Cara Daftar LTMPT 2021 dan Login ke Situs ltmpt.ac.id

Untuk calon mahasiswa yang ingin mendaftar masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) harus memiliki akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) terlebih dahulu.

Setelah memiliki akun LTMPT barulah nanti bisa mendaftar lewat beberapa jalur tes yang tersedia yaitu SNMPTN 2021 (seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri), UTBK 2021 (Ujian Tulis Berbasis Komputer), dan SBMPTN 2021 (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Cara membuat akun LTMPT tidaklah sulit, data-data yang harus kamu persiapkan di antaranya:

  • Alamat email aktif
  • NISN (nomor induk siswa nasional)
  • NPSN (nomor pokok sekolah nasional)
  • Pasfoto

Data-data di atas bisa Anda dapatkan dari data administrasi sekolah kamu masing-masing. Setelah memilikinya selanjutnya langsung lakukan pendaftaran ke situs LTMPT di alamat ltmpt.ac.id, proses pendaftaran bisa dilakukan lewat laptop atau smartphone, disarankan untuk menggunakan browser Google Chrome.

Cara daftar LTMPT 2021 di situs ltmpt.ac.id

1. Persiapkan data-data yang diperlukan

Langkah pertama pastikan kamu sudah memiliki data-data yang diperlukan untuk melakukan pendaftaran akun di LTMPT, yaitu nomor NISN, NPSN, dan email yang aktif.

2. Buka halaman situs pendaftaran LTMPT

Selanjutnya buka browser di laptop atau smartphone kamu kemudian masuk ke halaman pendaftaran LTMPT di https://portal.ltmpt.ac.id

3. Klik link Daftar di sini

Pada halaman utama klik pada link Daftar di sini untuk memulai proses pembuatan akun.

cara daftar ltmpt 1

4. Klik tombol Daftar untuk membuat akun baru

Pada halaman selanjutnya klik tombol Daftar yang ada di bawah menu Siswa.

cara daftar ltmpt 2

5. Isi data NISN NPSN dan tanggal lahir

Masukkan data-data kamu yang tadi sudah dipersiapkan pada kolom NISN, NPSN, dan Tanggal Lahir. Setelah itu klik tombol Selanjutnya.

cara daftar ltmpt 3

6. Masukkan email dan password

Masukkan alamat email kamu yang aktif, usahakan email ini adalah email utama kamu. Kemudian masukkan password akun. Setelah itu klik tombol Daftar.

7. Cek inbox di email untuk aktivasi akun

Proses pendaftaran sudah selesai. Kamu akan menerima email untuk melakukan aktivasi akun. Buka email yang kamu gunakan untuk mendaftar kemudian cek inbox yang dikirimkan oleh LTMPT kemudian klik pada tombol Aktivasi Akun.

Cara login ke situs ltmpt.ac.id untuk verifikasi data siswa

Setelah kamu berhasil membuat akun ltmpt untuk masuk ke perguruan tinggi negeri dan akun tersebut sudah diaktivasi, maka langkah selanjutnya adalah melakukan verifikasi data siswa. Caranya adalah dengan login ke situs ltmpt.ac.id

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka halaman https://portal.ltmpt.ac.id

Buka aplikasi browser di laptop atau smartphone kamu, kemudian masuk ke halaman situs https://portal.ltmpt.ac.id

2. Masukkan alamat email dan password kamu

Login dengan cara memasukkan email yang tadi digunakan untuk pendaftaran dan password.

3. Klik tombol Masuk

Selanjutnya klik pada tombol Masuk untuk login ke dashboard akun.

cara login situs ltmpt

4. Pilih pada menu Verifikasi dan Validasi Data Sekolah atau Siswa

Setelah berhasil masuk ke akun LTMPT selanjutnya kamu pilih menu Verifikasi dan Validasi Data Sekolah atau Siswa

5. Isi data-data Anda dan pastikan semua data yang dimasukkan sudah benar

Pada halaman verifikasi data siswa isi data-data yang masih belum lengkap. Pastikan juga data-data yang kamu masukkan sudah benar semuanya. Setelah selesai klik pada tombol Perbarui Data > klik lagi tombol Selanjutnya.

6. Periksa data-data pada halaman Verifikasi Riwayat Sekolah

Pada halaman Verifikasi Riwayat Sekolah pastikan semua data-data yang ada di sana sudah benar, jika ada yang masih kurang atau tidak benar maka kamu bisa melengkapinya dan melakukan perbaikan. Setelah itu klik pada tombol Perbarui Data > klik tombol Selanjutnya.

7. Pada halaman Unggah Pas Foto masukkan pas foto Anda

Selanjutnya kamu akan diminta untuk upload pasfoto. Pilih file pasfoto yang sudah disiapkan kemudian klik tombol Unggah. Pastikan pasfoto yang digunakan sudah memenuhi persyaratan.

8. Pada halaman konfirmasi data klik pada tombol Simpan Permanen

Pada halaman konfirmasi data yang merupakan halaman terakhir, pastikan semua data yang kamu masukkan sudah benar semua. Setelah itu centang pada persetujuan pernyataan dan klik pada tombol Simpan Permanen.

Ingat, pada tahap ini apabila kamu sudah menekan tombol Simpan Permanen maka data-data sudah tidak bisa diubah lagi, jadi sebelumnya pastikan data-data kamu sudah lengkap semuanya dan tidak tidak ada yang salah

Cara daftar akun sekolah di LTMPT

Bagi Bapak/Ibuk Guru yang belum memiliki akun LTMPT untuk sekolahnya maka bisa melakukan pendaftaran secara online lewat situs resmi ltmpt.ac.id. Proses pendaftaran sangat mudah dan hanya memakan waktu beberapa menit saja.

Persyaratan/data yang perlu dipersiapkan di antaranya:

  • Alamat email aktif
  • Data NSPN
  • Kode Registrasi Pusdatin Kemdikbud
  • Data kepala sekolah/operator sekolah (Nama, TL)

Berikut ini langkah-langkah daftar akun Sekolah di LTMPT:

1. Masuk ke halaman pendaftaran LTMPT sekolah

Langkah pertama Anda buka aplikasi browser di laptop atau smartphone, kemudian masuk ke halaman pendaftaran di https://portal.ltmpt.ac.id.

2. Klik link Daftar di sini

Pada halaman utama klik pada link Daftar d sini untuk memulai proses pendaftaran.

cara membuat akun ltmpt sekolah

2. Klik tombol Daftar pada menu Sekolah

Klik tombol Daftar yang ada di bawah menu Sekolah.

cara membuat akun ltmpt sekolah 1

3. Masukkan data NPSN dan Kode Registrasi Pusdatin Kemdikbud

Pada halaman pertama pendaftaran, isi data-data yang diminta yaitu NPSN dan Kode Registrasi Pusdatin dari Kemdikbud. Setelah itu klik tombol Selanjutnya.

4. Masukkan data nama kepala sekolah atau operator sekolah

Pada halaman selanjutnya isi data-data kepala sekolah atau operator sekolah, kemudian masukkan alamat email aktif dan password.

5. Klik tombol Daftar

Setelah selesai mengisi data-data dan memastikan semuanya sudah benar, lalu klik pada tombol Daftar.

6. Cek email untuk melakukan aktivasi akun

Buka email yang tadi digunakan untuk membuat akun, cek pada inbox, di sana akan terlihat ada email masuk dari LTMPT. Buka inbox tersebut kemudian klik pada Aktivasi Akun.

Cara login ke ltmpt.ac.id untuk verifikasi data sekolah

Setelah berhasil membuat akun LTMPT maka langkah selanjutnya adalah melakukan verifikasi dan melengkapi data-data sekolah.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka halaman login LTMPT

Gunakan browser di laptop atau smartphone untuk membuka halaman https://portal.ltmpt.ac.id

2. Login dengan menggunakan email dan password

Masukan email dan password yang tadi Anda gunakan untuk membuat akun

3. Klik tombol Masuk

Klik pada tombol Masuk untuk login ke dashboard akun.

cara login situs ltmpt

4. Periksa data-data pada halaman verifikasi data sekolah

Pada halaman verifikasi data sekolah pastikan semua data-data yang ada sudah benar, bila masih ada data yang belum lengkap maka Anda bisa mengisinya pada halaman ini. Setelah itu klik tombol Selanjutnya.

5. Periksa data-data pada halaman verifikasi data siswa

Pada halaman selanjutnya Anda bisa memeriksa apakah data-data siswa kelas 12 yang terdaftar sudah benar. Di sana juga akan terlihat status akun mereka.

6. Setelah memastikan semua data benar klik Simpan Permanen

Pada halaman terakhir yaitu konfirmasi data, Anda bisa memastikan sekali lagi jika semua data sudah benar. Setelah itu klik centang pada persetujuan pernyataan kemudian klik tombol Simpan Permanen.

Mengatasi email aktivasi LTMPT tidak masuk

Saat daftar akun LTMPT di situs ltmpt.ac.id ada satu tahapan yang mengharuskan kamu melakuakn aktivasi akun. Proses ini dilakukan dengan membuka email masuk yang dikirimkan oleh situs LTMPT.

Beberapa orang mungkin akan mengalami email dari LTMPT tidak masuk ke inbox, terutama bagi mereka yang menggunakan layanan email yang cukup sensitif dalam memfilter email otomatis.

Tapi tidak perlu panik, karena biasanya email yang tidak masuk disebabkan karena terkena filter SPAM. Apabila email tidak ada di Inbox maka cara mengatasinya adalah dengan cek pada folder SPAM, di sana akan terlihat ada email masuk dari ltmpt.ac.id

Setelah email aktivasi berhasil di temukan, klik pada link yang ada di sana untuk melakukan aktivasi akun kamu. Jika akun sudah aktif maka kamu bisa melakukan langkah selanjutnya untuk memverifikasi data-data dan melakukan konfirmasi.

Nah itulah cara mudah untuk daftar akun LTMPT tahun 2021 ini. Selamat berjuang dan semoga cita-cita kamu untuk masuk ke universitas idaman bisa tercapai.

Leave a Comment