Cara Mematikan Notifikasi di Windows 10

Windows 10 memiliki fitur-fitur yang lebih lengkap bila dibandingkan dengan versi Windows lainnya. Pengguna juga akan dimanjakan dengan tampilannya yang elegan dan sejuk di mata. Namun ada salah satu fitur yang bisa jadi cukup mengganggu sehingga perlu kita kontrol, yaitu fitur notifikasi.

Notifikasi di Windows 10 muncul pada bagian sebelah kanan desktop, biasanya muncul pada notification area dan juga berupa pop up pada tray icon. Jenis notifikasi yang muncul juga bermacam-macam, bisa berasal dari aplikasi, email, dan bahkan notifikasi iklan.

Bagi Anda yang sedang bekerja, tentu saja munculnya notifikasi yang terlalu banyak atau terlalu sering akan membuat fokus terganggu. Oleh karena itu kita perlu mematikannya agar bisa bekerja dengan lebih optimal, atau bisa juga dimatikan sebagian dan membiarkan notifikasi yang penting tetap berjalan.

Pada kesempatan kali ini Winpreso akan tunjukkan bagaimana caranya mematikan notifikasi di Windows 10 dengan mudah. Apabila nanti dibutuhkan kembali maka Anda pun bisa dengan mudah untuk menghidupkannya lagi.

Cara mematikan semua notifikasi di Windows 10

  1. Klik tombol Windows
  2. Klik Settings atau icon gear pada bagian kiri
  3. Pilih System
  4. Pilih Notifications & actions
  5. Lihat pada bagian Notificaions, di sana akan terlihat keterangan Get notifications from apps and other senders
  6. Klik tombolnya satu kali hingga berubah menjadi Off
  7. Tutup halaman Windows Settings
cara mematikan semua notifikasi windows 10

Setelah mematikan settingan notifikasi dengan cara di atas maka Anda tidak akan lagi menerima semua pemberitahuan, baik dari sistem maupun aplikasi lain seperti email dan sebagainya.

Hal ini bisa digunakan jika Anda memang ingin benar-benar fokus dan tidak mau ada gangguan apapun saat bekerja. Namun mematikan semua notifikasi secara total di Windows 10 tidak disarankan dilakukan seterusnya, karena bisa saja Anda melewatkan pemberitahuan penting seperti adanya update fitur baru, patch bug, update antivirus, maupun email masuk.

Cara mematikan notifikasi aplikasi tertentu di Windows 10

  1. Klik tombol Windows
  2. Klik Settings
  3. Pilih System
  4. Pilih Notifications & actions
  5. Tarik ke bawah hingga menemukan daftar notifikasi dari aplikasi yang terinstall
  6. Matikan satu per satu notifikasi yang Anda inginkan
  7. Tutup halaman Windows Settings
cara mematikan notifikasi aplikasi di windows 10

Dengan cara ini kita bisa mematikan notifikasi dari satu atau beberapa aplikasi saja sementara notifikasi dari aplikasi lainnya akan tetap berjalan seperti biasa.

Jika Anda merasa terganggu dengan pemberitahuan dari sebuah aplikasi yang muncul terus menerus maka bisa mematikannya dengan cara ini. Biasanya aplikasi antivirus gratisan atau yang Anda install versi trial-nya akan memiliki fitur notifikasi yang cukup mengganggu.

Coba saja Anda lihat sendiri, jika memang benar sebaiknya dihapus saja. Cukup gunakan Windows Security sebagai antivirus terbaik untuk melindungi komputer dari virus, asalkan selalu diupdate sebenarnya Windows Security sudah sangat ampuh.

Apabila ingin memunculkan notifikasi dari aplikasi yang sudah dimatikan maka caranya bisa dengan kembali ke halaman Notifications & actions kemudian hidupkan fitur notifikasi dengan cara menekan tombol Off menjadi On.

Cara mematikan notifikasi update Windows 10

  1. Masuk ke Windows Settings dengan cara klik tombol Windows lalu klik icon gear
  2. Pilih Update & Security
  3. Pada panel sebelah kanan klik pada opsi Advanced options
  4. Klik tombol On menjadi Off pada bagian Update notifications
  5. Tutup halaman Windows Settings
cara mematikan notifikasi update di windows 10

Setelah Anda menginstall Windows 10 di laptop, maka sistem operasi ini akan selalu menawarkan update baik update mingguan maupun bulanan.

Biasanya Anda akan mendapatkan notifikasi terlebih dahulu apabila ada update terbaru. Untuk mematikannya maka bisa melakukan langkah-langkah di atas.

Selain mematikan notifikasinya, fitur update di Windows 10 ini juga bisa dimatikan atau ditunda (pause) dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan keinginan kita. Anda bisa melihat bagaimana caranya pada postingan ini: Cara mematikan update Windows 10

Itulah beberapa cara mudah untuk mematikan notifikasi di Windows 10, selamat mencoba dan semoga tutorial ini bisa membantu.

Leave a Comment