Cara Mengaktifkan dan Membuat System Restore Point di Windows

System Restore Point bisa menjadi solusi ampuh untuk mengatasi berbagai masalah pada Windows tanpa harus melakukan install ulang.

System Restore point bisa mengembalikan Windows pada keadaan sehat dengan melakukan roll-back ke versi yang sudah dicadangkan, dengan demikian error apapun yang sedang dialami akan hilang.

Semua versi Windows mulai dari Windows 7, 8, dan 10 memiliki fitur ini, tapi secara default tidak aktif. Agar bisa menggunakannya kita harus mengaktifkannya terlebih dahulu.

Pada postingan ini Winpreso akan tunjukkan langkah-langkah bagaimana caranya mengaktifkan dan membuat System Restore Point di Windows.

Penting!
Sebelum membuat System Restore Point Anda harus memastikan komputer dalam keadaan sehat dan tidak ada error. Membuat Restore Point harus dilakukan saat komputer ada dalam keadaan terbaik, karena nantinya kita akan melakukan roll-back ke kondisi ini ketika terjadi error yang sulit untuk diselesaikan.

Cara membuat System Restore Point di Windows 10 dan 8

1. Buka Control Panel > System > System Protection

Langkah pertama adalah masuk ke Control Panel, kemudian temukan dan klik menu bernama System. Setelah itu pada panel sebelah kiri klik pada menu System Protection.

masuk ke menu system protection

2. Lihat apakah System Restore Point sudah diaktifkan atau belum

Kita akan masuk ke jendela System Properties, pada tab System Protection lihat pada bagian Protection Settings.

Di sana akan terlihat daftar drive yang ada di komputer beserta keterangan apakah Protection (System Restore Point) sudah aktif atau belum.

system restore point belum diaktifkan

Bila sudah aktif maka keterangannya adalah On, bila belum aktif maka keterangannya adalah Off.

3. Aktifkan System Restore Point

Apabila keterangannya Off maka kita perlu mengaktifkannya terlebih dahulu.

Caranya klik pada drive C > klik tombol Configure yang ada di bawah daftar drive.

cara mengaktifkan system restore point di windows 10 dan 8

Jendela baru akan terbuka, untuk mengaktifkan System Restore Point caranya klik / centang pada opsi Turn on system protection.

Kemudian pada menu Disk Space Usage tentukan berapa besar kapasitas drive yang ingin dipakai. Tidak ada patokan baku harus berapa besar, gunakan saja secukupnya.

mengaktifkan system restore point

Setelah itu klik tombol OK. Sampai di sini kita sudah berhasil mengaktifkan System Restore Point di Windows 10 atau Windows 8.

4. Buat Restore Point baru

Selanjutnya kita akan membuat sebuah Restore Point yang baru.

Masih di jendela yang sama, klik pada tombol Create > beri nama Restore Point > lalu klik tombol Create.

membuat restore point baru

Tunggu hingga prosesnya selesai.

5. Cek restore point yang sudah dibuat

Setelah berhasil membuat Restore Point kita bisa mengeceknya lewat tombol System Restore yang ada di jendela System Properies > System Protection.

system restore point yang sudah dibuat di windows 10 dan 8

Di sana akan terlihat daftar Restore Point yang sudah dibuat, inilah yang nanti akan kita gunakan untuk roll-back Windows apabila terjadi error.

Cara membuat System Restore Point di Windows 7

1. Klik kanan Computer > Properties

Langkah pertama kita harus masuk ke System Properties Windows 7. Caranya bisa dengan klik kanan pada icon komputer di Windows Explorer > pilih Properties.

masuk ke system properties windows 7

2. Pilih System Protection

Lihat pada panel sebelah kiri dari menu System Properties, temukan dan klik menu bernama System Protection.

3. Lihat apakah System Restore Point sudah diaktifkan atau belum

Di sana akan terlihat daftar drive yang ada di Windows 7 Anda, lihat apakah keterangannya On atau Off. Bila keterangannya Off itu artinya System Restore Point belum diaktifkan.

4. Aktifkan System Restore Point

Kita harus mengaktifkan System Restore Point di Windows 7 terlebih dahulu sebelum bisa menggunakan fitur ini. Caranya dengan klik pada drive C kemudian pilih Configure.

Centang pada Turn on system protection > tentukan berapa besar Disk usage > lalu klik OK.

5. Buat Restore Point baru

Selanjutnya Anda bisa membuat sebuah Restore Point yang baru. Caranya klik pada drive C lalu klik tombol Create.

Isikan nama Restore Point yang akan dibuat, beri nama yang mudah diingat, saya biasanya menamainya dengan nama bulan dan tahun pembuatan. Setelah itu klik tombol Create.

cara membuat system restore point di windows 7

Tunggu hingga proses selesai.

Setelah Restore Point di Windows 7 berhasil dibuat, kita bisa mengeceknya dengan menekan tombol Restore Point pada jendela System Protection. Di sana akan terlihat daftar Restore Point yang ada dan siap digunakan saat diperlukan nanti.

Itulah cara mengaktifkan dan membuat System Restore Point di Windows 10, 8, dan 7. Mudah bukan? Kalau menemukan kesulitan jangan sungkan untuk komentar di bawah.

Leave a Comment