5 Browser Terbaik Untuk Windows 10

Browser adalah program yang akan selalu kita gunakan untuk melakukan sebagian besar aktivitas di internet. Mulai dari menggunakan mesin pencari seperti Google untuk mencari informasi, membuka situs-situs streaming video seperti YouTube, hingga menggunakan aplikasi-aplikasi online berbasis web.

Di Windows 10 sebenarnya sudah ada browser bawaan bernama Microsoft Edge, namun beberapa orang mungkin memiliki kebutuhan lebih sehingga mengharuskan menginstall browser tambahan.

Pada kesempatan kali ini Winpreso akan berikan beberapa rekomendasi browser terbaik di Windows 10 yang bisa Anda gunakan untuk berselancar di internet dan melakukan banyak hal lainnya.

1. Google Chrome

google chrome

Download

OS: Windows, Linux, macOS, Android, iOS, Chrome OS

Browser terbaik pertama yang bisa Anda gunakan di Windows 10 adalah Google Chrome, yang merupakan salah satu aplikasi terbaik di Windows 10. Aplikasi ini merupakan browser yang dikembangkan oleh Google dan bisa digunakan secara gratis oleh siapa saja.

Google Chrome dikembangkan dari kode sumber Chromium dengan beberapa fitur tambahan, terutama fitur integrasi dengan semua produk Google seperti Gmail, Google Docs, Chromecast, Google Drive dan masih banyak lagi.

Dibandingkan dengan browser lainnya, Google Chrome memang yang memiliki dukungan ekstensi paling lengkap dengan pengembang berbasis komunitas yang tersebar di seluruh dunia. Anda bisa mendapatkan ekstensi untuk berbagai keperluan dengan mudah dari Chrome Web Store.

Google Chrome juga memiliki kelebihan dari segi kemudahan dalam mengelola profile. Anda bisa membuat profile berbeda untuk keperluan khusus sehingga data-data tidak tercampur dengan browser yang digunakan untuk browsing sehari-hari.

Dari segi integrasi antar perangkat Google Chrome juga menawarkan fitur sinkronisasi cross platform yang nyaris sempurna. Anda bisa melakukan sinkronisasi Bookmark, History, dan Extension pada Google Chrome yang terinstall pada komputer lain. Dengan cara ini maka kita bisa mengakses data-data dengan lebih mudah meskipun berganti-ganti perangkat.

2. Microsoft Edge

microsoft edge

OS: Windows 10/7/8, Xbox One, Android, iOS, macOS

Windows 10 hadir dengan browser bawaan bernama Microsoft Edge sebagai pengganti dari Internet Explorer. Anda yang sudah lama menggunakan sistem operasi Windows pasti sudah akrab dengan Internet Explorer, yang biasanya hanya digunakan pada awal-awal setelah install Windows 10 dengan tujuan untuk mendownload browser lain (umumnya Google Chrome).

Internet Explorer memang tidak memiliki prestasi yang bagus, kebanyakan pengguna Windows lebih suka menggunakan browser pihak ketiga dari pada menggunakan browser yang sudah disediakan oleh Microsoft ini. Akan tetapi hal ini perlahan-lahan mulai berubah sejak hadirnya Microsoft Edge.

Microsoft Edge memiliki banyak sekali peningkatan dan bisa dikatakan layak untuk dijadikan browser utama Anda di Windows 10, sebagai alternatif pengganti Google Chrome ataupun Mozilla Firefox. Microsoft Edge dikembangkan dari kode sumber Chromium sehingga punya performa yang lebih smooth dan dapat menggunakan sebagian besar ekstensi dari Google Chrome. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa Microsoft Edge layak dikatakan sebagai browser terbaik untuk Windows 10.

Microsoft Edge juga lebih unggul dari segi integrasi dengan fitur-fitur yang ada pada Microsoft. Anda bisa dengan mudah mengakses semua layanan Microsoft seperti One Drive, Outlook, dan Office 365. Microsoft Edge juga cukup ringan digunakan dan tidak memakan banyak CPU dan memory RAM.

Tidak seperti Internet Explorer yang punya tampilan sangat ketinggalan jaman dengan navigasi yang terbilang kurang user friendly, Microsoft Edge justru punya tampilan yang sangat modern dan lebih enak dipandang mata. Navigasi dan menu-menu pada browser ini juga sangat mirip dengan Google Chrome.

3. Mozilla Firefox

mozilla firefox

Download

OS: Windows, Linux, macOS, Android, iOS

Pilihan browser terbaik untuk Windows 10 yang selanjutnya adalah Mozilla Firefox yang hingga saat ini masih menjadi saingan terberat Google Chrome. Mozilla Firefox Quantum merupakan versi terbaru dari Firefox dengan perubahan besar dari segi desain dan penambahan fitur-fitur yang sangat menguntungan bagi perlindungan privasi penggunanya.

Mozilla Firefox memiliki fitur Tracking Protection yang bisa mencegah situs-situs yang Anda kunjungi mengumpulkan data-data Anda lewat aktivitas tracking yang mereka lakukan. Fitur ini otomatis akan aktif ketika Anda menggunakan Private Mode.

Anda juga bisa mengaktifkan opsi in-browser cryptomining blocker yang akan mencegah sebuah situs menggunakan sebagian resource komputer untuk aktivitas mining mereka, yang seringkali menyebabkan komputer terasa sangat berat. Fitur ini pula yang kabarnya menjadi salah satu alasan peningkatan loading Mozilla Firefox Quantum menjadi lebih cepat dari versi-versi sebelumnya.

Untuk keperluan-keperluan khusus Anda juga bisa memanfaatkan library ekstensi Mozilla Firefox yang tidak kalah kaya dari Google Chrome. Ada banyak sekali ekstensi tersedia yang bisa Anda install secara gratis.

4. Chromium

chromium

Download

OS: Windows, Linux, macOS, Android, BSD

Chromium adalah base dari banyak sekali browser-browser yang ada saat ini, termasuk Google Chrome dan Microsoft Edge. Jika Anda terbiasa menggunakan kedua browser ini maka berpindah ke Chromium bukanlah sebuah masalah. Pada saat menggunakannya bahkan Anda mungkin merasakan seperti sedang menggunakan Google Chrome.

Secara tampilan, fitur, dan navigasi mungkin akan sulit membedakan antara Chromium dan Google Chrome, bedanya Chromium tidak memiliki elemen-elemen propietary seperti audio, built in player, dan program lainnya. Anda tetap dapat menggunakan fitur profile management, sign in dan sinkroninasi antar perangkat.

Chromium merupakan browser berbasis open source yang terus dikembangkan hingga saat ini, dan sistem rilis yang digunakan adalah rolling release sehingga fitur-fitur baru akan lebih cepat dimasukkan ke versi build yang baru. Di satu sisi ini merupakan kelebihan untuk pengguna agar bisa segera mendapatkan fitur terbaru setiap kali selesai diciptakan, namun kekurangannya fitur yang dirilis mungkin masih belum sempurna sehingga menyebabkan Chromium lebih sering crash dibandingkan Google Chrome.

5. Vivaldi

vivaldi

Download

OS: Windows, macOS, Linux

Browser terbaik untuk Windows 10 yang bisa Anda jadikan sebagai alternatif Google Chrome dan Mozilla Firefox adalah Vivaldi. Browser ini dikembangkan dari Blink yang juga digunakan pad Opera. Saat menggunakannya Anda akan merasakan banyak sekali kemiripan antara Vivaldi dan Opera seperti sidebar di sebelah kiri dan navigasi menu-menunya. Akan tetapi Vivaldi menawarkan kemampuan kostumisasi yang lebih leluasa bagi pengguna.

Vivaldi juga didukung dengan kemampuan adaptive UI yang akan membuat tampilan browser berubah-ubah menyesuaikan skema warna pada setiap situs yang Anda kunjungi. Dari segi dukungan ekstensi, Vivaldi juga bisa menggunakan sebagian besar ekstensi dari Google Chrome, sama seperti Opera.

Desain UI dengan panel sidebar di sebelah kiri juga membuat pengguna lebih mudah mengakses fitur-fitur yang paling sering digunakan seperti notes, bookmark, history, dan download. Salah satu fitur yang akan Anda sukai adalah custom keyboard shortcut yang memungkinkan Anda membuat shortcut dengan kombinasi tombol keyboard yang bisa diatur sesuai keinginan.

Itulah browser-browser rekomendasi terbaik untuk Windows 10 yang bisa Anda gunakan. Anda bisa memilih browser mana saja yang dirasa paling cocok dengan keperluan.

Leave a Comment