Cara Backup Lisensi Windows 11 dan Mengembalikannya

Untuk mengamankan lisensi Windows 11 Anda bisa melakukan backup lisensi agar nanti apabila sewaktu-waktu harus melakukan install ulang tidak perlu bingung untuk mendapatkan lisensi Anda kembali. Windows 11 original harganya tidak murah, jadi sayang apabila lisensi Anda hilang begitu saja.

Pada kesempatan kali ini kami akan berikan tutorial singkat bagaimana cara membuat backup lisensi Windows 11 original dan mengembalikannya ketika melakukan install ulang atau bahkan memindahkannya ke komputer lain.

Cara Backup Lisensi Windows 11

Langkah 1: Buka program Registry Editor

Buka program Registry Editor (regedit) di Windows 11 Anda dengan cara menekan tombol Windows+R pada keyboard kemudian ketik: regedit > klik tombol OK atau tekan Enter.

Langkah 2: Masuk ke direktori SoftwareProtectionPlatform

Setelah Anda berada pada program Registry Editor, masuk ke direktori berikut ini:

Computer/HKEY_LOCAL_MACHINE/SOFTWARE/Microsoft/Windows NT/CurrentVersion/SoftwareProtectionPlatform

Langkah 3: Backup product key original dari registry

Pada direktori SoftwareProtectionPlatform Anda akan melihat banyak key di sana. Silakan Anda temukan key yang bernama BackupProductKeyDefault.

Setelah ketemu, perhatikan pada kolom Data, di sana akan terlihat serial number product key Windows 11 Anda.

1 cara backup lisensi windows 11

Klik dua kali pada BackupProductKeyDefault, kemudian jendela baru akan terbuka. Pada kolom Value data akan terlihat product key original Windows 11 Anda. Salin dengan cara block product key > klik kanan > pilih Copy.

4 cara backup lisensi windows 11

Langkah 4: Simpan product key di Notepad

Setelah berhasil mendapatkan product key dan menyalinnya, selanjutnya Anda bisa menyimpan product key pada text editor seperti Notepad. Buka aplikasi Notepad kemudian paste kode lisensi yang tadi sudah disalin. Simpan file ke komputer. Inilah file backup lisensi Windows 11 Anda yang berisikian key original bawaan laptop.

Langkah 5: Upload file yang berisi backup lisensi ke cloud drive

Agar lebih aman dan tidak mudah hilang, Anda bisa memindahkannya ke media penyimpanan lain seperti hardisk eksternal, flashdisk, atau yang lebih aman lagi adalah menggunakan penyimpanan cloud seperti Google Drive, Dropbox, atau Onedrive.

Tujuaan memindahkan file backup lisensi ke penyimpanan lain adalah untuk berjaga-jaga apabila di kemudian hari laptop mengalami masalah dan Anda tidak bisa masuk ke desktop. Jika menyimpannya ke penyimpanan lain maka file backup tetap bisa kita akses dan Anda bisa melakukan install ulang Windows 11 dengan mudah.

Metode kedua: menggunakan Command Prompt (CMD)

Selain menggunakan regedit Anda juga bisa melihat key original Windows 11 dengan menggunakan Command Prompt. Anda hanya perlu memasukkan sebaris kode untuk menampilkan kode lisensi di layar CMD. Selanjutnya Anda bisa menyimpannya ke Notepad.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Klik pada search bar kemudian ketik: cmd

2. Pada menu yang muncul akan terlihat program Command Prompt

3. Pilih Run as administrator

7 cara backup lisensi windows 11

4. Copy-paste perintah berikut ini ke cmd:

wmic path softwareLicensingService get OA3xOriginalProductKey

5. Tekan Enter

6. Lisensi orignial Windows 11 akan terlihat di layar cmd

2 cara backup lisensi windows 11

7. Copy-paste lisensi ke Notepad

8. Simpan file Notepad di penyimpanan yang aman sebagai backup

Metode ketiga: menggunakan Windows PowerShell

Cara alternatif yang ketiga untuk backup lisensi Windows 11 bawaan laptop adalah dengan menggunakan program Windows PowerShell. Pada dasarnya menggunakan program ini sama dengan cara sebelumnya, Anda bisa memilihnya sesuai keinginan.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Klik kanan pada Start menu

2. Pilih menu Windows PowerShell (Admin)

3. Copy-paste perintah berikut ini ke program PowerShell:

powershell “(Get-WmiObject -query ‘select * from SoftwareLicensingService’).OA3xOriginalProductKey”

4. Tekan Enter

5. Kode lisensi akan tampil di layar

3 cara backup lisensi windows 11

6. Backup kode lisensi ke Notepad dan simpan di penyimpanan yang aman

Metode keempat: backup lisensi dengan akun Microsoft

Cara terakhir untuk backup Windows 11 bawaan laptop adalah dengan menghubungkan komputer Anda dengan akun Microsoft. Ini merupakan cara yang paling praktis dan lebih aman karena Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan kode lisensi karena akan tersimpan langsung di akun Microsoft Anda.

Untuk melakukan cara ini Anda perlu membuat akun Microsoft terlebih dahulu. Setelah itu gunakan akun tersebut untuk login ke Windows 11 menggantikan akun lokal, nanti secara otomatis lisensi Anda akan langsung terhubung ke akun Microsoft.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Pertama buat dulu akun Microsoft dengan menggunakan sebuah email outlook

2. Masuk ke Windows Settings dengan cara menekan tombol Windows+i pada keyboard

3. Setelah jendela Settings terbuka klik pada menu Accounts

4. Pada tab sebelah kiri pilih menu Your info

5. Pada jendela sebelah kanan klik pada menu Sign in with your Microsoft account instead

5 cara backup lisensi windows 11

6. Pada halaman selanjutnya klik pilihan Create one untuk membuat akun baru

6 cara backup lisensi windows 11

7. Jika sudah memiliki akun maka bisa langsung Login dengan menggunakan akun Microsoft Anda

8. Klik tombol Next

9. Atur PIN dan Password sesuai keinginan

Setelah berhasil menggunakan akun Microsoft sebagai user di Windows 11 maka lisensi Anda sudah terhubung ke akun. Untuk mengeceknya ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke Windows Settings
  2. Pilih menu Update & Security
  3. Pada tab sebelah kiri klik menu Activation
  4. Jika behasil, maka pada jendela di sebelah kanan akan terlihat keterangan Windows is activated with a digital license linked to your Microsoft account

Sampai di sini Anda sudah berhasil menghubungkan lisensi Windows 11 dengan akun Microsoft yang digunakan untuk login tadi. Akun inilah yang akan Anda gunakan sebagai backup Windows 11 original bawaan laptop. Apabila melakukan install ulang Anda hanya perlu login menggunakan akun ini dan Windows 11 akan otomatis teraktivasi.

Cara Restore Lisensi Windows 11

Untuk mengembalikan lisensi original Windows 11 bisa dilakukan dengan mudah. Anda bisa memasukkannya pada proses instalasi, atau ketika instalasi sudah selesai.

Pada saat melakukan install ulang Windows 11, di tahapan ke-3 Anda akan mendapati sebuah halaman yang meminta Anda memasukkan product key, di sinilah Anda bisa mengembalikan lisensi yang tadi sudah kita backup. Dengan ini maka Windows 11 akan teraktivasi dan menjadi original seperti sedia kala.

Apabila Windows 11 sudah dalam keadaan terinstall maka Anda bisa restore lisensi dengan cara memasukkannya pada menu Activation di pengaturan. Caranya masuk ke Settings dengan cara menekan tombol Windows+i > pilih System > Activation > Change product key > masukkan kode lisensi Windows 11 Anda. Selesai.

Leave a Comment