnya Anda bisa membuat garis lurus, kotak, lingkaran, dan tanda panah pada halaman pdf sesuai keinginan. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan Shape Tools.

Klik tombol Shape Tools yang ada pada toolbar kemudian pilih shape yang diinginkan, sebagai contoh kita akan membuat tanda panah, hasilnya akan terlihat seperti pada gambar di bawah ini.

cara mencoret dan menandai pdf 5

9. Memberikan komentar pada bagian tertentu dari halaman pdf.

Fitur komentar bisa digunakan untuk mengomentari bagian tertentu pada sebuah halaman pdf sesuai keinginan. Komentar ini nantinya bisa dilihat oleh pengguna lain melalui aplikasi yang sama. Komentar bisa langsung di balas oleh pengguna lain yang membuka halaman pdf ini.

Caranya klik pada tool yang bernama Note kemudian klik pada era yang ingin diberikan komentar.

cara mencoret dan menandai pdf 6

11. Membuat balon callout dengan tanda panah dan teks

Fitur ini berguna untuk membuat balon callout yang berisi teks dan tanda panah. Ini bisa berguna untuk memberikan komentar secara langsung pada pdf yang bisa dibaca oleh semua orang karena tulisan langsung menempel pada halaman pdf.

Caranya klik pada tanda titik tiga pada bagian paling kanan tool bar kemudian pilih tool yang bernama Callout, setelah itu klik pada bagian di mana Anda ingin menempatkannya.

cara mencoret dan menandai pdf 7

12. Menyisipkan gambar.

Terakhir Anda juga bisa menyisipkan gambar langsung ke halaman pdf. Caranya dengan klik pada tombol titik tiga pada bagian paling kanan tool bar kemudian pilih tool yang bernama Stamp > pilih file gambar yang ingin disisipkan > klik pada area tempat Anda ingin menyisipkan gambar pada halaman pdf.

cara mencoret dan menandai pdf 8

13. Mengeksport pdf yang sudah dicoret-coret

Terakhir apabila Anda sudah selesai mencoret-coret dan menandai halaman pdf sesuai kebutuhan, Anda bisa mengeksport hasilnya. Terdapat beberapa pilihan penyimpanan yang bisa digunakan yaitu menyimpan ke Google Drive atau Dropbox. Caranya dengan klik pada tombol Save kemudian pilih lokasi penyimpanan yang diinginkan.

Leave a Comment