Cara Menambah Kapasitas Drive C di Windows

Pembagian kapasitas hard disk di komputer pada umumnya terbagi atas dua partisi yaitu Drive C sebagai tempat penyimpanan file sistem dan Drive D untuk menyimpan data. Semakin banyak partisi yang dibuat maka label hurufnya juga akan naik misal Dirve E, F, dan seterusnya.

Pada kesempatan kali ini Winpreso akan berikan tutorial bagaimana caranya menambah kapasitas Drive C yang kecil dengan aman tanpa menghilangkan data yang ada di dalamnya juga tanpa install ulang. Tutorial ini bisa Anda ikuti baik untu pengguna Windows 10, 8, 8.1, maupun Windows 7.

Mengapa harus ditambah?

Biasanya partisi pada hard disk dibagi dengan ukuran yang timpang terlalu jauh, Drive C diberikan ruang terlalu kecil sedangkan ruang untuk data terlalu besar. Akibatnya Drive C menjadi cepat penuh dan kita tidak bisa lagi menginstall program atau game baru yang ukurannya lumayan besar.

Memastikan kapasitas Drive C tidak cepat penuh juga bisa mempercepat Windows 10 agar performanya tidak melambat, apalagi jika jenis hard disk yang digunakan bukan SSD. Biasanya Drive C yang sudah mulai penuh akan memberikan dampak yang sangat terasa, komputer jadi lemot dari biasanya.

Baiklah langsung saja saya akan berikan panduan untuk memperbesar kapasitas Drive C di Windows. Silakan Anda ikuti dengan teliti langkah demi langkahnya.

Cara menambah kapasitas Drive C di Windows

1. Download aplikasi Partition Manager

Untuk mengelola partisi hard disk di Windows kita memerlukan bantuan aplikasi partiton manager. Aplikasi ini bisa digunakan untuk menambah kapasitas partisi pada hard disk serta menambah partisi yang baru.

Misalnya hard disk pada komputer Anda hanya terdiri dari satu buah partisi dan ingin membaginya menjadi dua maka bisa menggunakan aplikasi partition manager ini. Ada banyak sekali aplikasi bisa Anda gunakan secara gratis, tapi yang saya rekomendasikan adalah AOMEI Partition Assistant.

Download

2. Install dan jalankan aplikasi AOMEI Partition Assistant

Setelah didownload langsung install aplikasi tersebut seperti biasa di komputer Anda, lalu buka aplikasi AOMEI Partition Assistant dengan cara klik dua kali pada icon yang muncul di dekstop.

Setelah aplikasi terbuka, Anda akan melihat daftar hard disk yang ada di komputer Anda beserta dengan pembagian partisinya.

3. Tentukan ruang yang ingin ditambahkan ke Drive C

Perhatikan daftar partisi hard disk yang muncul pada aplikasi, di sana akan terlihat bagaimana posisi pembagian hard disk di komputer Anda. Biasanya akan ada beberapa buah partisi yakni System Reserved, Drive C, Drive D, dan unallocated.

Penjelasannya:

System Reserved > partisi khusus yang dibuat oleh sistem operasi Windows. Partisi ini dibuat secara otomatis dan tidak boleh dihapus karena berisi file konfigurasi yang dibutuhkan untuk booting. Di Windows 10 ukurannya 500MB, di Windows 8 dan 8.1 ukurannya 350MB, di Windows 7 ukurannya 100MB

Drive C > partisi tempat instalasi Windows dan software lainnya.

Drive D > partisi tempat menyimpan data. Tidak selalu hanya D, bisa saja Anda memiliki lebih dari satu partisi untuk menyimpan data. Nama partisi selalu dengan huruf yang naik sesuai dengan banyaknya partisi, bisa E, F, G, dan seterusnya.

Unallocated > ruang pada hard disk yang belum dibuat partisi. Ruang kosong ini bisa dibuat partisi baru atau ditambahkan ke partisi yang sudah ada.

Perhatikan contoh partisi hard disk di bawah ini:

gambar 1 cara menambah kapasitas drive C di Windows

Seperti yang bisa Anda lihat pada contoh di atas terdapat dua buah partisi yakni Drive C dan Drive D. Untuk menambah kapasitas Drive C maka kita akan ambil ruang dari partisi yang ada di sebelahnya yaitu Drive D.

Pembagian partisi hard disk di komputer Anda mungkin akan terlihat berbeda. Tapi yang jelas ruang pada hard disk yang bisa ditambahkan ke Drive C harus berasal dari partisi atau unallocated space yang ada di sebelahnya.

4. Resize partisi Drive D untuk menciptakan unallocated space

Langkah selanjutnya adalah mengecilkan ukuran Drive D agar tercipta ruang kosong yang bisa ditambahkan ke Drive C.

Caranya klik kanan pada Drive D > pilih Resize Partition.

gambar 2 cara menambah kapasitas drive C di Windows

Kemudian kecilkan ukuran Drive D dengan cara menarik titik yang ada di sebelah kiri ke kanan. Tarik hingga mendapatkan ukuran ruang yang Anda ingin tambahkan ke Drive C.

gambar 3 cara menambah kapasitas drive C di Windows

Lihat pada gambar di atas, yang perlu Anda perhatikan adalah ukuran Unallocated space before. Ini adalah ruang kosong yang akan tercipta setelah kita memperkecil drive D. Ruang kosong inilah yang akan kita tambahkan untuk memperbesar Drive C.

Silakan tarik ke kanan dan ke kiri titik resize hingga mendapat ukuran ruang kosong yang diinginkan. Anda juga bisa mengetik langsung pada kolom yang tersedia atau menekan tombol panah kecil di sebelah kanan kolom hingga mendapat ukuran persis.

Setelah itu klik tombol OK.

5. Klik tombol Apply untuk memulai proses resize

Setelah menekan tombol OK kita akan kembali ke halaman utama aplikasi, di sana akan terlihat ruang Unallocated di sebelah kanan Drive C dengan ukuran sesuai dengan yang Anda buat tadi.

Untuk memulai proses resize klik pada tombol Apply yang ada di pojok kiri ata.

gambar 4 cara menambah kapasitas drive C di Windows

Kemudian centang pada opsi Chek partitions before extecution > lalu klik tombol Proceed > klik Yes.

gambar 5 cara menambah kapasitas drive C di Windows

Proses resize akan dimulai, waktu yang dibutuhkan untuk proses resize ini tergantung dari ukuran hard disk, semakin besar maka semakin lama prosesnya. Tunggu saja hingga selesai.

Setelah selesai, nanti akan terlihat ada ruang kosong baru bernama Unallocated yang sudah bisa ditambahkan untuk memperbesar drive C.

6. Perbesar ukuran Drive C

Langkah selanjutnya adalah menambah ukuran Drive C, caranya klik kanan pada Drive C lalu pilih Resize Partition.

gambar 6 cara menambah kapasitas drive C di Windows

Kemudian tarik titik resize sebelah kanan ke arah kanan hingga mentok ke ujung, dengan ini kita akan menambahkan semua ruang Unallocated ke Drive C. Pada contoh ini saya akan menambahkan kapasitas sebesar 2GB ke Drive C, sehingga total kapasitas barunya akan menjadi 4GB.

Lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya.

gambar 7 cara menambah kapasitas drive C di Windows

Setelah titik ditarik kanan hingga mentok, klik tombol OK.

Setelah itu klik tombol Apply yang ada di pojok kiri atas aplikasi untuk mengeksekusi proses resize.

gambar 8 cara menambah kapasitas drive C di Windows

Pada jendela yang muncul klik Proceed > klik Yes.

gambar 9 cara menambah kapasitas drive C di Windows

Tunggu hingga proses resize Drive C selesai.

7. Ukuran Drive C sudah berhasil ditambah

Setelah proses resize selesai Anda akan meliaht ukuran Drive C sudah bertambah. Sampai di sini kita sudah berhasil memperbesar kapasitas Drive C dengan aman, tanpa ada data-data yang hilang.

gambar 10 cara menambah kapasitas drive C di Windows

Menambah kapasitas Drive C Windows menggunakan Disk Management (tanpa aplikasi)

Selain menggunakan aplikasi partition manager pihak ketiga seperti pada tutorial pertama tadi, kita sebenarnya bisa menambah kapasitas drive C di Windows tanpa software tambahan.

Kita dapat menggunakan program bawaan di Windows yang bernama Disk Management. Program ini sudah tersedia baik pada Windows 10, 8, 8.1, maupun Windows 7. Jika hanya untuk mengubah ukuran atau membuat partisi baru program ini sebenarnya sudah cukup.

Baiklah langsung saja ikuti langkah-langka di bawah ini.

Cara menambah kapasitas Drive C menggunakan Disk Management:

  1. Buka Control Panel
  2. Pilih Administrative Tools
  3. Klik kanan pada Computer Management
  4. Pilih Run as Administrator
  5. Pilih Disk Management
  6. Klik kanan pada drive C
  7. Klik Extend Volume

Memperbesar Drive C di Windows menggunakan Disk Management ini tidak disarankan karena banyak kekurangannya.

Pertama, agar bisa menambah Drive C maka harus sudah ada ruang Unallocated yang belum dipartisi di depannya, yang mana tidak bisa dibuat dengan Disk Management. Jadi memang mau tidak mau harus menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Kedua, untuk bisa melakukan extend volume maka jenis partisi hard disk harus GPT, jika menggunakan MBR maka tidak bisa juga, jadi harud convert dulu. Pokoknya ribet.

Menambah Drive C dari hard disk lain, apa bisa?

Banyak teman-teman yang bertanya lewat email dan media sosial, apakah bisa menambah kapasitas Drive C yang beda hard disk fisik?

Maksudnya Drive C yang digunakan sebagai tempat install Windows dan program lain berbeda dengan hard disk yang digunakan untuk Drive D.

Jadi dalam satu komputer itu ada dua buah hard disk, satu untuk Drive C dan satu lagi Drive D. Apakah bisa hard disk Drive D digunakan untuk menambah kapasitas Drive C?

Jawabannya tidak bisa.

Ruang yang bisa ditambahkan pada drive C harus berasal dari hard disk fisik yang sama. Kalau dari partisi lain bisa, tapi kalau dari hard disk lain tidak bisa.

Pertanyaan-pertanyaan lainnya yang sering ditanyakan

Apakah memperbesar Drive C di Windows harus format hard disk?
Jawab: Tidak. Kita tidak perlu memformat ulang hard disk.

Apakah cara ini akan menghilangkan data-data yang tersimpan pada Drive C dan Drive D?
Jawab: Tidak. Data di kedua partisi tetap aman, tidak akan ada yang hilang selama Anda melakukan langkah-langkah di atas dengan benar.

Apakah perlu melakukan install ulang Windows?
Jawab: Tidak perlu.

Setelah selesai menambah ukuran partisi Drive C apakah aplikasi AOMEI Partition Assistant boleh dihapus?
Jawab: Tidak masalah. Anda bisa uninstall aplikasi AOMEI setelah selesai digunakan. Tidak ada pengaruhnya pada partisi yang sudah diubah.

Program di komputer saya hanya sedikit, tapi mengapa Drive C cepat sekali penuh?
Jawab: Coba baca postingan ini: Cara mengatasi hard disk kosong tapi penuh

Apakah cara ini bisa untuk menambah Drive C pada SSD?
Jawab: Bisa. Anda bisa menambah ukuran atau membuat partisi baru pada SSD menggunakan cara di atas. Langkah-langkahnya sama saja.

Apakah cara ini bisa digunakan untuk semua versi Windows?
Jawab: Bisa. Anda bisa mengubah ukuran partisi Drive C di Windows 7, Windows 8, dan Windows 10 dengan tutorial ini. Silakan ikuti saja langkah-langkah di atas, pasti bisa.

Saat hendak melakukan resize partisi, aplikasi minta restart / reboot komputer?
Jawab: Klik saja OK. Tidak masalah jika diminta restart atau reboot terlebih dahulu.

Sudah membuat unallocated space tapi tidak bisa ditambah ke Drive C?
Jawab: Seharusnya bisa. Jika mengalami masalah seperti ini coba hubungi saya lewat email winpreso@outlook.com, akan saya bantu 🙂

Ada pertanyaan lain? Silakan mampir ke kolom komentar ya.

Leave a Comment