Cara Melihat Suhu Laptop (CPU, GPU, Motherboard)

Menjaga suhu laptop tetap berada pada batas normal adalah salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mempercepat kinerja laptop. Suhu laptop yang terlalu panas atau dikenal juga dengan istilah overheat adalah masalah yang tidak bisa dianggap sepele.

Overheat bisa memperpendek umur hardware jika berlangsung dalam jangka panjang, dan yang akan langsung terasa efeknya adalah kinerja laptop yang menjadi lambat.

Anda mungkin bisa merasakan panas pada laptop ketika sudah dipakai untuk melakukan aktivitas berat seperti rendering atau bermain game. Namun di Windows tidak ada fitur bawaan untuk melihat berapa derajat suhu laptop sebenarnya, karena itu kita membutuhkan bantuan aplikasi tambahan.

Berikut ini adalah beberapa cara melihat suhu laptop:

1. Menggunakan Core Temp

Untuk memantau suhu prosesor pada laptop Anda bisa menggunakan aplikasi yang bernama Core Temp. Aplikasi ringan ini memang dibuat khusus untuk monitoring temperatur CPU.

Core Temp akan menampilkan suhu prosesor dan informasi penting lainnya secara mendetail. Anda bisa melihat berapa suhu pada tiap core yang ada di prosesor.

Tidak hanya itu saja, Core Temp juga bisa mendeteksi jenis dan spesifikasi prosesor yang kita gunakan lengkap dengan informasi suhu maksimal yang diperbolehkan.

Cara melihat suhu prosesor dengan Core Temp:

  1. Download aplikasi Core Temp dari sini: Download Core Temp
  2. Install aplikasi yang sudah didownload ke laptop
  3. Jalankan Core Temp
  4. Lihat informasi suhu prosesor yang ditampilkan
cara melihat suhu laptop dengan core temp

Seperti yang bisa dilihat pada contoh di atas, informasi suhu prosesor ditampilkan secara lengkap dan mendetail. Anda melihat berapa suhu tiap core pada prosesor Anda.

Perhatikan pada nilai yang dilabeli dengan nama Tj. Max.

Tj. Max (Junction Temperature) adalah suhu maksimal yang bisa ditoleransi oleh prosesor sebelum melakukan penurunan core speed (throttle).

Apabila melebihi batas ini maka prosesor akan melambat, kipas laptop akan terdengar berputar sangat kencang. Efeknya akan langsung terasa pada kinerja laptop yang ikut melambat, lag, freeze, bahkan bisa menyebabkan blue screen (BSOD).

Idealnya, rata-rata suhu pada tiap core harus berada 20-30 derajat di bawah nilai Tj. Max

Nama aplikasi: Core Temp
Ukuran: 1,2 MB
Sistem operasi: Windows 10 / Windows 8 / Windows 7 / XP / Vista / Windows Server 2008, 2012, 2016.
Prosesor: Intel, AMD or VIA x86 based processor.

2. Menggunakan HWMonitor

Jika ingin melihat informasi yang lebih lengkap mengenai suhu pada hardware di laptop Anda maka aplikasi yang bagus adalah HWMonitor. Aplikasi ini akan menampilkan informasi suhu pada CPU, GPU, Mainboard, dan Harddisk.

HWMonitor merupakan aplikasi freeware yang dikembangkan oleh CPUID. Anda bisa menginstallnya secara gratis di laptop, atau menggunakan versi protable yang tanpa install aplikasi.

Berikut ini cara melihat suhu hardware laptop menggunakan HWMonitor:

  1. Download aplikasinya dari sini: Download HWMonitor
  2. Install HWMonitor ke laptop Anda, atau bisa juga pilih versi portable yang tanpa install
  3. Jalankan aplikasi HWMonitor
  4. Lihat suhu tiap komponen laptop yang ditampilkan oleh aplikasi
cara melihat suhu laptop dengan hwmonitor

HWMonitor menampilkan informasi temperatur laptop dengan sangat lengkap dan mendetail. Anda bisa melihat suhu pada tiap komponen.

Pada bagian paling atas terdapat informasi suhu rata-rata komponen/suhu lingkungan (Ambient), suhu pada Mainboard, CPU, dan Heatsink.

Informasi mengenai CPU bisa Anda lihat pada bagian prosesor. Di sana akan ditampilkan suhu tiap core, clock speed, dan persentase pemakaian.

Nama aplikasi: HWMonitor
Ukuran: 1,2 MB
Sistem operasi: Windows 10 / Windows 8 / Windows 7
Prosesor: AMD Ryzen 9 3900XT, Ryzen 7 3800XT and Ryzen 5 3600XT, Ryzen 7 PRO 4750G, Ryzen 5 PRO 4650G, Ryzen 3 PRO 4350G, AMD B550 chipset, Intel Comet Lake, Tiger Lake processor, Intel Z490/W480/B460 chipsets, Hygon processors

3. Menggunakan MSI Afterburner

MSi Afterburner adalah aplikasinya para overclocker dan gamer. Anda bisa menggunakannya untuk memantau suhu laptop secara real-time, terutama saat melakukan aktivitas berat seperti bermain game atau render video.

Informasi yang ditampilkan dalam bentuk grafik akan memudahkan kita untuk mengetahui perubahan suhu dari waktu ke waktu.

Aplikasi ini juga akan menampilkan informasi vital lainnya seperti kecepatan kipas, clock speed, core voltage, memory clock, dan power limit. Informasi ini sangat penting saat sedang melakukan eksperimen overclocking.

Cara melihat suhu laptop dengan MSI Afterburner:

  1. Download aplikasi MSI Afterburner dari situs resminya di sini: Download MSI Afterburner
  2. Install aplikasi yang sudah didownload ke laptop Anda
  3. Jalankan Aplikasi MSI Afterburner
  4. Pilih komponen pada laptop yang ingin dilihat informasinya
cara melihat suhu laptop dengan msi afterburner

Tampilan halaman utama dan grafik pada MSI Afterburner bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan. Anda bisa memilih informasi apa saja yang akan muncul di grafik. Caranya dengan masuk ke menu Settings > centang informasi apa saja yang ingin ditampilkan pada halaman utama.

Nama aplikasi: MSI Afterburner
Ukuran: 48,1 MB
Sistem operasi: Windows 10 / Windows 8 / Windows 7

4. Menggunakan Open Hardware Monitor

Open Hardware Monitor memiliki kemiripan dengan aplikasi HWMonitor yang sudah dibahas lebih dulu, aplikasi ini juga akan memberikan kita semua informasi mengenai susu CPU, GPU, dan komponen lain pada laptop secara lengkap dan detail.

Untuk memantau suhu komponen tertentu pada laptop misalnya CPU atau GPU, kita juga bisa menampilkannya pada taskbar. Dengan cara ini kita tetap bisa melihat informasi perubahan suhunya sambil beraktivitas dengan program yang lain.

Cara melihat suhu laptop dengan Open Hardware Monitor:

  1. Download Open Hardware Monitor dari sini: Download Open Hardware Monitor
  2. Install aplikasinya ke laptop Anda
  3. Jalankan Open Hardware Monitor
  4. Pantau suhu tiap komponen hardware pada laptop yang tampil
cara melihat suhu laptop dengan open hardware monitor

Untuk menampilkan suhu komponen laptop di taskbar caranya denga klik kanan pada komponen yang diinginkan > pilih Show in tray.

Nama aplikasi: Open Hardware Monitor
Ukuran: 500 KB
Sistem operasi: Windows dan Linux
Prosesor: Intel Core 2, Core i3/i5/i7, Atom, Sandy Bridge, Ivy Bridge, Haswell, Broadwell, Silvermont, Skylake, Kaby Lake, Airmont, Goldmont, Goldmont Plus, Cannon Lake, Ice Lake, Comet Lake, Tremont, Tiger Lake | AMD K8 (0Fh family), K10 (10h, 11h family), Llano (12h family), Fusion (14h family), Bulldozer (15h family), Jaguar (16h family), Puma (16h family), Ryzen (17h family)

5. Menggunakan Speccy

Mengecek suhu CPU, GPU, dan Mainboard pada laptop juga bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi bernama Speccy. Aplikasi ini merupakan system diagnostic tool yang berjalan pada sistem operasi Windows.

Speccy dikembangkan oleh Piriform, perusahaan yang mengembangkan salah satu aplikasi PC cleaner terbaik bernama CCleaner.

Dengan menggunakan Speccy kita bisa melihat informasi yang mendetail mengenai komponen hardware yang ada di dalam laptop termasuk informasi mengenai temperaturnya.

Cara melihat suhu laptop menggunakan Speccy:

  1. Download aplikasi Speccy dari sini: Download Speccy
  2. Install ke laptop Anda
  3. Jalankan Speccy yang sudah diinstall
  4. Pilih komponen pada laptop yang ingin dilihat informasi suhunya
cara melihat suhu laptop dengan speccy

Pada panel sebelah kiri Anda akan melihat daftar hardware yang ada pada laptop Anda. Untuk mendapatkan informasi yang lebih detail caranya dengan klik pada salah satu komponen yang diinginkan, informasi lengkapnya akan muncul pada panel sebelah kanan.

Untuk memantau suhu CPU secara real-time sambil melakukan pekerjaan yang lain Anda bisa pin informasi suhu CPU pada system tray. Caranya dengan masuk ke menu Options > pilih System tray > centang Minimize to tray dan Display metrics in tray > pilih CPU.

Informasi suhu akan muncul pada system tray, Anda bisa memantaunya secara real-time sambil melakukan aktivitas seperti biasa.

Nama aplikasi: Speccy
Ukuran: 7,9 MB
Sistem operasi: Windows 10 / Windows 8 / Windows 7

Leave a Comment