Cara Install Driver Dengan Format Zip & Rar di Windows 10 (Manual)

Saat mendownload driver Windows 10 dari internet kita seringkali mendapati file arsip dengan format .zip atau .rar sehingga bingung bagaimana cara menginstallnya. Berbeda dengan format .exe atau .msi yang bisa langsung diklik dua kali untuk mengisntallnya, format .zip dan .rar membutuhkan cara install yang berbeda.

Pada postingan sebelumnya kita sudah pernah membahas bagaimana cara cek driver yang belum terinstall. Kali ini Winpreso akan bahas bagaimana caranya menginstall driver secara manual dalam format zip.

Driver adalah program yang berfungsi sebagai penggerak perangkat keras pada sistem operasi Windows 10. Tanpa driver maka hardware seperti VGA, modem, mouse, touchpad, keyboard, WiFi dan ethernet, speaker, serta perangkat lainnya tidak akan bisa berfungsi.

Oleh karena itu untuk memastikan semua perangkat pada komputer bisa melakukan fungsinya maka kita harus menginstall semua driver yang sesuai dengan perangkat tersebut.

Cara install driver secara manual dalam format zip dan rar

1. Download file driver yang sesuai dengan perangkat

Pertama temukan driver yang sesuai dengan perangkat yang ada di komputer dan download filenya.

Untuk menemukan driver yang pas caranya bisa lihat di sini:

Cara mencari driver yang sesuai di Windows 10

2. Ekstrak file driver

Setelah mendapatkan file driver lihat dulu format filenya, jika dalam format .exe atau .msi maka bisa langsung diinstall seperti biasa dengan klik dua kali.

Tapi jika file driver dalam bentuk archive dengan format .zip, .rar, .7z, .gzip maka file tersbut perlu diekstrak terlebih dahulu.

Anda bisa menggunakan program seperti 7zip atau winrar untuk mengekstraknya. Klik kanan pada file driver > pilih Extract to folder.

cara install driver format zip dan rar 1

File driver sekarang sudah berubah menjadi folder. Selanjutnya kita akan melakukan langkah untuk menginstallnya.

3. Buka program Device Manager

Selanjutnya buka program Device Manager di laptop Anda.

Caranya tekan pada tombol Windows+X pada keyboard > pilih Device Manager.

4. Temukan device yang ingin diinstall drivernya

Pada Device Manager akan terlihat semua perangkat yang ada di laptop, temukan perangkat yang ingin Anda install drivernya.

Misalnya perangkat tersebut adalah VGA, maka pilih Display Adapter > klik pada tanda panah kecil di sampingnya untuk expand menu.

cara install driver format zip dan rar 2

5. Install driver secara manual

Selanjutnya kita tinggal menginstall file driver dalam format zip tadi secara manual.

Caranya dengan klik kanan pada device > pilih Update driver.

cara install driver format zip dan rar 3

Selanjutnya pilih pada opsi Browser my computer for drivers.

cara install driver format zip dan rar 4

Selanjutnya klik pada tombol Browse > pilih folder driver yang tadi sudah diekstrak > klik Next > ikuti prosesnya sampai selesai.

cara install driver format zip dan rar 5

Sampai di sini kita sudah berhasil menginstall driver di Windows 10 secara manual. Ulangi langkah-langkah di atas untuk menginstall driver pada perangkat lainnya.

Restart komputer Anda untuk melihat hasilnya. Jika driver yang diinstall sudah tepat maka perangkat keras yang dimaksud harusnya sudah bisa bekerja dengan baik sekarang.

Selamat mencoba, jika mengalami masalah silakan komentar di bawah. Dengan senang hati kami akan coba untuk membantu.

Leave a Comment