Cara Membuat Menu Start dan Taskbar Menjadi Transparan di Windows 10

Efek transparan pada Taskbar dan Start menu merupakan salah satu fitur yang bisa Anda gunakan untuk membuat tampilan Windows 10 lebih enak dipandang.

Untuk mendapatkan efek ini kita bisa menggunakan pengaturan Personalization yang sudah disediakan, namun untuk membuat Taskbar dan Start menu menjadi lebih transparan, atau bahkan 100% transparan maka kita harus gunakan sedikit trik pada sistem registry atau menggunakan aplikasi tambahan.

Untuk memunculkan efek transparan menggunakan pengaturan bawaan Windows 10 bisa dilakuan dengan langkah-langkah berikut ini.

Cara membuat Taskbar Windows 10 menjadi transparan

  1. Pertama buka menu Settings
  2. Pilih menu Personalization
  3. Klik pada tab Colors
  4. Centang pada opsi Transparency effects.
cara membuat taskbar transparan 1

Anda akan melihat perubahan pada tampilan Taskbar dan Start menu menjadi sedikit lebih transparan. Sayangnya Windows 10 tidak menyediakan fitur untuk mengatur seberapa tinggi efek transparan tersebut. Untuk melakukan hal ini kita butuh sedikit modifikasi pada sistem registry.

Cara membuat Taskbar dan Start menu Windows 10 lebih transparan

Jika Anda kurang puas dengan efek bawaan yang disediakan Windows 10 dimana tidak ada pengaturan untuk mengatur level transparansi pada Taskbar dan elemen Windows lainnya maka bisa menggunakan cara ini.

Untuk memunculkan efek transparan dengan tingkat yang lebih tinggi maka kita perlu memodifikasi system registry. Kita akan membuat sebuah entry baru yang berisi perintah untuk mengaktifkan efek high transparency pada Taskbar.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka Registry Editor

Langkah pertama buka Registry Editor dengan cara tekan tombol Windows+R pada keyboard > ketik regedit > klik tombol OK.

cara membuat taskbar transparan 5

2. Masuk ke direktori berikut

Setelah program Registry Editor terbuka, pada panel sebelah kiri arahkan ke direktori berikut ini:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced

3. Buat registry entry baru

Klik pada folder Advanced, kemudian pada panel sebelah kanan > klik kanan pada area kosong > pilih New > pilih DWORD (32-bit) value.

cara membuat taskbar transparan 2

Beri nama:

UseOLEDTaskbarTransparency

4. Ubah valule data menjadi 1

Selanjutnya klik dua kali pada key UseOLEDTaskbarTransparency yang baru saja dibuat. Pada kolom Value data isi menjadi 1 > klik OK.

cara membuat taskbar transparan 3

5. Aktifkan efek transparan

Tutup program Registry editor kemudian aktifkan efek transparan melalui pengaturan Personalization.

Caranya klik pada tombol Start > Settings > Personalization > Colors.

Centang pada pilihan Transparency effects.

Apabila ternyata Transparency effects sudah dalam keadaan on, maka Anda perlu mematikannya terlebih dahulu baru aktifkan kembali agar efeknya bisa muncul.

Untuk mengembalikan efek transparan ini dan mengembalikannya ke normal Anda tinggal kembali ke Registry editor dan hapus key yang tadi dibuat. Setelah itu restart komputer.

Untuk membuat tampilan menjadi lebih menarik Anda juga bisa menggunakan salah satu Tema Windows 10 Keren dan Ringan ini.

Cara membuat Taskbar dan Start menu Windows 10 menjadi 100% transparan

1. Download aplikasi TransculentTB

Menggunakan trik dengan memodifikasi Registry di atas memang memberikan efek transparan yang sedikit lebih tinggi daripada efek bawaan.

Namun jika Anda masih merasa kurang dan ingin membuat Taskbar menjadi 100% transparan maka bisa menggunakan aplikasi bernama TransculentTB.

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang dibuat khusus untuk melakukan modifikasi pada efek transparan Taskbar di Windows 10. Aplikasi ini juga bisa digunakan pada Windows 8 dan Windows 7.

Download TransculentTB

Pilih aplikasi dalam format .exe, jika memilih format .zip maka perlu diekstrak terlebih dahulu.

2. Install aplikasi yang sudah didownload

Setelah aplikasi di download, install ke komputer Anda.

Setelah diinstall, Anda akan langsung melihat perubahan pada Taskbar yang menjadi lebih transparan.

3. Gunakan efek Clear untuk membuat Taskbar menjadi bening

Untuk membuatnya menjadi 100% transparan klik kanan pada icon TransculentTB di tray area > Regular > pilih opsi Clear.

cara membuat taskbar transparan 4

Sekarang Taskbar akan berubah menjadi bening. Untuk mengubah menjadi mode lain Anda tinggal kembali ke aplikasi TransculentTB dan pilih mode yang diinginkan.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk memodifikasi tampilan Start menu dan Taskbar di Windows 10 baik menggunakan fitur bawaan, modifikasi pada registry, atau menggunakan aplikasi tambahan.

Selamat mencoba, jika mengalami kesulitan jangan sungkan untuk berkomentar pada kolom yang sudah kami sediakan di bawah.

Leave a Comment