Cara Backup Lisensi Microsoft Office dan Mengembalikannya

Saat Anda akan melakukan install ulang atau reset PC salah satu hal yang menjadi bahan pertimbangan adalah apakah lisensi Microsoft Office yang ada masih bisa dikembalikan lagi nantinya.

Seperti yang Anda sudah ketahui setelah kita melakukan install ulang atau reset maka semua aplikasi yang ada akan terhapus, termasuk Microsoft Office dan aplikasi original lainnya.

Oleh karena itulah ada baiknya sebelumnya kita harus melakukan backup lisensi Microsoft Office agar nanti bisa dikembalikan lagi dengan mudah. Sama halnya apabila Anda berniat memindahkan aplikasi Microsoft Office dari satu laptop atau PC ke perangkat lain, maka harus melakukan backup terlebih dahulu.

Cara Backup Lisensi Microsoft Office

1. Buka aplikasi File Explorer

Langkah pertama buka aplikasi File Explorer di PC atau laptop Anda seperti biasa.

2. Masuk ke direktori C:\Windows\System32

Selanjutnya masuk ke direktori berikut ini C:\Windows\System32

Caranya bisa dengan copy paste alamat tersebut ke address bar File Explorer atau bisa juga melalui menu RUN. Caranya tekan tombol Windows+R kemudian copy-paste C:\Windows\System32 ke box lalu klik OK.

3. Temukan folder yang bernama spp

Di dalam direktori System32 Anda akan menemukan banyak folder yang berisi file system. Langkah selanjutnya temukan folder yang bernama spp.

cara backup lisensi microsoft office 1

4. Copy folder spp

Selanjutnya Anda copy folder spp tersebut seperti biasa.

cara backup lisensi microsoft office 2

5. Pindahkan ke tempat lain yang aman

Paste folder spp yang tadi sudah dicopy ke lokasi lain yang tidak akan terhapus pada saat melakukan reset atau install ulang. Anda bisa menyimpannya di drive D, hardisk eksternal, atau bahkan di flashdisk.

Selesai, sampai di sini kita sudah berhasil melakukan backup lisensi Microsoft Office. Selanjutnya adalah mengembalikannya atau memindahkannya ke laptop lain. Ikuti tutorialnya di bawah ini.

Cara mengembalikan lisensi Microsoft Office atau memindahkannya ke komputer lain

1. Install Microsoft Office dengan versi yang sesuai

Langkah pertama Anda install dulu aplikasi Microsoft Office dengan versi yang sesuai. Bisa download langsung dari situs resmi Microsoft. Pastikan versi yang Anda download sama dengan lisensi yang dibackup tadi, apakah Microsoft Office 2007, 2010, 2013, 2016, atau Office 365.

2. Buka program Command Prompt (CMD)

Selanjutnya buka program Command Prompt dengan akses administrator. Caranya klik pada tombol Start > ketik cmd > pada menu yang muncul pilih Run as administrator.

cara backup lisensi microsoft office 3

3. Hentikan service bernama Software Protection Platform dengan CMD

Agar bisa mengembalikan lisensi Microsoft Office ke laptop maka kita harus mengehentikan proses service yang bernama Software Protection Platform. Ini bisa dilakukan dengan CMD.

Pada CMD masukkan perintah berikut ini:

net stop sppsvc

Lalu tekan Enter.

cara backup lisensi microsoft office 4

4. Copy folder spp ke direktori C:\Windows\System32

Setelah proses tersebut dihentikan, sekarang Anda sudah bisa mengembalikan lisensi Microsoft Office ke laptop. Caranya dengan copy-paste folder spp yang tadi Anda backup. Copy folder tersebut ke direktori C:\Windows\System32.

5. Jalankan service Software Protection Platform dengan CMD

Setelah folder lisensi Microsoft Office sudah dikembalikan, terakhir kita harus menjalankan kembali service Software Protection Platform.

Kembali ke CMD kemudian ketik perintah berikut ini:

net start sppsvc

Tekan Enter.

cara backup lisensi microsoft office 5

Selesai. Sekarang coba jalankan aplikasi Microsoft Office Anda dan lihat apakah lisensinya sudah berhasil direstore?

Semoga membantu.

Leave a Comment