Cara Memasang Wallpaper Agar Bagus dan Tidak Buram di Windows 10

Memasang Wallpaper di desktop Windows 10 harus harus pas dengan resolusi layar agar tidak terpotong, melebar, dan buram. Saat Anda menggunakan sebuah foto yang resolusinya lebih kecil dari resolusi layar maka foto tersebut akan terlihat buram ketika digunakan sebagai wallpapr desktop.

Begitu pula dengan gambar yang resolusinya jauh lebih besar dari resolusi layar, pilihannya apakah gambar tersebut akan terpotong, atau tarik menyesuaikan resolusi layar, efeknya gambar akan terlihat melebar.

Pada kesempatan kali ini kita akan ulas tips singkat untuk memasang Wallpaper di Windows 10 yang pas dengan resolusi layar PC dan laptop agar terlihat lebih bagus.

Cara memasang wallpaper agar tidak buram

1. Pastikan display driver sudah terinstall

Tampilan wallpaper yang buram dan melebar biasanya disebabkan karena display driver (VGA) yang belum terinstall, oleh karena itu cek dulu apakah driver VGA di laptop Anda sudah terinstall atau belum.

Buka Device Manager dengan cara tekan tombol Windows+R pada keyboard > ketik devmgmt.msc > klik OK.

cara memasang wallpaper yang pas di laptop 1

Program Device Manager akan terbuka, selanjutnya klik pada Display adapters dan lihat apakah driver VGA di laptop Anda sudah terinstall atau belum. Jika sudah maka akan terlihat nama dan seri VGA yang Anda gunakan di sana.

Misalnya jika laptop Anda menggunakan Intel HD Graphics 5500 maka akan terlihat seperti screenshot di bawah ini:

cara memasang wallpaper yang pas di laptop 2

Jika ternyata belum, temukan driver yang tepat kemudian install ke laptop. Bagi pengguna prosesor Intel generasi 3 ke atas (i3, i5, i7) install juga driver Integrated Graphics (Intel HD) yang sesuai dengan seri prosesor yang dipakai.

Tutorial berikut ini akan membantu Anda:

2. Atur resolusi yang pas dengan monitor

Selanjutnya lihat berapa resolusi maksimal yang dimiliki oleh layar monitor Anda, kemudian set resolusi Windows sesuai dengan resolusi monitor.

cara memasang wallpaper yang pas di laptop 3

Bila belum tahu caranya bisa ikuti langkah-langkah yanga ada di sini:

Cara mengatur resolusi monitor yang pas

3. Temukan wallpaper dengan resolusi tinggi

Setelah memastikan display driver sudah terinstall dan resolusi monitor sudah diatur dengan pas. Langkah selanjutnya tinggal menemukan wallpaper yang bagus sesuai keinginan.

Anda bisa menemukan wallpaper dengan resolusi tinggi dan gratis dari situs-situs berikut ini:

Cari gambar yang bagus dengan menggunakan fitur search pada situs tersebut. Anda bisa menggunakan kata kunci seperti nature wallpaper, mountain wallpaper, ocean wallpaper, beach wallpaper, waterfall wallpaper, dan kata kunci lainnya sesuai dengan tema wallpaper yang Anda sukai.

Download wallpaper dengan resolusi yang paling besar agar tidak buram saat ukurannya disesuaikan dengan resolusi monitor laptop.

4. Resize ukuran wallpaper sesuai dengan resolusi layar

Selanjutnya ubah ukuran wallpaper yang tadi sudah didownload sesuai dengan resolusi monitor. Misalnya monitor Anda memiliki resolusi 1920×1080 atau 1366×768 maka ubah ukuran gambar menjadi ukuran tersebut.

Anda bisa menggunakan aplikasi edit foto gratis seperti PhotoScape X untuk mengubahnya satu persatu, atau menggunakan aplikasi bulk editor untuk mengubahnya sekaligus.

Lihat caranya di sini:

5. Pasang sebagai wallpaper desktop

Setelah mengubah ukuran semua wallpaper yang sudah Anda kumpulkan sekarang saatnya memasang ke desktop Windows.

Pindahkan semua wallpaper yang sudah dikumpulkan ke dalam satu folder, kemudian pindahkan folder tersebut ke direktori Picrure di Windows. Bisa juga ditempat lain, ini hanya untuk memudahkan saja.

Setelah itu klik salah satu wallpaper > pilih set as desktop background

cara memasang wallpaper yang pas di laptop 4

Bisa juga dengan klik kanan pada area kosong di desktop > pilih menu Personalize > klik tombol Browse > pilih wallpaper yang diinginkan dari folder kumpulan wallpaper Anda tadi.

Pada bagian Choose a fit pilih > Fill.

cara memasang wallpaper yang pas di laptop 5

Anda juga bisa mengganti wallpaper desktop di Windows 10 secara otomatis. Caranya dengan memilih Slideshow pada menu Background > kemudian pilih folder kumpulan wallpaper Anda.

Pada bagian Change picture every > pilih waktu yang diinginkan untuk wallpaper berganti secara otomatis.

cara memasang wallpaper yang pas di laptop 6

Selesai, sampai di sini kita sudah berhasil memasang wallpaper di Windows 10 agar terlihat bagus, tidak buram, dan pas dengan resolusi monitor.

Wallpaper yang bagus di layar laptop memang bisa mengubah suasana menjadi lebih menyenangkan. Foto-foto pemandangan alam, gunung, lautan, pepohonan, dan bunga bisa membuat mata yang memandangnya menjadi lebih sejuk.

Sampai di sini dulu tutorial kali ini, selamat mencoba.

Leave a Comment