Cara Menambah Kapasitas Drive C di Windows

Pembagian kapasitas hard disk di komputer pada umumnya terbagi atas dua partisi yaitu Drive C sebagai tempat penyimpanan file sistem dan Drive D untuk menyimpan data. Semakin banyak partisi yang dibuat maka label hurufnya juga akan naik misal Dirve E, F, dan seterusnya.

Pada kesempatan kali ini Winpreso akan berikan tutorial bagaimana caranya menambah kapasitas Drive C yang kecil dengan aman tanpa menghilangkan data yang ada di dalamnya juga tanpa install ulang. Tutorial ini bisa Anda ikuti baik untu pengguna Windows 10, 8, 8.1, maupun Windows 7.

Mengapa harus ditambah?

Biasanya partisi pada hard disk dibagi dengan ukuran yang timpang terlalu jauh, Drive C diberikan ruang terlalu kecil sedangkan ruang untuk data terlalu besar. Akibatnya Drive C menjadi cepat penuh dan kita tidak bisa lagi menginstall program atau game baru yang ukurannya lumayan besar.

Memastikan kapasitas Drive C tidak cepat penuh juga bisa mempercepat Windows 10 agar performanya tidak melambat, apalagi jika jenis hard disk yang digunakan bukan SSD. Biasanya Drive C yang sudah mulai penuh akan memberikan dampak yang sangat terasa, komputer jadi lemot dari biasanya.

Baiklah langsung saja saya akan berikan panduan untuk memperbesar kapasitas Drive C di Windows. Silakan Anda ikuti dengan teliti langkah demi langkahnya.

Cara menambah kapasitas Drive C di Windows

1. Download aplikasi Partition Manager

Untuk mengelola partisi hard disk di Windows kita memerlukan bantuan aplikasi partition manager. Aplikasi ini bisa digunakan untuk menambah kapasitas partisi pada hard disk serta membuat partisi yang baru.

Misalnya hard disk pada komputer Anda hanya terdiri dari satu buah partisi dan ingin membaginya menjadi dua, maka bisa menggunakan aplikasi partition manager ini.

Ada beberapa aplikasi bisa Anda gunakan secara gratis, tapi yang akan kita gunakan pada tutorial ini adalah AOMEI Partition Assistant.

Download dulu aplikasinya dari sini:

Tolong beritahu kami lewat kolom komentar jika link download tidak berfungsi.

2. Install dan jalankan aplikasi AOMEI Partition Assistant

Setelah didownload, ekstrak dulu filenya.

Setelah itu install dengan langkah-langkah berikut,

Pertama klik dua kali pada file installer.

Jendela pop up UAC akan muncul, pilih Yes. Selanjutnya pada pilihan bahasa pilih English.

Selanjutnya jendela penawaran untuk upgrade ke versi pro akan muncul, Anda tekan tombol Skip.

memperbesar ukuran drive c 1

Setelah itu klik tombol Install Now dan tunggu hingga proses install selesai.

Setelah selesai hilangkan centang pada opsi Join the UX Improvement Program, lalu klik tombol Enjoy Now.

memperbesar ukuran drive c 2

Aplikasi sudah selesai diinstall dan akan otomatis terbuka.

3. Tentukan ruang yang ingin ditambahkan ke Drive C

Setelah aplikasi terbuka, Anda akan melihat daftar hard disk yang ada di komputer Anda beserta dengan pembagian partisinya.

Perhatikan daftar partisi hard disk yang muncul pada aplikasi, di sana akan terlihat bagaimana posisi pembagian hard disk di komputer Anda. Biasanya akan ada beberapa buah partisi yakni System Reserved, Drive C, Drive D, dan unallocated.

Penjelasannya:

System Reserved > partisi khusus yang dibuat oleh sistem operasi Windows. Partisi ini dibuat secara otomatis dan tidak boleh dihapus karena berisi file konfigurasi yang dibutuhkan untuk booting. Di Windows 10/8.1/8 ukurannya 300-500MB. Di Windows 7 ukurannya 100MB.

Drive C > partisi tempat instalasi Windows dan software lainnya.

Drive D > partisi tempat menyimpan data. Tidak selalu hanya D, bisa saja Anda memiliki lebih dari satu partisi untuk menyimpan data. Nama partisi selalu dengan huruf yang naik sesuai dengan banyaknya partisi, bisa E, F, G, dan seterusnya.

Unallocated > ruang pada hard disk yang belum dibuat partisi. Ruang kosong ini bisa dibuat partisi baru atau ditambahkan ke partisi yang sudah ada.

Perhatikan contoh partisi hard disk di bawah ini:

gambar 1 cara menambah kapasitas drive C di Windows

Seperti yang bisa Anda lihat pada contoh di atas terdapat dua buah partisi yakni Drive C dan Drive D. Untuk menambah kapasitas Drive C maka kita akan ambil ruang dari partisi yang ada di sebelahnya yaitu Drive D.

Pembagian partisi hard disk di komputer Anda mungkin akan terlihat berbeda. Tapi yang jelas ruang pada hard disk yang bisa ditambahkan ke Drive C harus berasal dari partisi atau unallocated space yang ada di sebelahnya.

4. Resize partisi Drive D untuk menciptakan unallocated space

Langkah selanjutnya adalah mengecilkan ukuran Drive D agar tercipta ruang kosong yang bisa ditambahkan ke Drive C.

Caranya klik kanan pada Drive D > pilih Resize Partition.

gambar 2 cara menambah kapasitas drive C di Windows

Kemudian kecilkan ukuran Drive D dengan cara menarik titik yang ada di sebelah kiri ke kanan. Tarik hingga mendapatkan ukuran ruang yang Anda ingin tambahkan ke Drive C.

gambar 3 cara menambah kapasitas drive C di Windows

Lihat pada gambar di atas, yang perlu Anda perhatikan adalah ukuran Unallocated space before. Ini adalah ruang kosong yang akan tercipta setelah kita memperkecil drive D. Ruang kosong inilah yang akan kita tambahkan untuk memperbesar Drive C.

Silakan tarik ke kanan dan ke kiri titik resize hingga mendapat ukuran ruang kosong yang diinginkan. Anda juga bisa mengetik langsung pada kolom yang tersedia atau menekan tombol panah kecil di sebelah kanan kolom hingga mendapat ukuran persis.

Setelah itu klik tombol OK.

5. Klik tombol Apply untuk memulai proses resize

Setelah menekan tombol OK kita akan kembali ke halaman utama aplikasi, di sana akan terlihat ruang Unallocated di sebelah kanan Drive C dengan ukuran sesuai dengan yang Anda buat tadi.

Untuk memulai proses resize klik pada tombol Apply yang ada di pojok kiri ata.

gambar 4 cara menambah kapasitas drive C di Windows

Kemudian centang pada opsi Chek partitions before extecution > lalu klik tombol Proceed > klik Yes.

gambar 5 cara menambah kapasitas drive C di Windows

Proses resize akan dimulai, waktu yang dibutuhkan untuk proses resize ini tergantung dari ukuran hard disk, semakin besar maka semakin lama prosesnya. Tunggu saja hingga selesai.

Setelah selesai, nanti akan terlihat ada ruang kosong baru bernama Unallocated yang sudah bisa ditambahkan untuk memperbesar drive C.

6. Perbesar ukuran Drive C

Langkah selanjutnya adalah menambah ukuran Drive C, caranya klik kanan pada Drive C lalu pilih Resize Partition.

gambar 6 cara menambah kapasitas drive C di Windows

Kemudian tarik titik resize sebelah kanan ke arah kanan hingga mentok ke ujung, dengan ini kita akan menambahkan semua ruang Unallocated ke Drive C.

Pada contoh ini saya akan menambahkan kapasitas sebesar 2GB ke Drive C, sehingga total kapasitas barunya akan menjadi 4GB.

Lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya:

gambar 7 cara menambah kapasitas drive C di Windows

Setelah titik ditarik kanan hingga mentok, klik tombol OK.

Setelah itu klik tombol Apply yang ada di pojok kiri atas aplikasi untuk mengeksekusi proses resize.

gambar 8 cara menambah kapasitas drive C di Windows

Pada jendela yang muncul klik Proceed > klik Yes.

gambar 9 cara menambah kapasitas drive C di Windows

Tunggu hingga proses resize Drive C selesai.

7. Ukuran Drive C sudah berhasil ditambah

Setelah proses resize selesai Anda akan meliaht ukuran Drive C sudah bertambah. Sampai di sini kita sudah berhasil memperbesar kapasitas Drive C dengan aman, tanpa ada data-data yang hilang.

gambar 10 cara menambah kapasitas drive C di Windows

Menambah kapasitas Drive C Windows menggunakan Disk Management (tanpa aplikasi)

Selain menggunakan aplikasi partition manager pihak ketiga seperti pada tutorial pertama tadi, kita sebenarnya bisa menambah kapasitas drive C di Windows tanpa software tambahan.

Kita dapat menggunakan program bawaan di Windows yang bernama Disk Management. Program ini sudah tersedia baik pada Windows 10, 8, 8.1, maupun Windows 7. Jika hanya untuk mengubah ukuran atau membuat partisi baru program ini sebenarnya sudah cukup.

Baiklah langsung saja ikuti langkah-langka di bawah ini.

Cara menambah kapasitas Drive C menggunakan Disk Management:

  1. Buka Control Panel
  2. Pilih Administrative Tools
  3. Klik kanan pada Computer Management
  4. Pilih Run as Administrator
  5. Pilih Disk Management
  6. Klik kanan pada drive C
  7. Klik Extend Volume

Memperbesar Drive C di Windows menggunakan Disk Management ini tidak disarankan karena banyak kekurangannya.

Pertama, agar bisa menambah Drive C maka harus sudah ada ruang Unallocated yang belum dipartisi di depannya, yang mana tidak bisa dibuat dengan Disk Management. Jadi memang mau tidak mau harus menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Kedua, untuk bisa melakukan extend volume maka jenis partisi hard disk harus GPT, jika menggunakan MBR maka tidak bisa juga, jadi harus convert dulu. Pokoknya ribet.

Menambah Drive C dari hard disk lain, apa bisa?

Banyak teman-teman yang bertanya lewat email dan media sosial, apakah bisa menambah kapasitas Drive C yang beda hard disk fisik?

Maksudnya Drive C yang digunakan sebagai tempat install Windows dan program lain berbeda dengan hard disk yang digunakan untuk Drive D.

Jadi dalam satu komputer itu ada dua buah hard disk, satu untuk Drive C dan satu lagi Drive D. Jika begini, apakah bisa hard disk Drive D digunakan untuk menambah kapasitas Drive C?

Jawabannya tidak bisa.

Ruang yang bisa ditambahkan pada drive C harus berasal dari hard disk fisik yang sama. Kalau dari partisi lain bisa, tapi kalau dari hard disk lain tidak bisa.

Pertanyaan-pertanyaan lainnya yang sering ditanyakan

Apakah cara ini bisa digunakan untuk menambah drive D?
Jawab: Bisa. Caranya hampir sama. Panduan selengkapnya bisa lihat di sini: Cara menambah kapasitas drive D

Apakah memperbesar Drive C di Windows harus format hard disk?
Jawab: Tidak. Kita tidak perlu memformat ulang hard disk.

Apakah cara ini akan menghilangkan data-data yang tersimpan pada Drive C dan Drive D?
Jawab: Tidak. Data di kedua partisi tetap aman, tidak akan ada yang hilang selama Anda melakukan langkah-langkah di atas dengan benar.

Apakah perlu melakukan install ulang Windows?
Jawab: Tidak perlu.

Setelah selesai menambah ukuran partisi Drive C apakah aplikasi AOMEI Partition Assistant boleh dihapus?
Jawab: Tidak masalah. Anda bisa uninstall aplikasi AOMEI setelah selesai digunakan. Tidak ada pengaruhnya pada partisi yang sudah diubah.

Program di komputer saya hanya sedikit, tapi mengapa Drive C cepat sekali penuh?
Jawab: Coba baca postingan ini: Cara mengatasi hard disk kosong tapi penuh

Apakah cara ini bisa untuk menambah Drive C pada SSD?
Jawab: Bisa. Anda bisa menambah ukuran atau membuat partisi baru pada SSD menggunakan cara di atas. Langkah-langkahnya sama saja.

Apakah cara ini bisa digunakan untuk semua versi Windows?
Jawab: Bisa. Anda bisa mengubah ukuran partisi Drive C di Windows 7, Windows 8, dan Windows 10 dengan tutorial ini. Silakan ikuti saja langkah-langkah di atas, pasti bisa.

Saat hendak melakukan resize partisi, aplikasi minta restart / reboot komputer?
Jawab: Klik saja OK. Tidak masalah jika diminta restart atau reboot terlebih dahulu.

Sudah membuat unallocated space tapi tidak bisa ditambah ke Drive C?
Jawab: Seharusnya bisa. Jika mengalami masalah seperti ini biasanya karena drive C dan drive D berasal dari hard disk yang terpisah.

Ada pertanyaan lain? Silakan mampir ke kolom komentar ya.

81 thoughts on “Cara Menambah Kapasitas Drive C di Windows”

  1. Ka kemaren saya udah install ulang laptop saya nah sebelum di install partisi C saya 77GB dan yang D nya 97GB tapi pas bagian partisi saya malah membagi partisi C dan D yang udah di format jadinya C 38GB dan D 40GB Nah ka yang mau saya tanyain Gimana cara nambahin kapasitas partisi C saya tanpa mengurangi kapasitas yang ada di D??

    Reply
    • Ini berarti masih ada ruang yang belum dipartisi ya?

      Jadi urutannya seperti ini: C 38GB – D 40GB – Unallocated 97GB

      Bener nggak?

      Kalo bener gitu, partisi D dihapus dulu, terus tambahin ke C

      Nanti yang Unallocated jadiin partisi D.

      Reply
  2. bang saya malah kebalikannya, drive c mau dikecilin terus ditambah ke drive d. apa bisa bang? mohon bantuannya

    Reply
    • Bisa gan, caranya sama saja.
      Pertama kecilin ukuran drive C > tentuin berapa GB yang mau diambil.
      Kalau sudah, selanjutnya resize drive D > masukin semua space dari drive C tadi

      Reply
  3. Gan, kalo saya kok gabisa kedetect ya isi drive C dan D nya tuilsannya spacenya msh kosong… padahal klo dari disk management drive C free space nya 2 GB.. trus tulisannya yg di AOMEI Bitlocker Encrypted.. gitu gimana ya gan?

    Reply
    • BitLocker Encryption-nya dimatiin dulu gan.

      Caranya masuk ke Control Panel > BitLocker Drive Encryption > Turn off BitLocker

      Setelah itu restart komputer. Baru coba lagi tambah kapasitas drive C pake tutorial ini.

      Reply
  4. Sudah membuat unallocated space tapi tidak bisa ditambah ke Drive C?
    Jawab: Seharusnya bisa. Jika mengalami masalah seperti ini biasanya karena drive C dan drive D berasal dari hard disk yang terpisah.

    untuk solusi ini caranya gmana ya bang?
    trims sebelumnya..

    Reply
  5. Min kok gw masih sama y,kyk sebelum nyoba cara ini…. Jdi sebelumny saya nyoba download file yg besarny 5gb-an keatas, eh g bisa gara” drive C ny kepenuhan( sisa 600mb,dab itu download ny lgsng ke drive C) …. Eh trus nyoba cara ini, berhasil tuh ruangny jdi besar.. Tpi pas nyoba download lgi ttp g bisa, malah hmpir sama Stop di downloadan 600mb kayak sebelum”ny….
    Mohon saranny min

    Reply
    • Coba file yang ada di C pindahin dulu ke D atau hardisk eksternal gan.
      Kalau bisa ruang kosongnya jangan pas-pasan dengan kapasitas file yang mau didownload, coba kosongin sekitar 10GB.
      Kalau masih gagal berarti ada masalah lain.

      Reply
    • Min, boleh minta email atau nomernya
      Karena ini ada pemberitahuan yg intinya simpan dokumen penting sebelum klik “yes”
      Habis itu kalau di klik no muncul notif lain “restart now” dan disitu ada kotak centang kalau di centang WinPE kalau nggak dicentang tulisannya PreOS
      Pilih dicentang apa enggak??

      Reply
  6. min kan di tutorialnya yang partisi D itu dikecilin dari kiri… saya coba dari kanan kok gk bisa dialokasikan spacenya ya?

    Reply
  7. saat akan di proses ada opsi “restart into windows pe mode” sama “restart into preos mode”. pilih yg mana min ?

    Reply
  8. Min saya kan mempartisi ruang d sebanyak 200gb dan tiba tiba laptop saya mati dan setelah hidup ilang prosesnya min.. itu cara mengembalikan lg kayak semula gimn min?

    Reply
    • Kalo mengembalikan prosesnya seperti semula sepertinya tidak bisa gan.
      Coba dicek lagi pake aplikasi AOMEI, kalau partisi belum berubah berarti gak masalah,
      itu artinya prosesnya batal sewaktu laptop tiba2 mati.
      Tinggal diulang aja bikin partisi 200GB seperti semula.

      Reply
  9. Ohh min laptop saya kan saya tinggal saat belah partisi itu jadi no bootlable service gitu katanya min…
    Knp tuh????

    Reply
  10. petunjuk cara ini sudah saya ikuti berhasil, tapi dari 200gb yg saya ambil dr drive D untuk dialokasikan ke drive C itu menyisahkan 800mb yg allocated dan tidak bisa digabungkan kembali. dan ahirnya saya jadikan drive baru (drive E) inginnya sih sisa 800mb ini balik ke drive D atau ke C. gmn ya?

    Reply
  11. Jika ingin menambah Storage dengan Harddisk fisik yg berbeda tanpa me restart Windows bisa kah min?

    Reply
    • Tidak bisa gan.
      Kalau mau menggabungkan harddisk fisik yang berbeda maka bisa pake Spanned / Striped volume, ini harus format kedua harddisk jadi data-data akan hilang. Makanya tidak saya rekomendasikan.

      Reply
  12. terima kasih panduannya sangat membantu min. ada yg berbeda nya dikit saat resize drive D yang kosongnya terpisah dulu diluar drive D dan C baru di klik kanan drive C pilihnya merge partition (gabung partition) yang C dan yang kosongnya dicek list lalu OK.

    Reply
  13. Baru nemu ini postingan yg saya cari sudah saya ikuti step per step untuk mengurangi ukiran partisi sudah berhasil tapi kog pas mau nambah ukuran di lokal disc c kog gak bisa ya cuma restart aja ukuran gak bertambah?

    Reply
    • Kalo bener langkah-langkahnya di aplikasi bakal kelihatan ruang kosong bernama Unallocated. Selanjutnya klik kanan pada Drive C > pilih Resize Partition > tarik ke kanan sampai mentok > OK > Apply > Proceed.
      Kalo diminta restart pilih Yes. Kalo ada pilihan WinPE atau PreOS pilih PreOS. Tunggu saja hingga prosesnya selesai dan kembali lagi ke desktop.

      Kalo masih belum bisa coba kirim screenshotnya gan, supaya tahu posisi partisinya seperti apa.

      Reply
  14. Drive C laptop sy cm SSD 128GB, drive D Hardisk 1TB. Kalo drive C ditambah jadi 400GB caranya gimana min? Tks

    Reply
    • Kalo beda seperti itu gak bisa gan.
      Nambah kapasitas partisi cuma bisa kalo hardisk fisiknya satu.

      Reply
  15. saya mau coba extend drive C saya tapi di software nya gk ke detect isi drive C dan D nya. tulisannya di AOMEI Bitlocker Encrypted. sudah saya coba matiin bitlocker nya ternyata tidak posisi on, cuma waiting for activation. solusinya gmn ya?

    Reply
    • Coba Bitlocker Encrypted-nya dimatiin pake Command Prompt.

      Caranya:
      – Buka CMD (Run as administrator)
      – Ketik perintah: manage-bde c: -off
      – Tekan Enter
      – Tunggu sampe proses decrypt selesai

      Reply
  16. pusing.. udah download aplikasinya lewat hp trus kupindahin di laptop (karna spacenya gak cukup buat download pake laptop). mau install tp gak bisa diinstal, space nya gak cukup karena drive c sy emang dah full banget jd buat download/install aplikasi apapun slalu gagal… gimana lah ini, mau uninstall juga uninstall apa karena memang gak ada aplikasi lain, cuma aplikasi antivirus doang yg trakhir kali ku download, nyaris semua yg ada dilaptop ini isinya cm aplikasi bawaan sejak beli baru… mana gak paham soal ginian lg… pusing, stress :'(

    Reply
    • Itu aplikasinya kecil kok, coba hapus/pindahin dulu file yang tersimpan di folder user (Downloads, Videos, Pictures, Documents) supaya ada space untuk install aplikasinya.

      Reply
  17. Kalau di app AOMEInya tdk muncul drive C nya kenapa ya? Hanya ada unallocated space dan drive D saja, dan ketika klik kanan drive D opsi resize partition tidak bisa di klik. Apakah klo spt itu artinya driva C tdk bisa ditambah? Terimakasih

    Reply
    • Coba mbak update disk driver-nya dulu, caranya masuk ke Device Manager > Disk drives > klik kanan pada drive C > pilih Update

      Reply
  18. Siang mas,
    Saya barusan nambahin partisi di C dan sudah mengikuti tutorial dari mas. Ini setelah di restart ada warning “Repairing disk errors. This might take over an hour to complete”
    Apakah tidak masalah?
    Kebetulan saya tidak membackup data2 di D dan C. Ada efek yg muncul jika tidak berhasil?

    Saya pengguna Windows 10

    Reply
    • Coba ditunggu saja gan. Itu kayaknya proses CHKDSK nya jalan secara otomatis. Ditunggu saja sampe selesai.

      Reply
  19. bang ini gaakan ngaruh ke boot pc nya kan bang? soalnya drive c saya ssd drive d saya hardisk. gimana?

    Reply
    • Kalo C SSD dan D hardisk biasa maka C nya gak bisa ditambah pake D bro. Karena jenisnya udah beda.

      Reply
  20. Pas udah di restart tiba tiba masuk ke AOMEI Partition Assistant Operation Progress
    Itu gak papa kan??

    Reply
  21. Mau tanya Mas …
    Disk 2 (D) sudah sy kecilkan sesuai arahan dan sudah ada ruang (unallocated), tp pada waktu mau resize (extend) drive C (Disk 1), posisi nya sdh mentok, ga bisa ditarik ke kanan lagi. Mohon pencerahannya. Krn agak mendesak, sy bisa dapat info lsg ke HP gak, biar bisa sy kirim foto via WA. (No. saya : 08195112300)

    Reply
  22. tanya gan, ane mau gedein drive c nya karena pake ssd, pas awal keburu udah dibikin partisi D. nah ane pakai cara yang tanpa aplikasi, ane klik kanan untuk extend drive C nya ko ga bisa diklik ya ?

    Reply
  23. mau nanya gan, kalo nambah system c terus minta restart pilih yang PE mode apa yang pre os mode ya?

    Reply

Leave a Comment