Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Laptop Windows 10

Kekuatan sinyal WiFi yang lemah adalah satu masalah yang dialami banyak orang. Dengan kondisi sinyal WiFi yang lemah, Anda dapat mengalami masalah seperti kecepatan internet yang lambat dan koneksi yang sering terputus. Hal ini tentu menjadi hal yang sangat tidak nyaman terutama jika Anda menggunakan laptop untuk beberapa pekerjaan penting, mendownload file besar, atau ketika sedang berselancar di internet.

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kekuatan sinyal Wi-Fi menjadi lemah. Pada kesempatan kali ini, kami akan berikan beberapa solusi yang dapat membantu Anda meningkatkan kekuatan sinyal WiFi di laptop Windows 10 Anda untuk kinerja yang lebih maksimal. Perlu diketahui, sinyal WiFi yang lemah bisa karena adanya masalah dengan laptop Anda, atau dengan router WiFi itu sendiri, juga beberapa faktor lainnya.

Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Laptop Windows 10

1. Dekatkan laptop Anda ke Router Wi-Fi

Meskipun ini mungkin terdengar cukup mendasar, cara terbaik untuk meningkatkan kekuatan sinyal WiFi pada laptop adalah dengan memindahkan laptop mendekati sumber sinyal WiFi; yang mana adalah perangkat modem atau router WiFi Anda. Saat Anda bergerak lebih jauh dari router, sinyal WiFi menjadi lebih lemah. Jadi untuk memperkuat sinyal Anda bisa memindahkan laptop sedekat mungkin dengan router dan pastikan penerimaan WiFi di laptop Anda berjalan dengan lancar.

Hal ini menjadi cukup penting jika Anda menggunakan router 5G. Sinyal 5G cenderung semakin lemah dengan meningkatnya jarak. Biasanya, router 5G beroperasi pada sinyal 5GHz dan 2,4 Ghz. Atau, Anda dapat terhubung ke sinyal 2,4 GHz di laptop Windows 10 Anda. Ini akan memberi Anda mobilitas untuk mengoperasikan laptop Anda dari jarak yang relatif lebih jauh daripada pada sinyal WiFi 5G.

2. Perbarui Driver WiFi

Adaptor jaringan (Network adapter) yang ada pada laptop Anda memerlukan perangkat lunak yang disebut dengan driver agar bisa dijalankan. Jika driver Network adapter sudah usang (outdate) bisa menyebabkan berbagai masalah seperti penerimaan sinyal yang tidak baik, meskipun perangkat kerasnya sendiri berkualitas bagus.

Pastikan bahwa driver WiFi pada laptop Anda up to date untuk mendapatkan sinyal WiFi secara optimal. Untuk melakukan update driver WiFi bisa dilakukan dengan mudah melalui program Device Manager.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka program Device Manager dengan cara menekan tombol Windows+R untuk memunculkan jendela RUN, kemudian ketik: devmgmt.msc

2. Program Device Manager akan terbuka kemudian klik expand pada perangkat Network adapters

3. Temukan adaptor WiFi Anda kemudian klik kanan

4. Pilih menu Update driver

5. Pilih Search automatically for driver

1 memperkuat sinyal wifi laptop windows 10

Windows akan memulai pencarian untuk versi baru dari driver perangkat WiFi di internet. Perlu diperhatikan, proses update ini hanya akan bekerja ketika laptop Anda terhubung ke internet. Jika versi yang lebih baru tersedia, ikuti petunjuk yang muncul di layar untuk memperbarui driver.

Setelah pembaruan berhasil, jangan lupa untuk merestart laptop anda. Setelah restart, periksa apakah sinyal WiFi pada laptop Anda menjadi lebih baik. Jika masih belum berhasil, solusi selanjutnya yang mungkin perlu dilakukan adalah menginstal ulang driver.

3. Install ulang Driver WiFi

Penyebab masalah sinyal WiFi yang lemah bisa juga karena driver WiFi mengalami kerusakan atau ada file di dalamnya yang korup, apabila sudah mencoba melakukan update namun belum berhasil maka langkah selanjutnya adalah menginstall ulang driver untuk memastikan Anda mendapatkan file driver yang terbaru dan bersih dari korup.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka program Device Manager dengan cara menekan tombol Windows+R untuk memunculkan jendela RUN, kemudian ketik: devmgmt.msc

2. Program Device Manager akan terbuka kemudian klik expand pada perangkat Network adapters

3. Temukan adaptor WiFi Anda kemudian klik kanan

4. Pilih menu Uninstall device

5. Tutup jendela Device Manager kemudian restart laptop Anda

2 memperkuat sinyal wifi laptop windows 10

Setelah laptop restart dan menyala kembali maka Windows akan menginstall ulang driver secara otomatis. Setelah itu coba lagi gunakan WiFi dan lihat apakah sinyal yang diterima oleh laptop sudah menjadi lebih bagus.

4. Ganti adaptor jaringan WiFi atau gunakan adaptor USB eksternal

3 memperkuat sinyal wifi laptop windows 10

Perangkat keras adaptor WiFi yang rusak juga dapat menyebabkan sinyal WiFi menjadi lemah di laptop Anda. Masalah ini biasanya terjadi pada laptop lama namun tidak menutup kemungkinan juga terjadi pada laptop baru.

Setiap laptop memiliki perangkat penerima WiFi on-board yang akan terpasang pada setiap unit, untuk menggatinya adalah hal yang cukup sulit apabila Anda awam dalam hal bongkar-pasang laptop. Untuk cara yang lebih sederhana dan mudah Anda dapat menggunakan adaptor WiFi USB eksternal. Adaptor WiFi USB sudah siap pakai, dan anda bisa mendapatkannya dari toko komputer terdekat atau marketplace online dengan sangat cepat.

Apabila sudah memiliki adaptor USB WiFi eksternal maka Anda tinggal colokkan adaptor ke laptop dan Anda sudah siap mengakses WiFi dengan sinyal yang leibh kuat dan lancar.

5. Batasi perangkat yang terhubung ke jaringan WiFi

Alasan lain di balik sinyal WiFi yang lemah di laptop Anda adalah perangkat yang terhubung ke jaringan WiFi terlalu banyak. Oleh karena itu pastikan perangkat yang terhubung ke jaringan WiFi Anda tidak terlalu banyak.

Tidak semua router dan koneksi WiFi dapat menangani banyak perangkat yang terhubung ke jaringan. Anda dapat mencoba memutuskan beberapa perangkat seluler atau perangkat yang jarang menggunakan internet. Setelah melepaskan perangkat, periksa lagi apakah ini bisa membantu meningkatkan sinyal WiFi di laptop Anda.

6. Update firmware router

Sama seperti adaptor WiFi yang membutuhkan driver agar bisa berjalan di laptop Anda, router juga memerlukan perangkat lunak (firmware) untuk bekerja. Perangkat lunak ini diinstal pada router. Jika firmware router sudah usang, itu dapat menyebabkan jaringan WiFi melambat dan sinyal menjadi lebih lemah.

Pasti Anda akan bertanya, bagaimana cara memperbarui perangkat lunak router? Hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah mengunjungi situs web produsen router Anda, tergantung dari merek yang digunakan. Anda dapat menemukan firmware terbaru di situs web sesuai dengan nomor model router Anda jika tersedia. Anda juga akan menemukan instruksi manual instalasi di halaman tersebut.

Anda juga dapat menghubungi penyedia layanan Internet yang digunakan dan meminta bantuan mengenai hal yang sama. Setelah pembaruan perangkat lunak router, kemungkinan besar akan bisa memperkuat sinyal WiFi di laptop Anda.

7. Ganti Router

4 memperkuat sinyal wifi laptop windows 10

Router WiFi murah yang tidak berkualitas akan memberikan kinerja yang tidak memuaskan, terutama dengan internet berkecepatan tinggi. Jika sudah lama menggunakan router yang sama, mungkin sudah saatnya untuk menggantinya dengan yang baru. Ini tidak hanya akan memberikan peningkatan kecepatan internet tetapi juga peningkatan jangkauan wifi, dengan kata lain akan memperkuat sinyal WiFi di laptop.

Cari router WiFi yang sesuai dengan kebutuhan penggunaan internet anda. Anda juga dapat mencari router yang memiliki kemampuan 5G. Router 5G bekerja lebih baik dengan koneksi internet berkecepatan tinggi. Anda dapat membeli router yang lebih baik untuk kecepatan internet yang baik dan peningkatan jangkauan wifi, kemudian mengaturnya sendiri. Dengan bantuan Google, melakukan instalasi router adalah proses yang sederhana jika Anda cukup mahir teknologi.

Jika Anda merasa tidak yakin dengan apa yang harus dilakukan, Anda dapat menghubungi penyedia layanan Internet Anda dan meminta teknisi mereka untuk upgrade router WiFi.

8. Periksa apakah ada penghalang sinyal dari router ke laptop

Sinyal WiFi beroperasi pada frekuensi radio, dan seperti yang Anda ketahui, sinyal ini dapat terhalang oleh objek dan gangguan yang dibuat oleh perangkat lain.

Sangat penting untuk memeriksa apakah sinyal WiFi yang dipancarkan dari router terhalang oleh objek besar. Jika ada peralatan elektronik di sekitar router laptop Windows 10 Anda, itu juga dapat mengganggu sinyal WiFi. Selain itu, jika ada dinding antara router dan laptop Anda berada, sinyal WiFi akan menjadi lemah karena alasan ini.

Setelah Anda mengetahui jika peneybab sinyal lemah adalah karena adanya penghalang sinyal, maka solusi yang cukup mudah dilakukan adalah menghilangkan penghalang tersebut, memindahkan posisi router, atau mendekatkan laptop ke router. Akan lebih baik lagi jika antara router dan laptop tidak ada penghalang sama sekali dan jaraknya dekat.

Itulah beberapa tips yang bisa kami berikan untuk memperkuat sinyal WiFi di laptop, semoga bermanfaat.

Leave a Comment