Cara Install & Menggunakan Apple Notes di Windows 10

Apple Notes adalah aplikasi yang bermanfaat untuk membuat catatan pada perangkat Apple. Aplikasi ini terhubung dengan akun Apple ID sehingga bisa digunakan pada semua perangkat Apple yang terhubung baik itu Macbook, iMac, iPhone, dan iPad.

Catatan yang Anda buat di Apple Notes tersimpan di iCloud milik Apple, sehingga akan ter-sinkronisasi pada semua perangkat. Hal ini akan memudahkan Anda membuat catatan penting dengan cepat pada perangkat mana saja yang sedang dipegang, dan melanjutkannya pada perangkat lain yang terhubung.

Bagaimana dengan pengguna yang menggunakan perangkat Apple tapi juga menggunakan Windows, seperti Dual Boot macOS dan Windows 10 misalnya. Bisakah menginstall aplikasi Apple Notes di Windows 10?

Hingga saat ini belum ada aplikasi Apple Notes untuk desktop Windows 10 sehingga hanya bisa diakses lewat browser. Akan tetapi ada satu trik yang bisa kita lakukan untuk mengakses Apple Notes seolah-olah itu adalah aplikasi.

Cara install dan menggunakan Apple Notes di Windows 10

1. Buka Google Chrome

Pertama, seperti biasanya, untuk mengakses aplikasi Apple Notes di Windows 10 kita membutuhkan browser. Disarankan menggunakan browser Google Chrome.

2. Buat profile baru pada Google Chrome

Langkah selanjutnya adalah membuat profile baru pada Google Chrome. Tujuannya untuk memisahkan cache dan cookies aplikasi Apple Notes dengan browser yang biasa digunakan.

Pada Google Chrome, klik tombol Profile > klik tombol Add.

gambar 1 cara install apple notes di windows 10

Beri nama profile Chrome yang baru dengan nama Apple Notes, atau nama apa saja sesuai keinginan Anda. Hilangkan centang pada Create a desktop shortcut for this user > kemudian klik pada tombol Add.

gambar 2 cara install apple notes di windows 10

3. Buka aplikasi Apple Notes

Pastikan Anda sedang berada pada profile browser baru yang tadi sudah dibuat.

Selanjutnya masuk ke aplikasi Apple Notes melalui link berikut ini:

https://www.icloud.com/notes

4. Login dengan Apple ID

Anda akan diminta untuk login dengan akun Apple.

Login seperti biasa, apabila Anda sudah mengaktifkan 2-step verification maka Anda perlu membuka perangkat apple Anda untuk mendapatkan kodenya.

Langkah penting: Anda harus mencentang opsi Keep me signed in.

gambar 3 cara install apple notes di windows 10

Opsi Keep me signed in harus dicentang, tujuannya agar aplikasi Apple Notes di Windows 10 bisa langsung dibuka tanpa login berulang-ulang.

5. Pilih Trust this browser

Selanjutnya pertanyaan Trust this browser akan muncul. Klik pada pilihan Trust. Tujuannya agar login selanjutnya tidak perlu menggunakan kode verifikasi lagi.

gambar 4 cara install apple notes di windows 10

6. Buat shortcut aplikasi Apple Notes di Windows 10

Setelah masuk ke Apple Notes di browser, langkah selanjutnya adalah membuat shortcut di desktop Windows 10.

Caranya klik pada tombol menu di pojok kanan atas > pilih More tools > klik Create shortcut

gambar 5 cara install apple notes di windows 10

7. Beri nama shortcut sesuai keinginan

Jendela pop up akan muncul, selanjutnya Anda bisa memberi nama shortcut aplikasi Apple Notes sesuai keinginan. Centang pada opsi Open as window > klik Create.

gambar 6 cara install apple notes di windows 10

8. Gunakan aplikasi Apple Notes lewat shortcut yang sudah dibuat

Kembali ke desktop Windows 10. Di sana Anda akan menemukan shortcut aplikasi Apple Notes sesuai dengan nama yang Anda berikan tadi.

Shortcut inilah yang akan digunakan untuk membuka Apple Notes setiap kali Anda ingin menggunakannya.

gambar 7 cara install apple notes di windows 10

Dengan mengaksesnya melalui shortcut ini Anda akan langsung masuk ke Apple Notes tanpa harus login, dengan syarat Anda tidak membersihkan cache dan cookies pada browser.

Tampilan aplikasi Apple Notes di Windows 10 akan terlihat seperti ini:

gambar 8 cara install apple notes di windows 10

Solusi bagi yang dual boot Windows 10 dan macOS

Bagi Anda yang menggunakan Windows 10 dan macOS secara dual boot pada satu komputer Apple (Macbook atau iMac) dan tidak memiliki perangkat Apple lainnya pasti akan mengalami kesulitan saat login.

Pada saat akan login ke Apple Notes di di Windows 10 Anda akan diminta kode verifikasi yang dikirimkan ke perangkat Apple, yang mana adalah komputer yang saat ini sedang digunakan.

Masalahnya, kita tidak bisa menjalankan macOS dan Windows secara bersamaan.

Lalu bagaimana solusinya?

Mudah sekali. Yang perlu Anda lakukan adalah sign-out dulu akun Apple ID pada Macbook atau iMac sebelum melakukan trik pada tutorial ini.

Caranya dengan masuk ke System preferences > Apple ID > Overview > Sign Out.

Setelah itu boot ulang ke Windows 10 dan mulai lakukan trik untuk membuat shortcut aplikasi Apple Notes pada tutorial ini. Pada saat login maka verifikasi kode akan dikirimkan ke nomor hp.

Setelah selesai, maka Anda bisa login ulang di Macbook atau iMac seperti biasa.

Selamat mencoba, semoga bisa bermanfaat.

Leave a Comment