5 Cara Membuka Device Manager di Windows 10 dan 11

Device manager adalah sebuah program yang berfungsi untuk mengatur dan mengelola hardware yang terpasang pada sistem komputer, baik itu hardware internal maupun eksternal.

Fungsi utama dari Device Manager ini ialah untuk mengatur dan mengelola hardware pada sistem komputer.

Device Manager memungkinkan pengguna untuk menginstal, memperbarui, mematikan, atau menghapus driver.

Device Manager juga bisa digunakan untuk mendeteksi kesalahan driver dan perangkat.

Jika perangkat Anda mengalami masalah karena driver yang rusak, Anda dapat dengan cepat menginstal ulang atau memperbarui driver tersebut melalui Device Manager.

Cara membuka Device Manager di Windows 10 dan Windows 11

  1. Tekan tombol Windows+R
  2. Ketik perintah: devmgmt.msc
  3. Klik tombol OK atau tekan Enter
  4. Program Device Manager akan terbuka
klik run

Cara ke-2: melalui Quick Access Menu

Cara kedua untuk membuka Device Manager dengan cepat adalah dengan menggunakan Quick Access Menu. Ini merupakan menu yang muncul pada saat kita klik kanan tombol Start.

Caranya sangat mudah, pertama silakan Anda klik kanan pada tombol Start (tombol Windows), atau bisa juga dengan menekan tombol Windows+X pada keyboard > kemudian pilih program Device Manager pada menu yang muncul.

program device manager

Cara ke-3: menggunakan Start Menu

Cara ketiga untuk membuka program Device Manager adalah dengan menggunakan Start menu. Ini bisa Anda gunakan sebagai alternatif untuk membuka Device Manager dengan cepat.

Caranya dengan klik pada tombol Start > tarik ke bawah hingga menemukan folder Windows Administratif Tools kemudian klik satu kali > pilih dan klik program Computer Management > klik pada program Device Manager.

open Device Manager

Cara ke-4: menggunakan Search Bar

Cara yang selanjutnya untuk membuka Device Manager adalah dengan menggunakan fitur search yang ada di Windows 10 dan 11.

Fitur search ini sangat berguna untuk membuka berbagai program dan file yang ada di komputer Anda dengan cepat tanpa harus melakukan navigasi secara manual.

Search Bar yang dimaksud adalah kolom pencarian yang ada pada Task Bar yang letaknya ada di sebelah tombol Start / Windows.

Caranya dengan klik pada kolom Search Bar kemudian ketik device manager, program Device Manager akan terlihat pada rekomendasi yang muncul, klik satu kali untuk membukanya.

cara membuka program device manager 4

Cara ke-5 melalui File Explorer

Membuka program Device Manager bisa juga dilakukan dari File Explorer, yaitu dari context menu (menu klik kanan) pada icon This PC.

Caranya cukup mudah, pertama buka File Explorer > pada panel direktori di sebelah kiri temukan dan klik kanan icon This PC > pilih menu Manage > klik pada program Device Manager.

 device manager

Device Manager menjadi bagian penting dari sebuah komputer karena fungsinya untuk mengelola semua hardware yang ada pada perangkat komputer.

Hardware yang dimaksud di sini meliputi perangkat internal seperti prosesor, motherboard, hard disk, CD/DVD drive, adaptor video dan audio, serta perangkat external seperti mouse, keyboard, printer, dan lainnya.

Device Manager banyak digunakan oleh user atau pengguna Windows untuk mencari tahu apakah hardware tersebut sudah berfungsi dengan baik atau tidak.

Hal ini dilakukan dengan cara memeriksa status driver dan warna ikon device setelah dideteksi.

Dengan mengetahui cara untuk membuka Device Manager di Windows 10 dan Windows 11 Anda akan bisa melakukan pengelolaan perangkat keras dan driver di komputer Anda dengan lebih leluasa. Semoga informasi yang kami berikan bisa bermanfaat.

Leave a Comment