Cara Mematikan Antivirus Avast di Windows 10

Untuk mematikan Antivirus Avast di Windows 10 bisa dilakukan dengan mudah. Anda bisa mematikannya untuk sementara waktu atau bahkan menghapusnya secara permanen.

Antivirus merupakan salah satu program yang wajib ada di setiap perangkat Windows 10, terutama di era sekarang yang semuanya sudah dilakukan serba online melalui jaringan internet. Keberadaan Antivirus yang bagus akan melindungi dan memastikan perangkat komputer Anda tetap aman dan terhindar dari virus, terutama saat berselancar di internet.

Namun pada kondisi tertentu, Antivirus juga sering melakukan false positive atau salah deteksi yang cukup mengganggu. Misalnya pada saat akan menginstall program tertentu ke komputer, terkadang Antivirus akan mendeteksinya sebagai virus dan membuat proses install tidak bisa dilakukan. Oleh karena itu mematikan Antivirus untuk sementara waktu adalah solusinya.

Cara mematikan Antivirus Avast di Windows 10

1. Klik kanan icon Avast yang ada di Taskbar atau Tray icon area

Pertama Anda temukan icon Avast yang ada pada Taskbar sebelah kanan, seringkali juga icon masuk ke dalam Tray icon area (tanda panah kecil pada pojok kanan Taskbar). Setelah icon Avast ditemukan, klik kanan pada icon tersebut.

2. Pilih menu Avast shield control

Setelah melakukan klik kanan selanjutnya akan muncul beberapa menu. Silakan sorot pada menu yang bernama Avast shield control.

3. Tentukan durasi mematikan Antivirus Avast yang diinginkan

Setelah menyorot menu Avast shield control nanti akan muncul beberapa opsi untuk mematikan Avast, yaitu: Disable for 10 minutes > untuk mematikan Avast selama 10 menit, Disable for 1 hour > untuk mematikan Avast selama 1 jam, Disable until computer is restarted > mematikan Avast sampai komputer melakukan restart, Disable permanently > mematikan Avast secara permanen.

1 cara mematikan avast di windows 10

4. Matikan Antivirus Avast sementara atau permanen sesuai kebutuhan

Untuk mematikan Avast sementara waktu silakan pilih opsi Disable for 10 minutes atau Disable for 1 hour. Bisa juga memilih opsi Disable until computer is restarted, ini artinya Antivirus akan dimatikan dan akan hidup kembali secara otomatis setelah Anda melakukan restart.

Untuk mematikannya secara permanen silakan pilih opsi Disable permanently.

5. Klik tombol Yes

Selanjutnya akan muncul jendela pop up untuk mengkonfirmasi perubahan yang Anda buat. Klik tombol Yes.

2 cara mematikan avast di windows 10

Selesai, sampai di sini kita sudah berhasil mematikan Antivirus Avast di Windows 10.

Cara alternatif mematikan Antivirus Avast melalui menu pengaturan

Selain melalui icon yang ada pada Taskbar atau Tray icon area, untuk mematikan Avast bisa juga dilakukan langsung dari menu pengaturan aplikasinya. Metode ini akan memberikan hasil yang sama dengan cara pertama yang sudah kita lakukan tadi.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka aplikasi Avast dengan cara klik dua kali icon yang ada di desktop. Bisa juga dengan cara klik pada kolom search yang ada di Start menu kemudian ketik “Avast”, nanti akan muncul aplikasi Avast. Silakan klik satu kali untuk membukanya.

2. Setelah aplikasi Avast terbuka, klik pada tombol Menu yang ada di bar atas sebelah kanan aplikasi kemudian pilih Settings.

3. Pada tab sebelah kiri aplikasi Avast klik pada menu Protection

4. Kemudian pilih lagi menu yang bernama Core Shields

5. Selanjutnya tekan tombol Switch pada Core Shields untuk mematikannya.

3 cara mematikan avast di windows 10

6. Setelah itu pilih durasi yang Anda inginkan, yaitu 10 menit, 1 jam, hingga komputer restart, atau permanen (indefinitely).

4 cara mematikan avast di windows 10

Apabila Anda memilih opsi 10 menit atau 1 jam maka setelah melewati durasi tersebut Core Shields pada Avast akan aktif kembali secara otomatis. Bila memilih Stop until your next restart maka Core Shields akan aktif secara otomatis setelah Anda melakukan restart atau mematikan komputer dan menghidupkannya kembali. Akan tetapi apabila memilih opsi Pemanent, maka Core Shields harus diaktifkan secara manual.

Cara mematikan Antivirus Avast dari Startup Windows 10

Pada Windows 10 terdapat fitur yang bernama Startup dengan fungsi untuk menjalankan program-program tertentu secara otomatis ketika komputer di hidupkan. Secara default Avast akan masuk ke dalam list Startup program ketika Anda menginstallnya. Jika ingin mematikan Avast dari Startup di komputer Anda maka bisa dilakukan dengan menggunakan Task Manager.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Pertama silakan buka program Task Manager di komputer Anda. Bisa dengan cara klik kanan pada area kosong di Taskbar lalu pilih Task Manager

2. Pada program Task Manager klik pada tab Startup

3. Di sana akan terlihat semua program Startup yang ada di komputer Anda

4. Temukan program yang bernama Avast lalu klik satu kali untuk memilihnya kemudian klik pada tombol Disable. Bisa juga dengan cara klik kanan pada Avast lalu pilih Disable.

5 cara mematikan avast di windows 10

5. Tutup program Task Manager dan restart komputer Anda

Itulah tutorial singkat cara mematikan atau menonaktifkan Antivirus Avast di Windows 10. Semoga bisa membantu.

Leave a Comment