Cara Bypass Limit Download Google Drive, Docs, dan Sheets

Google Drive merupakan layanan penyimpanan berbasis cloud dari Google yang bisa digunakan secara gratis. Di antara layanan lain, Google Drive memang cukup populer dan banyak dipakai untuk berbagi file secara online.

Salah satu masalah yang sering terjadi saat akan download file dari Google Drive adalah limit download yang sudah melebihi quota. Saat ini terjadi maka file tidak bisa di download dan Anda akan melihat keterangan “google drive quota exceeded“, “the user’s drive storage quota has been exceeded” atau dalam bahasa Indonesia “maaf, Anda tidak dapat melihat atau mendownload file ini sekarang“.

Jika situs yang menyediakan file yang ingin Anda download hanya memiliki satu link dari Google Drive saja maka ini akan menjadi masalah karena Anda jadi tidak bisa mendapatkan file tersebut. Oleh karena itu kami akan coba membantu memberikan sebuah trik untuk mengatasi limit Google Drive.

Penyebab limit Google Drive

Mengapa download di Google Drive mengalami limit?

Limit Google Drive terjadi karena file yang dibagikan sudah didownload oleh terlalu banyak pengguna dalam waktu yang relatif singkat. Proses pembatasan ini akan terjadi secara otomatis ketika Google mendeteksi sesuatu yang dianggap trafik download tidak wajar. Pembatasan download Google Drive biasanya akan terjadi selama 24 jam.

Sebagai contoh misalnya Anda membagikan sebuah file di Google Drive lewat sosial media tau website, apabila ternyata file tersebut disukai banyak orang maka apa yang akan terjadi selanjutnya adalah jumlah trafik download akan langsung meningkat dalam waktu singkat. Inilah yang biasanya akan memicu limit download dari Google Drive.

Sayangnya hingga saat ini tidak ada pemberitahuan resmi dari Google berapa batas download pada Google Drive yang diperbolehkan dalam sehari. Ketentuan yang ada adalah batas upload yaitu 750GB per akun dan batas maksimal upload sebuah file tunggal adalah 5TB.

Cara bypass limit Google Drive terbaru 2021

1. Login ke akun Google Drive Anda

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah login menggunakan akun Google Drive milik Anda. Skip langkah ini bila browser yang Anda gunakan adalah Google Chrome dan sudah login menggunakan akun Gmail. Jika belum maka silakan login terlebih dahulu ke akun Google Drive Anda.

2. Buka link file Google Drive yang kena limit download

Setelah login ke akun Anda selanjutnya buka link file yang tadi kena limit download. File tersebut mungkin akan berbeda-beda formatnya, bisa video (mp4, mkv), pdf, doc dan excel, archive (zip, rar, 7z), ataupun foto (jpg, png, webP, heic).

Untuk bisa melakukan trik ini file harus ditampilkan pada halaman preview. Semua file selain Doc dan Spreadsheet akan ditampilkan pada halaman preview, jadi kedua file ini triknya agak sedikit berbeda, nanti akan dibahas.

Sekarang kita fokus ke file yang ditampilkan pada halaman preview seperti foto, video, zip, software, dan format file lainnya. File yang langsung mengarah ke halaman preview akan terlihat seperti gambar di bawah ini:

cara bypass limit google drive terbaru 1

3. Tandai file menggunakan opsi Add star

Pada halaman preview perhatikan pada tombol tanda titik tiga di pojok kanan atas. Anda klik tombol tersebut kemudian pilih Add star.

cara bypass limit google drive terbaru 2

Langkah ini tujuannya adalah untuk memasukkan file ke dalam folder Starred yang ada di Google Drive kita. Triknya bypass ini idenya adalah melakukan download melalui akun kita sendiri. Seperti yang tadi sudah dijelaskan, limit itu terjadi hanya pada akun yang membagikan file, sedangkan akun kita tidak. Jadi dengan demikian kita tetap bisa download file yang kena limit dari akun Google Drive kita sendiri.

4. Masuk ke Google Drive Anda

Selanjutnya masuk ke halaman akun Google Drive Anda. Caranya seperti biasa dengen klik pada menu Google di pojok kanan atas browser atau bisa juga lewat link berikut ini: https://drive.google.com/drive/my-drive

5. Pilih folder Starred

Pada halaman utama penyimpanan Google Drive perhatikan menu pada panel sebelah kiri. Di sana ada folder dengan icon bintang bernama Starred. Klik pada folder tersebut.

cara bypass limit google drive terbaru 3

6. Buat shortcut pada file yang ingin didownload

Setelah masuk, di sana Anda akan melihat file yang tadi ingin Anda download tapi kena limit. Di dalam folder inilah semua file yang ditandai sebagai Starred akan terkumpul.

Selanjutnya kita perlu membuat shortcut agar file bisa didownload dari akun kita. Caranya dengan klik kanan pada file > pilih Add shortcut to drive > pilih My drive > pilih folder yang diinginkan atau buat folder baru.

cara bypass limit google drive terbaru 4

7. Download file ke komputer

Masuk ke folder di mana Anda meletakkan shortcut yang tadi dibuat. Selanjutnya klik kanan pada file tersebut > pilih Download. Proses download akan segera dimulai.

cara bypass limit google drive terbaru 5

Dengan cara ini Anda sudah bisa bypass limit Google Drive dengan mudah. Ulangi langkah-langkah di atas pada file-file lain yang diinginkan. Sampai tahun 2021 ini trik ini masih work.

Cara bypass limit download file Google Docs dan Sheets

Sama seperti jenis file lainna, file Google Docs dan Sheets juga bisa mengalami pembatasan apabila mendapatkan trafik download yang terlalu masif dalam waktu singkat. Setelah terkena limit maka file Docs dan Sheets tersebut tidak akan bisa didownload seperti biasa.

Untuk bypass limit download file Docs dan Sheets caranya berbeda dengan format lain seperti pada metode pertama tadi. Hal ini dikarenakan pada file jenis ini tidak ada jendela preview namun langsung masuk ke aplikasi editornya.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Pertama buka file Docs dan Sheets yang ingin Anda download. Setelah membuka link Anda akan langsung diarahkan ke halaman aplikasinya.

2. Perhatikan pada menu bar bagian atas aplikasi Google Docs atau Sheets kemudian klik pada menu File > pilih Make a Copy

cara bypass limit google docs dan sheets terbaru 1

3. Pilih folder tempat Anda akan menyimpan salinan dokumen tersebut kemudian klik tombol OK

cara bypass limit google docs dan sheets terbaru 2

4. Buka akun Google Drive Anda kemudian masuk ke folder yang tadi dipilih untuk menyimpan file

5. File dokumen akan terlihat di dalam folder tersebut, selanjutnya Anda bisa download file ke komputer dengan cara klik kanan > pilih Download.

cara bypass limit google docs dan sheets terbaru 3

Berbeda dengan cara pertama tadi, yang mana file hanya ditandai dengan bintang (starred), cara ini membuat file akan tersalin ke dalam Google Drive Anda.

Apa bedanya?

File yang ditandai sebagai starred apabila file aslinya dihapus oleh pemiliknya maka tidak akan bisa didownload lagi. Berbeda dengan file yang sudah dicopy, meskipun file asli sudah dihapus namun file salinan tetap akan ada di akun Google Drive Anda dan bisa didownload ulang kapan saja diperlukan.

Mengatasi download quota is exceeded sebagai pemilik file

Berbeda dengan kasus pertama tadi, apabila Anda adalah pemilik file dan ternyata file tersebut mengalami limit download, apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya?

Mungkin file tersebut mendapatkan trafik download yang sangat banyak karena orang-orang membutuhkannya. Anda mungkin juga akan mendapatkan keluhan dari mereka bahwa file mengalami pembatasan.

Untuk mengatasi masalah ini ada beberapa alternatif solusi yang bisa Anda lakukan yaitu:

1. Duplikasi file kemudian buat share link yang baru

Solusi pertama ini hanya bisa dilakukan apabila yang dibatasi adalah filenya saja, dan bukan akun Anda. Apabila ternyata cara pertama ini tidak berhasil maka besar kemungkinan yang dibatasi oleh Google adalah akun Anda. Silakan skip langkah ini dan lanjutkan ke solusi ke-2.

Untuk melakukan duplikasi file caranya sangat mudah.

Pertama Anda masuk ke halaman akun Google Drive Anda kemudian temukan file yang terkena limit. Klik kanan pada file tersebut kemudian pilih > Make a copy.

cara mengatasi quota is exceeded google drive 1

File akan diduplikasi dan pada folder yang sama akan muncul file duplikatnya dengan nama Copy of <nama file>

Selanjutnya Anda tinggal share kembali file tersebut (file copy) dengan membuat share link yang baru. Caranya klik kanan pada file > pilih Get link > ubah status link dari Restricted menjadi Anyone.

cara mengatasi quota is exceeded google drive 2

Selesai. Link yang baru bisa Anda bagikan kembali ke orang yang membutuhkan.

2. Ganti status file menjadi Restricted dan ubah link

Untuk mencegah terjadinya limit file yang Anda bagikan akibat download yang terlalu banyak maka Anda bisa mengubah statusnya menjadi Restricted dan buat share link yang baru. Ketika mengganti status menjadi Restricted maka Anda bisa membagikan file tersebut ke orang-orang tertentu saja dengan cara menambahkan email mereka. Ini akan lebih efektif apabila ada kelompok orang tertentu yang lebih membutuhkan file tersebut daripada membukanya secara publik.

Caranya sangat mudah. Pertama Anda masuk ke akun Google Drive Anda kemudian temukan file yang ingin diubah statusnya. Klik kanan pada file tersebut kemudian pilih Get link > Ganti opsi Anyone with the link dengan Restricted.

cara mengatasi quota is exceeded google drive 3

Setelah itu klik pada kolom Share with people and groups dan masukkan email orang-orang yang Anda izinkan untuk mendownload file.

cara mengatasi quota is exceeded google drive 4

3. Menggunakan akun Google Drive lain atau buat baru

Solusi terakhir bagi Anda yang tetap ingin agar file dibuka secara publik adalah dengan menggunakan akun Google Drive yang baru. Apabila dua tips sebelumnya tidak bekerja bagi Anda maka ini adalah jalan keluarnya.

Pertama Anda login atau buat akun Google Drive yang baru. Kemudian buat salinan file yang kena limit ke akun Google Drive baru dengan menggunakan teknik Make a copy (lihat caranya di atas), atau apabila file berukuran kecil maka melakukan upload ulang juga tidak akan jadi masalah.

Setelah file berada di akun yang baru > klik kanan pada file > pilih Get link > ubah status sharing menjadi Anyone with the link > Copy link dan bagikan kepada orang-orang yang membutuhkan.

Itulah beberapa cara mengatasi limit Google Drive terbaru 2021 yang bisa kami berikan. Semoga bisa membantu. Apabila Anda masih mengalami kesulitan jangan sungkan untuk berkomentar di bawah.

Leave a Comment