5 Cara Membuka RUN di Windows 10 dan 11

Run merupakan fitur perintah untuk menjalankan berbagai program serta membuka file dan folder dengan cepat. Dengan menggunakan Run kita bisa membuka sebuah program hanya dengan mengetik peintah pada box yang tesedia.

Tool ini masih tetap tersedia pada versi Windows 10 dan Windows 11. Untuk membuka dialog box Run ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan, seperti yang akan kita ulas di bawah ini.

1. Menggunakan keyboard shortcut

Cara pertama untuk membuka command RUN adalah dengan menggunakan shortcut keyboard. Anda hanya perlu menekan kombinasi tombol Windows+R pada keyboard untuk memunculkan jendela RUN.

cara membuka run 1

2. Menggunakan Search Bar

Search Bar merupakan kolom search yang ada pada Task Bar di sebelah tombol Start menu. Anda juga bisa mengakses fungsi RUN dari sini. Caranya dengan mengetik: run pada search bar kemudian akan muncul menu RUN yang bisa Anda klik untuk menjalankannya.

cara membuka run 2

3. Menggunakan Quick Access Menu

Quick Access Menu merupakan context menu yang akan muncul ketik Anda klik kanan pada tombol Start. Jendela RUN juga bisa diakses dengan cepat melalui menu ini. Caranya sangat mudah, silakan klik kanan pada tombol Start atau bisa juga dengan menekan tombol Windows+X kemudian pilih RUN.

cara membuka run 3

4. Melalui Start Menu

Cara membuka RUN di Windows 10 dan 11 yang selanjutnya adalah menggunakan Start Menu. Ini adalah menu yang akan muncul ketika Anda klik tombol Start (tombol Windows). Untuk membuka aplikasi RUN caranya sangat mudah, silakan klik pada tombol Start kemudian tarik ke bawah > pilih folder Windows System > klik pada RUN.

cara membuka run 4

5. Menggunakan Command Prompt (CMD)

Membuka RUN dengan Command Prompt juga bisa dilakukan di Windows 10 dan Windows 11. Ini memang bukanlah cara praktis karena prosesnya cukup panjang yaitu kita harus membuka CMD terlebih dahulu baru kemudian mengetikkan kode untuk memunculkan jendela RUN. Tapi ini kami berikan sebagai tambahan pengetahuan untuk Anda.

Caranya dengan membuka Program Command Prompt, kemudian copy-paste kode berikut ini:

explorer.exe Shell:::{2559a1f3-21d7-11d4-bdaf-00c04f60b9f0}

Tekan Enter. Jendela RUN akan segera muncul.

cara membuka run 5

6. Menggunakan Windows PowerShell

Sama seperti cara sebelumnya, kita juga bisa menggunakan PowerShell untuk membuka RUN di Windows 10. Caranya sama dengan menggunakan CMD yaitu dengan membuka program PowerShell terlebih dahulu kemudian mengetikkan perintah untuk memunculkan RUN.

Pertama silakan buka program PowerShell, caranya bisa dengan klik kanan pada Start menu kemudian pilih Windows PowerShell. Setelah itu copy-paste kode berikut ini:

(New-Object -ComObject "Shell.Application").FileRun()

Tekan Enter. Program RUN akan segera terbuka.

cara membuka run 6

Demikian tutorial beberapa cara yang bisa dipakai untuk membuka RUN di Windows 10 dan Windows 11. Semoga bisa menjadi pengetahuan yang bermanfaat.

Leave a Comment