Mengatasi “Cannot open volume for direct access” CHKDSK

Saat menjalankan perintah CHKDSK lewat program Command Prompt untuk melakukan perbaikan pada disk Anda mungkin akan mendapati pesan error yang berbunyi “Cannot open volume for direct access. Ketika error ini muncul, maka proses scanning tidak dapat dilakukan sehingga proses perbaikan jadi terhambat.

Masalah ini biasanya muncul ketika Anda menjalankan CHKDSK dengan fungsi /f (fix), yang digunakan untuk melakukan perbaikan pada disk dan file-file yang ada di dalamnya. Namun karena sebab tertentu proses scanning jadi tidak bisa berjalan dan muncullah pesan error. Untuk mengatasinya, ada beberapa hal yang bisa Anda coba lakukan. Pada kesempatan kali ini kami akan berikan beberapa solusi yang bisa dicoba satu per satu.

1. Restart komputer

Hal pertama yang wajib dicoba saat mengalami masalah ini adalah melakukan restart. Salah satu penyebab chkdsk tidak bisa melakukan scan pada disk adalah status disk yang masih digunakan oleh aplikasi lain, sehingga masih dalam posisi locked. Dengan melakukan restart maka hal ini biasanya akan teratasi. Apabila ternyata setelah melakukan restart namun masalah masih tetap muncul maka ikuti langkah selanjutnya.

2. Matikan service program pihak ketiga yang mengunci hard disk

Penyebab selanjutnya mengapa hardisk tidak bisa discan menggunakan chkdsk adalah karena ada service dari program tertentu yang masih menggunakan hardisk di komputer Anda. Ini akan menyebabkan status hardisk masih terkunci sehingga tidak bisa diakses oleh chkdsk.

Untuk mengatasinya bisa dengan cara mematikan service dari program pihak ketiga tersebut. Agar bisa melakukan hal ini maka Anda harus tahu dulu program apa yang menjadi sumber masalahnya.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Tekan tombol Windows+R kemudian ketik: services.msc

mengatasi cannot open volume for direct access_1

2. Program Services Manager akan terbuka, di sana Anda akan melihat semua services yang ada di komputer Anda

3. Temukan services dari program yang menjadi sumber masalah

4. Klik kanan pada services tersebut kemudian pilih Properties

5. Pada bagian Startup type pilih opsi Disabled kemudian klik tombol OK

mengatasi cannot open volume for direct access_2

6. Tutup program Services Manager

Setelah mematikan services yang dicurigai sebagai penyebab error, sekarang Anda bisa mencoba lagi melakukan scanning hard disk menggunakan chkdsk. Apabila services yang dimatikan tadi adalah benar penyebabnya maka seharusnya sekarang proses scan sudah bisa dilakukan.

Apabila proses scan masih belum bisa dan masih muncul error Cannot open volume for direct access, maka Anda bisa kembali lagi ke program Services Manager dan coba matikan services lainnya yang sekiranya mungkin menjadi penyebab masalah. Ulangi langkah ini hingga chkdsk bisa dijalankan.

3. Matikan atau uninstall antivirus

Selanjutnya Anda bisa coba untuk mematikan antivirus pihak ketiga yang terpasang saat akan menjalankan perbaikan menggunakan CHKDSK. Antivirus tertentu biasanya memiliki fitur real-time protection yang berjalan sepanjang pada hardisk, ini akan menyebabkan status hardisk dalam keadaan locked atau terkunci sehingga tidak bisa discan oleh CHKDSK.

Untuk mengatasinya cukup mudah, cukup matikan antivirus tersebut dan coba lagi jalankan proses scan. Apabila masih tetap tidak bisa maka Anda bisa hapus saja program antivirus tersebut dan lihat apakah ini bisa menyelesaikan masalah. Sebagai gantinya, Anda cukup menggunakan antivirus bawaan saja sebagai pelindung komputer Anda dari virus.

4. Uninstall program yang terakhir kali diinstall atau yang dicurigai menjadi penyebab

Selain karena antivirus, program pihak ketiga tertentu juga bisa menyebabkan error Cannot open volume for direct access pada saat menjalankan CHKDSK. Hal ini disebabkan karena masalah yang sama, yaitu hardisk dalam keadaan terkunci oleh aplikasi tersebut sehingga tidak bisa diakses oleh chkdsk.

Untuk mengtasinya maka Anda harus menemukan program mana yang menjadi sumber masalah kemudian hapus program tersebut dari komputer. Coba Anda ingat-ingat apakah ada program terkakhir yang diinstall? Apakah masalah muncul setelah menginstall program tersebut? Jika iya, maka program itu yang harus dihapus.

Untuk memastikan Anda menghapus program hingga bersih maka semua file sisa juga harus dihapus. Untuk melakukannya bisa ikuti tutorial ini: Cara menghapus program sampai bersih

5. Jalankan CHKDSK dari Safe Mode

Safe mode merupakan kondisi di mana Windows berjalan dalam mode dasar. Pada saat berjalan dalam kondisi Safe Mode, semua service, driver, dan program yang dijalankan adalah semua yang termasuk dalam sistem inti saja. Dengan kata lain, masuk ke Safe mode akan menonaktifkan semua services dan program yang tidak termasuk dalam inti sistem operasi Windows.

Masuk ke Safe Mode bisa menjadi penyelesaian yang cukup efektif mengingat penyebab utama CHKDSK tidak bisa dijalankan ini umumnya disebabkan karena status hardisk yang terkunci oleh sebuah services atau program lain.

Untuk masuk ke Safe Mode caranya cukup mudah, Anda bisa mengikuti panduan berikut ini: Cara masuk ke Safe Mode

Setelah berhasil masuk ke Safe Mode selanjutnya Anda bisa coba lagi untuk menjalankan CHKDSK melalui CMD, seharusnya sekarang sudah bisa.

Demikian beberapa solusi mengatasi error Cannot open volume for direct access pada CHKDSK. Semoga bisa membantu. Apabila masih belum berhasil Anda bisa gunakan kolom komentar di bawah ini untuk melakukan diskusi.

Leave a Comment