Cara Cek Driver Yang Belum Terinstall di Windows 10

Masalah yang paling sering terjadi pada PC dan laptop Windows adalah perangkat yang tidak berfungsi karena drivernya belum terinstall.

Driver merupakan program yang berfungsi untuk menghubungkan sistem operasi dengan perangkat keras, program inilah yang menggerakkan perangkat tersebut sehingga bisa melakukan fungsinya. Tanpa driver, maka perangkat keras Anda tidak akan bisa digunakan.

Pada postingan sebelumnya kita sudah membahas tentang bagaimana cara mencari driver yang sesuai dan cara update driver. Pada kesempatan kali ini kita akan bahas bagaimana cara mengetahui driver yang belum terinstall di Windows 10.

Cara cek driver yang belum terinstall di Windows 10

1. Buka Device Manager

Pertama buka Device Manager di komputer Anda dengan cara klik kanan pada tombol Windows > pilih Device Manager.

cara cek driver belum terinstall windows 10

Device Manager merupakan program di Windows yang berfungsi untuk mengatur semua driver yang ada.

Dari sini Anda bisa mengetahui driver mana saja yang sudah terinstall dan belum. Anda juga bisa melihat driver mana saja yang mengalami masalah dan segera memperbaikinya.

2. Temukan driver yang belum terinstall

Pada Device Manager akan terlihat daftar device dan drvier yang ada di komputer Anda.

Temukan device yang masih belum terinstall drivernya, cara untuk mengetahuinya adalah dari icon tanda seru berwarna kuning. Pada device yang masih belum memiliki driver akan terlihat ada icon tanda seru tersebut.

Contohnya seperti gambar di bawah ini:

cara cek driver yang belum diinstall windows 10

3. Salin hardware ids

Setelah menemukan perangkat mana yang drivernya belum terinstall maka langkah selanjutnya adalah kita harus mencari dan menginstall driver yang cocok untuk perangkat tersebut.

Caranya adalah dengan mencari driver berdasarkan id perangkat, dengan metode ini kita akan mendapatkan driver yang sesuai.

Pertama kita salin dulu id perangkat yang ingin diinstall drivernya.

Pada Device Manger klik kanan pada device yang belum terinstall driver > pilih Properties.

cara mengetahui driver laptop yang belum terinstall

Selanjutnya klik pada tab Details > pada bagian Property ganti menjadi Hardware ids > klik kanan pada baris kode pertama > Copy.

cara cek driver yang belum terinstall di windows 10

4. Download driver yang cocok

Selanjutnya kita akan mencari driver yang cocok dengan menggunakan hardware id yang tadi sudah disalin.

Buka browser Anda lalu masuk ke situs https://drp.su/en/catalog

Paste hardware id pada kolom pencarian lalu tekan enter. Tunggu hingga hasilnya muncul.

Anda akan melihat beberapa versi driver yang tersedia, pilih yang untuk Windows 10 dan sesuaikan arsitekturnya, apakah 32-bit atau 64-bit sesuai dengan Windows yang terinstal di komputer Anda.

Download driver yang sesuai dan tunggu hingga prosesnya selesai.

5. Install driver ke komputer

Setelah driver selesai didownload klik dua kali untuk memulai proses install. Lanjutkan langkah-langkahnya seperti menginstall program biasa. Restart komputer apabila diperlukan.

Selesai, kita sudah berhasil menemukan driver yang belum terinstall di Windows 10 dan menginstall driver yang sesuai. Ulangi langkah di atas untuk menemukan driver lain yang belum diinstall lalu cari driver yang tepat hingga semua driver terinstall dengan sempurna.

Penutup

Saat terjadi masalah pada komputer yang tidak bisa diatasi seperti file system yang korup, aplikasi yang tidak bisa dibuka, bahkan blue screen maka install ulang menjadi solusi prkatis yang biasanya orang-orang lakukan.

Tapi terkadang hal ini juga bisa cukup merepotkan karena setelah install ulang Anda harus memastikan bahwa semua driver sudah terinstall agar komputer bisa berjalan normal seperti sebelumnya.

Yang jadi masalah adalah saat Anda tidak tahu driver mana saja yang sudah terinstall dan mana yang belum, untuk itu Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut yang sudah kami jelaskan di atas untuk mengetahui driver mana saja yang belum terinstall di Windows 10.

Semoga bisa membantu.

2 thoughts on “Cara Cek Driver Yang Belum Terinstall di Windows 10”

    • saya lebih suka cara ini mas, kalau pake aplikasi rata-rata berbayar, yang gratisan biasanya ribet.

      Reply

Leave a Comment