Cara Membersihkan Drive C Yang Penuh

Menjaga drive C tetap bersih dari file sampah merupakan salah satu upaya untuk mempercepat Windows 10 yang paling mudah dilakukan. Drive C merupakan istilah yang sering digunakan untuk drive system tempat di mana Windows diinstall, karena biasanya pembagian standar hard disk di awali dengan drive letter C pada sistem operasi Windows.

Masalah yang sering dihadapi oleh pengguna Windows adalah drive C yang penuh setelah sekian lama digunakan. Hal ini seringkali disebabkan karena menumpuknya temporary files, caches, logs, leftover dari aplikasi yang sudah dihapus, browser cookies, dan berbagai jenis file sampah lainnya.

Pembagian partisi hard disk untuk drive C yang terlalu kecil juga menjadi alasan utama yang membuatnya cepat penuh. Windows 10 dan Windows 8 sendiri dalam keadaan fresh install + update bisa memakan 30-50 GB bayangkan berapa lama hingga drive C Anda penuh jika kapasitasnya kurang dari 100 GB. Berbeda dengan Windows 7 yang memakan lebih sedikit ruang penyimpanan, tapi karena sekarang sudah tidak disupport oleh Microsoft banyak orang yang mulai meninggalkannya.

Pada postingan ini Winpreso akan berikan solusi untuk membersihkan drive C yang penuh di Windows 10 dan Windows 8 baik menggunakan aplikasi tambahan maupun tanpa aplikasi. Anda bisa praktikkan sendiri sesuai dengan kebutuhan.

Cara membersihkan drive C yang penuh di Windows 10 tanpa aplikasi

1. Masuk ke Settings

Langkah pertama kita harus masuk ke menu Settings Windows 10, caranya klik pada tombol Start lalu klik tombol Settings (icon gear).

2. Pilih menu System

Selanjutnya setelah masuk ke Settings temukan menu bernama System lalu klik satu kali untuk masuk.

membersihkan drive c yang penuh 1

3. Pilih menu Storage

Selanjutnya klik pada menu Storage.

4. Perhatikan pada Local Disk (C:)

Lihat pada bagian Local Disk (C:), di bawahnya akan terlihat keterangan berapa besar ruang hard disk yang terpakai untuk aplikasi, file, musik, dan temporary files. Fokus kita yang pertama adalah membersihkan file system yang sudah tidak lagi dibutuhkan, file ini letaknya pada bagian Temporary files.

membersihkan drive c yang penuh 6

5. Klik Temporary files untuk membersihkan drive C

Untuk membersihkan drive C yang penuh, klik pada menu Temporary files. Anda akan dibawa pada jendela cleaner. Windows akan melakukan scanning secara otomatis, tunggu saja hingga prosesnya selesai.

6. Tentukan file sampah yang ingin dibersihkan

Setelah proses scan selesai Anda akan melihat daftar file yang bisa dibersihkan, ukuran temporary files ini lumayan besar apalagi setelah melakukan update Windows. Centang jenis file mana saja yang ingin dihapus setelah itu klik tombol Remove files.

membersihkan drive c yang penuh 4

7. Hapus aplikasi dan file berukuran besar yang tidak digunakan

Selain membersihkan temporary files kita juga bisa mendapatkan ruang kosong baru pada drive C dengan menghapus aplikasi dan file berukuran besar yang sudah tidak pernah digunakan lagi. File-file yang bertumpuk di folder Download juga sering kali membuat drive C cepat penuh, untuk mengatasinya file ini harus dibersihkan.

Kembali ke menu Storage dan perhatikan pada bagian Local Disk (C:), klik pada bagian App & features. Di sana akan terlihat semua program yang terinstall di Windows 10 lengkap dengan keterangan kapasitas filenya.

cara membersihkan drive C yang penuh 7

Temukan program-program yang ukurannya besar dan jarang digunakan lalu uninstall program tersebut. Caranya dengan klik satu kali lalu klik tombol Uninstall. Ulangi langkah ini untuk program-program lainnya.

Menggunakan Storage Sense Windows 10

1. Masuk ke Settings

Langkah pertama kita harus masuk ke menu Settings Windows 10, caranya klik pada tombol Start lalu klik tombol Settings (icon gear).

2. Pilih menu System

Selanjutnya setelah masuk ke Settings temukan menu bernama System lalu klik satu kali untuk masuk.

3. Pilih menu Storage

Selanjutnya klik pada menu Storage.

4. Pilih Configure Storage Sense or run it now

Klik pada menu Configure Storage Sense or run it now.

membersihkan drive c yang penuh 2

5. Klik tombol Clean now untuk membersihkan drive C

Setelah masuk menu Sotrage Sense, scroll ke bagian paling bawah. Di sana Anda akan menemukan tombol Clean now. Klik tombol tersebut untuk memulai proses scan file-file sampah yang bisa dibersihkan dari drive C.

membersihkan drive c yang penuh 3

Proses scan dan penghapusan file sampah akan terjadi secara otomatis di background (tidak terlihat). Setelah prosesnya selesai nanti akan terlihat keterangan berapa besar kapasitas file yang sudah dihapus dari drive C.

Cara membersihkan drive C yang penuh di Windows 8 tanpa aplikasi

Storage Sense tidak ada di Windows 8 sehingga kita tidak bisa menggunakan cara sebelumnya. Tapi masih ada cara lain yang tidak kalah ampuhnya. Bagi para pengguna Windows 8 bisa memanfaatkan fitur Disk Cleanup untuk menghapus file-file tidak berguna yang membuat drive C penuh.

Fitur ini memang disediakan sebagai program cleaner bawaan untuk membersihkan hard disk. Cara kerjanya hampir sama dengan Storage Sense, yang berbeda hanya tampilannya saja.

Berikut ini adalah cara membersihkan drive C yang penuh di Windows 8:

1. Buka Control Panel

Pertama buka Control Panel dengan cara klik pada tombol Start lalu ketik “control” > pilih Control Panel.

2. Pilih Administrative Tools

Setelah masuk ke Control Panel klik pada pilihan Administrative Tools.

cara membersihkan drive C yang penuh 8

3. Pilih Disk Cleanup

Selanjutnya klik dua kali pada aplikasi bernama Disk Cleanup.

cara membersihkan drive C yang penuh 9

4. Pilih Drive C

Karena kita akan membersihkan drive C yang penuh maka pilih drive C.

5. Centang file sampah yang ingin dibersihkan

Setelah masuk ke jendela Disk Cleanup Anda akan melihat jenis file apa saja yang bisa dibersihkan untuk mengatasi drive C yang penuh. Centang pada file-file yang ingin Anda bersihkan.

File seperti Temporary files, Windows Update Cache, Logs, dan Delivery Optimization File cukup aman untuk dihapus. Centang semua jenis file tersebut untuk mendapatkan ruang kosong pada drive C yang lebih besar.

cara membersihkan drive C yang penuh 10

6. Klik OK

Setelah itu klik OK dan tunggu hingga prosesnya selesai.

7. Klik Cleanup system files

Untuk membersihkan file sistem klik pada tombol Clean up system files.

Cara membersihkan drive C yang penuh menggunakan aplikasi PC Cleaner

Anda juga bisa menggunakan aplikasi cleaner untuk membersihkan file sampah di drive C. Cara ini lebih mudah dan praktis karena tinggal install aplikasinya lalu jalankan, aplikasi akan melakukan scan secara otomatis dan membersihkan semua file sampah yang aman untuk dihapus.

Ada beberapa aplikasi cleaner yang cukup bagus untuk digunakan baik di Windows 10, Windows 8, maupun Windows 7, berikut ini adalah beberapa rekomendasi yang bisa Anda pakai.

1. Menggunakan CCleaner

cara membersihkan drive c dengan ccleaner

Komputer jadi lemot karena drive C yang sudah penuh? Coba Anda bersihkan menggunakan aplikasi ini. CCleaner merupakan salah satu aplikasi pembersih file sampah terbaik yang bisa Anda dapatkan secara gratis.

CCleaner bisa digunakan untuk membersihkan temporary files, cache, logs, leftover, browser cookies, tracker, dan berbagai jenis file sampah lain yang sering membuat drive C cepat penuh. Aplikasi ini juga memiliki tampilan yang sederhana sehingga sangat mudah digunakan.

2. Menggunakan Total PC Cleaner (Windows 10)

cara membersihkan drive c dengan total pc cleaner

Total PC Cleaner juga bisa digunakan untuk membersihkan drive C yang penuh. Aplikasi ini merupakan aplikasi cleaner khusus untuk Windows 10. Tampilannya yang sangat sederhana tapi sangat powerful dalam mendeteksi berbagai file sampah yang membuat hard disk cepat penuh.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk membersihkan system caches, app caches, mail caches, office caches, dan browser caches. Ada juga fitur pembersih file duplikat yang bisa Anda gunakan. Total PC Cleaner bisa didapatkan secara gratis dari Microsoft Store.

3. Menggunakan RevoUninstaller

cara membersihkan drive c dengan revouninstaller

Saat melakuan uninstall sebuah aplikasi terkadang masih ada file sisa yang masih tersimpan di drive C. File yang sering disebut juga sebagai leftover files ini tidak akan terhapus dengan sendirinya melainkan kita membersihkannya. Bila tidak dibersihkan leftover files inilah yang sering menyebabkan drive C menjadi cepat penuh.

Untuk mencegah agar drive C tidak cepat penuh karena leftover files sisa dari aplikasi yang sudah dihapus, maka kita harus melakukan uninstall hingga bersih tanpa sisa. Untuk melakukan hal tersebut kita bisa menggunakan aplikasi RevoUninstaller.

Aplikasi RevoUninstaller ini bisa digunakan untuk menghapus program-program di Windows 10 hingga bersih ke akar-akarnya, sehingga memastikan tidak ada file yang tersisa.

Demikianlah beberapa cara untuk membersihkan drive C yang penuh di Windows 10, selamat mencoba. Jika Anda masih mengalami kesulitan silakan berkomentar di bawah.

Leave a Comment