Cara Install & Menggunakan iCloud di Windows 10

ICloud bisa digunakan di Windows 10 sebagai media penyimpan berbasis cloud yang terintegrasi dengan perangkat apple seperti MacBook, iMac, iPad, dan iPhone.

Sama seperti OneDrive, iCloud bisa memiliki aplikasi untuk Windows 10 yang bisa Anda install. Cara menginstall iCloud dan menggunakannya sangat mudah sekali, kita hanya perlu mendapatkan aplikasinya lalu menginstallnya seperti biasa.

Pada kesempatan kali ini kita akan bahas langkah-langkah install iCloud di Windows 10 beserta cara menggunakannya untuk menyimpan file dan mengaksesnya dari semua perangkat apple yang terhubung.

Cara install iCloud di Windows 10

1. Download dan install aplikasi iCloud

Langkah pertama download iCloud lewat Microsoft Store. Khusus untuk pengguna Windows 10, aplikasi iCloud sudah tersedia di Microsoft Store, Anda bisa mendapatkannya dari sana.

Masuk ke Microsoft Store, pada kolom pencarian ketik icloud, setelah aplikasinya muncul langsung install seperti biasa.

aplikasi icloud untuk windows 10

Bisa juga melalui link berikut ini: Download iCloud Windows 10

2. Restart komputer

Setelah iCloud selesai diinstall dari Microsoft Store, restart dulu komputer Anda.

3. Login dengan Apple ID

Setelah menyala kembali, aplikasi iCloud akan otomatis terbuka. Jika tidak terbuka Anda bisa menemukannya pada menu Start.

Selanjutnya login dengan menggunakan akun Apple ID yang Anda miliki.

4. Sinkronisasi file

Setelah berhasil login maka akan muncul opsi untuk memilih file-file apa saja yang ingin disinkronisasikan pada semua perangkat, yaitu iCloud Drive, Foto, Mail, dan Bookmark.

cara install icloud di windows 10

Pilih jenis data mana saja yang Anda inginkan dengan cara memberikan tanda centang > setelah itu klik tombol Terapkan.

5. Mulai menyimpan file ke iCloud dari Windows 10

Sekarang iCloud sudah siap digunakan di Windows 10. Anda sudah bisa mulai menyimpan file-file dari laptop Windows 10 kemudian menggunakannya pada perangkat Apple yang lain.

Cara menggunakan iCloud di Windows 10

iCloud bisa digunakan untuk menyimpan file-file yang Anda inginkan kemudian mengaksesnya dari perangkat apple yang lain. Selama perangkat tersebut login dengan akun Apple ID yang sama maka semua file Anda akan ada di sana.

Setelah diinstall, direktori iCloud akan terlihat pada panel Quick Access di Windows 10. Direktori ini berfungsi layaknya folder biasa, untuk menyimpan file cukup dengan cara copy-paste file ke direktori tersebut.

cara menggunakan icloud windows 10

Jika Anda mengaktifkan fitur Foto, maka direktori foto juga akan berada pada panel Quick Access di Windows Explorer. Pada dasarnya direktori ini juga berfungsi sama seperti folder lainnya, hanya saja memang ditujukuan khusus untuk menyimpan file-file gambar.

Untuk menyimpan file foto dari laptop Windows 10 ke iCloud Foto caranya dengan copy-paste file langsung ke direktori Foto yang ada di Explorer.

cara menggunakan icloud di windows 10

Sesaat setelah file dimasukkan ke iCloud proses sinkronisasi akan berlangsung secara otomatis, syaratnya laptop harus terhubung ke internet.

Cara update aplikasi iCloud di Windows 10

Untuk memperbarui aplikasi iCloud bisa dilakukan langsung dri Microsoft Store. Anda perlu mengecek secara manual apakah ada pembaruan atau tidak dari iCloud.

Caranya dengan membuka program Microsoft Store > klik tombol menu > pilih Download and Update > temukan aplikasi iCloud lalu klik tombol Update.

Cara uninstall iCloud di Windows 10

Untuk menghapus aplikasi iCloud dari Windows 10 sama seperti menghapus aplikasi lain pada umumnya. Anda bisa melakukannya dengan membuka Control Panel > masuk ke Program & Features > temukan aplikasi iCloud > klik kanan > pilih Uninstall.

Jika ingin menghapusnya hingga bersih sampai ke akar-akarnya Anda bisa menggunakan tutorial ini: Cara menghapus program sampai bersih.

Nah itulah cara install dan menggunakan iCloud di Windows 10, mudah sekali bukan? Semoga bermanfaat.

Leave a Comment