Cara Memilih Laptop yang Bagus untuk Pelajar

Ketika membeli laptop, terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Kebanyakan pelajar tidak memerlukan komputer yang canggih, namun mereka tetap harus melihat RAM, hard drive, dan layar sebelum membeli laptop. Laptop juga harus memiliki fitur yang akan digunakan oleh pelajar seperti koneksi internet baik yang wireless atau pun kabel.

Laptop dengan RAM 8GB atau lebih cukup untuk keperluan sehari-hari. RAM yang lebih besar akan membuat Anda bisa menjalankan lebih banyak program. Hard drive berukuran 250GB akan cukup untuk menyimpan dokumen dan foto-foto di laptop. Jika ingin menyimpan banyak file multimedia, Anda perlu hard drive lebih besar seperti 500GB atau 1TB

Nah, bagi Anda yang memiliki anak pelajar atau yang sedang mencari laptop untuk kebutuhan sekolah, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam membeli laptop untuk kebutuhan sekolah.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, sistem pembelajaran pun semakin canggih, banyak sekali model laptop terbaru dan menarik yang dirilis setiap tahunnya. Namun hal tersebut justru membuat Anda semakin bingung dan susah untuk memutuskan Laptop apa yang harus Anda beli.

Karena itulah, melalui artikel ini, kami akan memberikan tips dan referensi Laptop terbaik yang bisa Anda jadikan pertimbangan ketika akan membeli Laptop baru untuk pelajar.

Kriteria laptop yang bagus untuk pelajar

Memilih laptop yang cocok untuk pelajar harus dilakukan secara cermat. Setidaknya lakukanlah riset terlebih dahulu sebelum Anda memutuskan produk mana yang ingin dibeli. Dari segi spesifikasi Anda juga harus sudah memiliki patokan bagaimana spesifikasi minimal yang harus dimiliki laptop yang kira-kira sesuai untuk kebutuhan anak.

Berikut ini adalah kriteria dan spesifikasi minimal laptop yang bagus untuk pelajar:

  1. Prosesor: Intel Core i3-5005U 2 GHz atau AMD A6-9220 2 GHz (prosesor dual core)
  2. RAM: 8GB atau lebih
  3. Hard Disk: 500GB atau lebih
  4. VGA: Intel HD Graphics 5500 atau AMD Radeon R5 M330 2 GB VRAM atau lebih
  5. Ukuran Layar: 14 inci dan 15,6 inci
  6. Sistem Operasi: Windows 10 64 bit (lebih disarankan) atau Windows 11 64 bit

1. Prosesor: Intel Core i3-5005U 2 GHz atau AMD A6-9220 2 GHz (prosesor dual core)

cara memilih laptop yang bagus untuk pelajar 5

Laptop yang bagus untuk pelajar harus memiliki prosesor yang mumpuni, terutama untuk menjalankan aplikasi-aplikasi yang paling sering digunakan saat belajar. Disarankan untuk memlih laptop dengan prosesor minimal Intel Core i3-5005U 2 GHz atau AMD A6-9220 2 GHz, lebih tinggi dari ini lebih bagus. Sangat penting untuk memiliki prosesor laptop yang bagus untuk memutar video, menjelajahi internet, pengolah kata, video conference (sekolah daring), dan banyak lagi.

Processor (CPU) adalah sebuah perangkat keras atau hardware yang dapat melakukan berbagai macam tugas, seperti mengolah data, menghitung, dan memproses instruksi. Prosesor juga dikenal dengan istilah Central Processing Unit (CPU). Pada saat ini, AMD dan Intel adalah merupakan dua vendor processor terbesar.

Prosesor memiliki tingkat kecepatan yang dinyatakan dalam Mhz atau Gigahertz (GHz). Angka 1 GHz artinya prosesor mampu melakukan 1 miliar kali operasi aritmatika per detik. Misalnya, prosesor Core i3 berkecepatan 3,3 GHz mampu melakukan 3,3 miliar operasi per detik. Semakin tinggi angkanya, semakin cepat prosesor tersebut melakukan kalkulasi.

Prosesor laptop memiliki fungsi penting dalam sebuah kinerja laptop. Saat ini, banyak terdapat berbagai jenis prosesor yang ditawarkan oleh vendor-vendor teknologi terkemuka dunia. Namun, untuk memilih prosesor laptop untuk sekolah yang tepat, Anda harus memperhatikan spesifikasi yang ditawarkan, seperti clock speed, kapasitas cache, serta fitur-fitur lainnya.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, setiap prosesor memiliki spesifikasi masing-masing. Salah satu contohnya adalah clock speed atau kecepatan prosesor dalam GHz. Semakin tinggi clock speed laptop Anda maka semakin cepat pula kinerja dari laptop Anda.

2. RAM: 8GB atau lebih

cara memilih laptop yang bagus untuk pelajar 6

Ram laptop untuk pelajar minimal 8GB atau lebih. Dengan RAM 8GB, pelajar dapat menjalankan banyak software atau program seperti Office atau software lainnya, dapat membuka banyak program dengan cepat.

Jika kita membeli laptop untuk pelajar, dalam hal ini anak sekolah. Jangan terlalu memperhatikan harga yang ditawarkan saja. Sebaiknya juga memperhatikan spek atau spesifikasi laptop tersebut. Karena jika spesifikasi laptop kurang bagus, tentu akan mempengaruhi kinerja laptop itu sendiri.

Tentunya jika kita sudah mengetahui apa saja kebutuhan anak kita dalam melakukan pekerjaan atau tugas sekolahnya, tentunya akan lebih mudah menentukan pilihan laptop yang akan dibeli.

RAM merupakan salah satu aspek terpenting yang harus diperhatikan saat akan membeli laptop untuk anak pelajar. Minimal sediakan 8GB RAM atau lebih. Dengan jumlah RAM yang cukup besar, maka anak pelajar akan mudah melakukan multitasking dan dapat menggunakan sejumlah software secara bersama-sama tanpa khawatir laptop mengalami masalah.

3. Hard Disk: 500GB atau lebih

cara memilih laptop yang bagus untuk pelajar 1

Pilih hard disk laptop untuk pelajar dengan kapasitas minimal 500GB. Hal ini penting untuk diketahui agar Anda tidak menyesal nantinya. Apalagi jika Anda membeli laptop hanya berdasarkan pada harga yang murah namun memiliki kapasitas hard disk yang kecil.

Hard disk merupakan media penyimpanan data dalam sebuah perangkat komputer, bisa berupa hdd drive atau ssd. Kapasitas hard disk di sebuah laptop tergantung dengan kebutuhan dan budget Anda. Hardisk laptop biasanya dibagi menjadi beberapa jenis mulai dari SSD, HDD, SSHD, dan Hybrid Drive.

500GB adalah kapasitas hardisk minimum yang harus dimiiki laptop yang bagus untuk pelajar. Dengan kapasitas sebesar ini kita bisa dengan leluasa gunakan untuk menyimpan file-file kita seperti file tugas sekolah, video, foto, dan juga dokumen penting.

4. VGA: Intel HD Graphics 5500 atau AMD Radeon R5 M330 2 GB VRAM atau lebih

cara memilih laptop yang bagus untuk pelajar 2

VGA atau Video Graphics Array adalah chip yang berfungsi untuk mengolah data gambar menjadi tampilan gambar di layar. Dulu VGA hanya dapat menampilkan 24-bit warna (16 juta warna). Saat ini banyak terdapat VGA yang bisa menampilkan 32-bit warna (4 miliar warna).

GPU atau Graphic Processing Unit adalah chip grafis keluaran NVIDIA dan AMD yang lebih baik dari VGA. GPU memiliki banyak core rendering sehingga akan lebih cepat untuk mengolah data gambar. Sehingga tampilan grafis dari GPU akan lebih baik daripada VGA.

Sangat dianjurkan untuk mencari laptop dengan VGA minimal Intel HD Graphics 5500 atau AMD Radeon R5 M330 2 GB VRAM atau yang lebih tinggi seperti seri NVidia GeForce untuk para pelajar karena akan lebih mendukung saat digunakan untuk menjalankan berbagai program, terutama yang membutuhkan spesifikasi grafis yang mumpuni.

5. Ukuran Layar: 14 inci dan 15,6 inci

cara memilih laptop yang bagus untuk pelajar 4

Rata-rata, laptop yang dipakai oleh siswa sekolah menengah dan universitas memiliki layar berkisar 13 hingga 15 inci. Beberapa model baru dilengkapi dengan layar yang lebih besar dan lebih kaya fitur.

Yang perlu diketahui adalah seberapa besar kebutuhan Anda terhadap ukuran layar. Tampilan grafis dan video berbasis multimedia akan tampak jelas di layar yang lebar, namun tidak begitu jika ukurannya kecil. Jika Anda sering bermain game, maka laptop dengan layar 17 inci akan sangat membantu. Selain itu, jika Anda sering mengerjakan tugas atau membaca buku digital dengan 2 atau 3 jendela yang dibuka secara bersamaan, maka pilihan laptop dengan ukuran layar 15 inci sangat tepat untuk Anda.

Jika anda adalah seorang pelajar dan memerlukan layar laptop yang baik buat belajar maka anda perlu tahu bahwa layar laptop dengan ukuran sebesar 14-15,6 inci adalah pilihan terbaik. Kecuali jika anda ingin membawa laptop kemanapun, maka layar 11 inci akan lebih cocok karena lebih ringkas dan mudah dibawa.

Layar laptop 15,6 inci juga mudah dibaca dan nyaman dilihat. Selain itu anda tidak akan mengalami masalah kesehatan mata saat menggunakannya. Jika ingin mendapatkan pengalaman yang sangat nyaman, carilah layar laptop dengan resolusi HD Ready atau Full HD 1080p (1920 x 1080 pixel).

6. Sistem Operasi: Windows 10 64 bit (lebih disarankan) atau Windows 11 64 bit

cara memilih laptop yang bagus untuk pelajar 3

Windows 10 adalah sistem operasi yang tepat untuk para pelajar. Sistem operasi ini memungkinkan Anda untuk mengelola tugas Anda dengan lebih cepat, dan melakukan banyak hal secara bersamaan.

Mulai dari kemudahan penggunaan, tampilan, dan fitur-fitur yang disertakan pada Windows 10 ini sangat lengkap. Adalah hal yang sangat wajar jika Microsoft menyertakan fitur tersebut karena berbagai macam fungsi pada Windows 10 ini ditujukan untuk kalangan pelajar dan para profesional.

Jadi, bukan hanya sekedar memenuhi kebutuhan akan sistem operasi saja tetapi ia juga ditujukan untuk menunjang pekerjaan atau profesi Anda.

Leave a Comment