Cara Download ISO Windows 11 Tanpa Media Creation Tool

Apabila Anda download file ISO Windows 11 menggunakan PC atau laptop dengan sistem operasi Windows maka link download akan otomatis dialihkan menjadi Media Creation Tool. Alih-alih ingin mendapatkan file ISO Anda hanya akan menemukan tombol download untuk menyimpan file program Media Creation Tool.

Memang dari pihak Microsoft sendiri sudah merekomendasikan agar proses upgrade dari versi Windows lama ke Windows 11 dilakukan dengan Media Creation Tool. Namun cara ini bukanlah favorit semua orang, terutama mereka yang punya koneksi internet lambat. Untuk melakukan upgrade akan lebih mudah jika dilakukan dengan clean install menggunakan file ISO.

Pada tutorial ini kami akan berikan sebuah trik bagaimana cara memunculkan link download ISO Windows 11 pada situs Microsoft meskipun Anda mengaksesnya menggunakan perangkat Windows.

Cara Download ISO Windows 11 Tanpa Media Creation Tool

1. Buka browser Google Chrome

Pertama silakan buka aplikasi browser di komputer Anda, disarankan untuk menggunakan Google Chrome.

2. Buka halaman download ISO di situs Microsoft

Selanjutnya masuk ke halaman downoad ISO original di situs Microsoft berikut ini:

https://www.microsoft.com/software-download/windows11

3. Aktifkan developer mode di Google Chrome

Setelah masuk ke halaman download, pada Google Chrome klik tombol menu yang ada di pojok kanan atas browser (icon titik tiga) kemudian pilih More Tools > Developer Tools

1 cara download iso windows 11

4. Ganti User Agent menjadi selain Windows

Perhatikan pada bar atas di bagian perangkat, Anda perlu mengganti perangkat menjadi apa saja selain dari perangkat Windows, bisa menggunakan iPad atau iPhone. Pada tutorial ini kita akan coba menggunakan perangkat iPad Pro.

2 cara download iso windows 11

5. Muat ulang halaman

Setelah mengganti perangkat pada Developer Tools, sekarang saatnya melakukan reload atau muat ulang halaman. Silakan tekan tombol reload pada browser Google Chrome atau tekan tombol F5 pada keyboard untuk memuat ulang halaman.

Apabila halaman sudah selesai dimuat ulang, maka Anda akan melihat tombol Download ISO yang berisi link ke file ISO yang bisa Anda simpan ke komputer. Silakan perbesar terlebih dahulu zoom yang ada pada Developer Tools menjadi 100%.

3 cara download iso windows 11

6. Download file ISO Windows 11

Sekarang Anda sudah bisa mendownload file ISO original Windows 11 langsung dari situs Microsoft. Silakan pilih versi Windows 11 (multi-edition ISO) kemudian klik tombol Download.

4 cara download iso windows 11

Tunggu hingga proses download selesai. Sampai di sini Anda sudah berhasil memiliki file ISO Windows 11 dan bisa digunakan untuk melakukan install ulang, upgrade, dan clean install perangkat PC dan laptop yang Anda inginkan.

Jika Anda memerlukan panduan langkah-langkah menginstall Windows 11 bisa lihat di sini:

Pertanyaan-pertanyaan pengguna

Apa itu Media Creation Tool?

Media Creation Tool adalah program yang dikembangkan oleh Microsoft untuk Upgrade Windows dan membuat perangkat bootable untuk menginstall OS Windows.

Apa fungsi Media Creation Tool?

Fungsi Media Creation Tool adalah untuk upgrade Windows yang digunakan sekarang, atau membuat perangkat bootable untuk menginstall Windows pada komputer lain.

Mengapa setiap kali ingin download ISO Windows 11 selalu diberikan link Media Creation Tool?

Hal ini terjadi karena Anda mengakses halaman download menggunakan sistem operasi Windows. Pengguna yang menggunakan sistem operasi lain seperti macOS, Linux, atau Android akan mendapatkan link download ISO, bukannya Media Creation Tool.

Bisakah install Windows 11 tanpa Media Creation Tool?

Bisa. Untuk menginstall Windows 11 bisa dilakukan dengan menggunakan file ISO tanpa Media Creation Tool. Anda bisa membuat perangkat bootable menggunakan flashdisk atau harddisk eksternal.

Apa itu file ISO?

File ISO adalah format file arsip yang biasa digunakan pada optical disk (CD, DVD). Di dalam file ISO Windows 11 terdapat semua file sistem operasi yang akan digunakan untuk proses install.

Leave a Comment