5+ Cara Membuka Services Manager di Windows 10 dan 11

Service Manager adalah aplikasi yang berguna untuk mengontrol proses-proses yang berjalan di dalam komputer. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat mengaktifkan ataupun menonaktifkan suatu fitur dan service dengan mudah. Service Manager biasanya digunakan oleh para pengembang perangkat lunak untuk membantu mereka melacak bug dan juga mencari tahu masalah yang ada pada program atau software.

Service Manager di Windows 10 dan Windows 11 adalah bagian dari sistem operasi Windows yang berfungsi untuk mengatur semua jenis service atau program yang berjalan baik secara otomatis maupun manual. Service Manager juga dapat digunakan untuk mematikan service yang tidak penting atau yang tidak perlu berjalan.

Hal ini dapat sangat berguna dalam mempercepat proses booting sistem, mengoptimalkan kinerja komputer, dan menghemat daya baterai laptop. Selain itu fitur ini juga bisa digunakan untuk memperbaiki layanan Windows yang error sehingga Windows bisa kembali normal tanpa harus melakukan Troubleshooting.

Cara Membuka Service Manager di Windows 10/11

  1. Tekan tombol Windows+R untuk memunculkan fitur RUN
  2. Pada kolom RUN ketik: services.msc
  3. Klik tombol OK atau tekan Enter
  4. Program Service Manager akan segera terbuka
cara membuka services manager 2

Cara ke-2: menggunakan Start Menu

Cara selanjutnya untuk membuka program Services di Windows 10 dan 11 adalah dengan menggunakan Start Menu. Caranya sangat mudah, pertama klik pada tombol Start > tarik ke bawah hingga menemukan folder Windows Administrative Tools > klik program yang bernama Services.

cara membuka services manager 1

Cara ke-3: menggunakan Search Bar

Cara membuka Services yang selanjutnya adalah melalui kolom Search Bar. Fitut ini cukup berguna untuk melakukan pencarian cepat program yang ada di Windows beserta file maupun folder yang ingin dibuka.

Cara membuka Services dari Search Bar bisa dilakukan dengan cara klik pada kolom Search Bar (yang ada di sebelah tombol Start/Windows) > ketik: services > pilih dan klik program Services yang muncul.

cara membuka services manager 3

Cara ke-4: menggunakan Task Manager

Task Manager adalah sebuah program pengelola tugas yang ada di sistem operasi Windows. Anda juga bisa membuka program Services dengan memanfaatkan Task Manager.

Caranya cukup mudah, pertama silakan buka Task Manager dengan cara klik kanan pada Task Bar lalu pilih program Task Manager > kemudian klik menu File > Run a new task > ketik: services.msc > klik OK.

cara membuka services manager 4

Cara ke-5: melalui Control Panel

Cara selanjutnya untuk membuka program Windows Services Manger di Windows 10 dan Windows 11 adalah melalui Control Panel. Fitur ini tetap ada di versi Windows terbaru, meskipun sebagian fungsinya sudah digantikan oleh Windows Settings.

Untuk membuka Services, pertama silakan Anda buka duku program Control Panel > pada opsi View by pilih Small icons > pilih menu Administrative Tools > klik dua kali program Services.

cara membuka services manager 5

Cara ke-6: menggunakan fitur Computer Management

Cara yang terakhir adalah menggunakan fitur Computer Management. Pertama silakan buka program File Explorer > pada direktori klik kanan pada icon This PC > pilih Manage > program Computer Management akan terbuka > klik pada Services and Applications > pilih Services.

cara membuka services manager 6

Itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk membuka Services di Windows 10 dan Windows 11 dengan cepat. Semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat.

Leave a Comment