Cara Download dan Install Aplikasi Dari Microsoft Store di Windows 10

Bagi pengguna Windows 10 Anda tentu sudah mengenal apa itu Microsoft Store, di sana ada banyak sekali aplikasi bagus yang bisa Anda dapatkan secara gratis. Mulai dari aplikasi untuk produktifitas, editor teks, editor gambar, aplikasi untuk edit video, hingga game ada di sana.

Bila Anda pengguna baru Windows 10 dan menemukan kesulitan untuk menginstall aplikasi dari Microsoft Store maka pada kesempatan kali ini Winpreso akan berikan panduan bagaimana cara melakukannya dengan mudah.

Pada postingan sebelumnya kami juga sudah pernah membahas beberapa aplikasi wajib terbaik untuk Windows 10, jika Anda adalah pengguna baru maka tidak ada salahnya melihat daftarnya di sini: Aplikasi wajib untuk Windows 10

Cara download dan install aplikasi dari Microsoft Store

1. Pastikan komputer dalam keadaan online

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika hendak menginstall aplikasi dari Microsoft Store adalah memastikan PC dan laptop yang digunakan sudah terhubung ke internet. Pada saat proses install kita harus download aplikasi yang diinginkan ke komputer, setelah itu baru nanti bisa digunakan secara offline.

Menginstall aplikasi dan game dari Microsoft Store itu sama seperti menginstall app dari Playstore, harus dilakukan secara online. Jadi jika Anda ingin melakukannya maka koneksi internet adalah hal yang wajib. Ukuran aplikasi yang ada juga sangat beragam, jadi pastikan kuota internet Anda cukup untuk download aplikasi yang diinginkan.

2. Buka Microsoft Store

Setelah memastikan komputer terhubung dengan koneksi internet yang stabil, langkah selanjutnya adalah buka aplikasi Microsoft Store yang ada di Windows 10 Anda. Caranya dengan klik tombol Start lalu pilih Microsoft Store.

3. Login atau buat akun Microsoft jika belum ada

Sebelum bisa menginstall aplikasi Microsoft Store kita akan diminta untuk login menggunakan akun Microsoft. Perhatikan pada bar paling atas sebelah kanan, di sana ada tombol untuk menambahkan akun. Klik tombol tersebut untuk login ke akun Microsoft Anda.

cara download aplikasi di microsoft store

Masukkan alamat email yang terhubung dengan akun Microsoft beserta passwordnya kemudian klik Login. Tunggu proses login berhasil, setelah itu Anda akan dibawa kembali ke halaman utama Microsoft Store.

Apabila tidak memiliki akun maka klik pada pilihan Create one! untuk membuat akun Microsoft baru.

cara install aplikasi di microsoft store

Isikan data-data yang diminta seperti biasa, Anda juga mungkin akan diminta untuk melakukan verifikasi menggunakan nomor handphone, pastikan Anda sudah menyiapkan nomor yang aktif untuk digunakan.

Ikuti langkah-langkahnya hingga selesai.

4. Temukan aplikasi dan game yang diinginkan

Langkah selanjutnya adalah menemukan aplikasi atau game yang ingin Anda install. Di dalam Microsoft Store tersedia banyak sekali pilihan, Anda bisa memilih aplikasi berdasarkan kategori muldai dari aplikasi untuk produktifitas, permainan, hiburan, dan aplikasi berbayar yang sedang promo.

Untuk menemukan aplikasi yang diinginkan dengan cepat Anda bisa menggunakan fitur Search. Klik tombol Search yang ada pada bagian atas sebelah kanan, lalu ketik kata kunci atau nama aplikasi yang Anda ingin download.

5. Install aplikasi ke komputer

Setelah berhasil menemukan aplikasi dan game yang diinginkan selanjutnya klik satu kali untuk masuk ke halaman aplikasi. Di sana Anda bisa melihat keterangan ukuran, fitur, dan spesifikasi minimum yang dibutuhkan untuk menjalankannya.

Untuk download dan install aplikasi klik pada tombol Get, tunggu sebentar hingga tombol Install muncul. Setelah itu klik pada tombol Install untuk memulai proses download. Tunggu saja hingga selesai.

cara install aplikasi dan game di microsoft store

Setelah aplikasi berhasil diinstall Anda akan mendapatkan notifikasi, klik pada tombol Launch untuk membuka aplikasi tersebut.

Selesai. Anda sudah berhasil menginstall aplikasi dari Microsoft Store. Selanjutnya jika ingin menginstall aplikasi lainnya Anda bisa melakukan langkah yang sama. Lakukan juga update Windows 10 untuk mendapatkan fitur dan aplikasi terbaru di Microsoft Store.

Mengatasi aplikasi tidak bisa diinstall atau tidak tersedia

Beberapa aplikasi di Microsoft Store mungkin tidak bisa diinstall karena tidak tersedia di negara tempat kita tinggal. Hal ini terjadi karena memang ada pembatasan region untuk aplikasi tertentu sehingga hanya bisa diinstall oleh pengguna yang berasal dari negara besar seperti USA.

Saat mendapati aplikasi yang dibatasi secara region maka Anda tidak akan bisa menginstalnya, biasanya Anda akan medapatkan pesan seperti “This application is currently not available, This application isn’t available in your country or region, This application is not supported in your country, dan semacamnya.

Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Apabila aplikasi yang Anda inginkan tidak bisa diinstall karena tidak tersedia di Indonesia maka ada suatu cara untuk mengakalinya yaitu dengan mengganti lokasi region di settingan Windows 10.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka Region Settings dengan cara klik tombol Start lalu ketik “region”
  2. Pilih menu Region Settings
  3. Pada pilihan Region ganti jadi United States
  4. Pada pilihan Regional format ganti jadi English (United States)
  5. Tutup halaman settings lalu restart komputer Anda
mengatasi aplikasi tidak tersedia di microsoft store

Setelah komputer kembali menyala coba buka Microsoft Store kemudian cari aplikasi yang tadi ingin diinstall, sekarang Anda sudah bisa menginstallnya seperti biasa.

Cara update dan menghapus aplikasi dari Microsoft Store

Aplikasi dan game yang sudah diinstall dari Microsoft Store bisa Anda lihat di library. Dari sana Anda bisa melihat semua daftar aplikasi beserta ketersedian update terbarunya.

Untuk melakukan update caranya masuk dulu ke library dengan mengklik tanda titik tiga di pojok kanan atas kemudian pilih My Library.

Kemudian pada panel sebelah kiri klik menu Downloads, Anda akan melihat daftar update yang tersedia. Untuk melakukan update aplikasi klik pada tombol Update all.

cara update aplikasi microsoft store

Tunggu hingga proses download update selesai. Anda juga bisa memilih aplikasi tertentu saja yang ingin diupdate dengan cara klik tombol update satu per satu pada aplikasi yang diinginkan.

Menghapus aplikasi dari Microsoft Store

Aplikasi yang diinstall dari Microsoft Store akan tersimpan di drive seperti aplikasi lainnya. Untuk menghapus aplikasi ini bisa dilakukan secara manual lewat menu App Settings di Windows 10 atau menggunakan aplikasi uninstaller untuk menghapus aplikasi hingga bersih.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Klik tombol Start
  2. Klik tombol Settings (icon gear)
  3. Pilih menu Apps
  4. Pada panel sebelah kanan tarik ke bawah hingga menemukan menu App & features
  5. Temukan aplikasi yang ingin dihapus
  6. Klik satu kali aplikasi tersebut
  7. Klik tombol Uninstall
  8. Tunggu hingga proses uninstall selesai
cara hapus aplikasi microsoft store

Ulangi langkah yang sama untuk menghapus aplikasi dari Microsoft Store lainnya. Setelah menghapus aplikasi Anda juga mungkin perlu menggunakan aplikasi cleaner untuk membersihkan file-file yang masih tersisa.

Demikian tutorial cara download dan install aplikasi dari Microsoft Store di Windows 10. Selamat mencoba semoga berhasil!

Leave a Comment