5 Aplikasi WhatsApp Desktop Terbaik Untuk PC dan Laptop

WhatsApp merupakan aplikasi pesan singkat yang saat ini paling banyak digunakan pada smartphone, dengan semakin luasnya jangkauan internet, kehadiran WhatsApp bisa jadi akan menggantikan fitur SMS dan telepon dari provider seluler.

Menggunakan WhatsApp tidak hanya bisa dilakukan pada smartphone saja, kita bisa menggunakannya di PC dan laptop dengan membuka WhatsApp Web via browser, atau menginstall aplikasi desktopnya.

WhatsApp sendiri sudah mengembangkan aplikasi versi dekstop yang bisa Anda install secara gratis, cara kerjanya sama dengan WhatsApp Web yang dibuka via browser yaitu sebagai mirror dari aplikasi yang aktif di smartphone. Dengan kata lain, saat aplikasi desktop dibuka maka aplikasi smartphone harus dalam keadaan hidup dan terhubung ke internet.

Pada postingan kali ini Winpreso akan membahas beberapa pilihan aplikasi WhatsApp desktop yang bisa Anda gunakan di laptop dengan sistem operasi Windows, macOS, dan Linux.

1. WhatsApp for Windows PC (official)

aplikasi whatsapp desktop terbaik untuk pc dan laptop 1

Ini adalah aplikasi resmi dari WhatsApp yang bisa Anda gunakan di laptop Windows, dan macOS (Macbook, iMac). Aplikasi bisa digunakan untuk chatting, mengirim file, voice note, foto, dan video. Hanya saja tidak ada fitur untuk melakukan panggilan suara dan video call.

Aplikasi WhatsApp for PC ini bisa Anda gunakan sebagai pengganti WhatsApp Web yang dibuka dari browser. Kelebihannya adalah kita tidak perlu login berulang kali setiap kali membukanya, berbeda dengan WhatsApp Web yang harus login ulang ketika cache dibersihkan.

Saat menggunakan aplikasi WhatsApp PC ini smartphone yang Anda gunakan harus aktif dan terhubung ke internet, jika smartphone dalam keadaan mati maka WhatsApp desktop tidak bisa digunakan.

Download WhatsApp for PC

Cara menggunakan WhatsApp for PC di laptop:

  1. Pertama download dan install aplikasinya di laptop Anda
  2. Buka aplikasi yang sudah terpasang, Anda akan melihat barcode untuk login
  3. Pada smartphone, buka aplikasi WhatsApp
  4. Tekan tombol titik tiga di pojok kanana tas aplikasi WhatsApp di smartphone
  5. Pilih menu WhatsApp Web
  6. Tekan tombol + di pojok kanan atas
  7. Arahkan kamera smartphone pada barcode yang ada di aplikasi WhatsApp desktop
  8. Setelah proses scan berhasil, WhatsApp di laptop akan otomatis login ke akun Anda

2. Franz (Windows, macOS, Linux)

aplikasi whatsapp desktop terbaik untuk pc dan laptop 2

Franz adalah salah satu aplikasi wajib di Windows 10 yang harus Anda miliki. Aplikasi ini merupakan messenger client yang bisa Anda gunakan untuk membuka semua akun sosial media dalam satu aplikasi.

Franz bisa digunakan pada berbagai sistem operasi seperti Windows 10, 8, 7, macOS, dan Linux. Ada sekitar 65 layanan media sosial dan aplikasi chatting yang didukung oleh Franz, termasuk platform populer seperti Facebook, WhatsApp, Slack, Telegram, Skype, Instagram, Twitter DM, dan Discord.

Dengan menggunakan Franz kita bisa membuka dua akun WhatsApp sekaligus atau lebih dalam satu laptop. Hal ini akan membuat semuanya menjadi lebih praktis karena pengguna bisa mengelola semua akun yang dimiliki dalam satu aplikasi.

Download Franz

Cara menggunakan WhatsApp dengan aplikasi Franz di laptop:

  1. Download dan install aplikasi Franz di laptop Anda melalui link yang sudah disediakan di atas.
  2. Buka aplikasi yang sudah diinstall
  3. Buat akun Franz dengan menekan tombol Create a free account
  4. Setelah selesai membuat akun, klik tombol Get started
  5. Anda akan melihat semua layanan yang bisa digunakan, selanjutnya pilih WhatsApp
  6. Pada kolom name isi sesuai keinginan, misalnya WhatsApp 1
  7. Centang pada opsi Enable notification, Enable audio, Enable service
  8. Klik pada tombol Save service
  9. Klik pada tombol Your services, pilih WhatsApp 1
  10. Login akun WhatsApp Anda seperti biasa
  11. Tambahkan lagi akun WhatsApp lain yang ingin digunakan dengan mengulangi langkah-langkah di atas.

3. All In One Messenger (Windows, macOS, Linux, ChromeOS)

aplikasi whatsapp desktop terbaik untuk pc dan laptop 3

Aplikasi untuk membuka WhatsApp di laptop yang selanjutnya adalah All In One Messenger. Aplikasi ini mirip dengan Franz yang fungsinya adalah untuk mengelola banyak akun media sosial dalam satu aplikasi.

All In One Messenger merupakan aplikasi berbasis Chrome sehingga bisa digunakan secara cross platform pada Windows, Mac, Linux, dan ChromeOS. Anda bisa membuka WhatsApp, Facebook, Instagram, dan media sosial lainnya sekaligus.

Aplikasi ini bebas digunakan siapa saja untuk berbagai keperluan, Anda juga tidak memerlukan komputer dengan spek tinggi untuk menjalankannya. Dapatkan aplikasinya secara gratis lewat tautan di bawah ini.

Download All In One Messenger

Cara menggunakan WhatsApp di laptop dengan All In One Messenger:

  1. Download dan install aplikasi All In One Messenger di laptop Anda
  2. Buka aplikasi yang sudah diinstall
  3. Tambahkan layanan WhatsApp dengan menekan tombol +
  4. Login dengan akun WhatsApp seperti biasa
  5. Ulangi langkah di atas untuk menambahkan akun kedua, ketiga, dst.

4. Manageyum (Windows, macOS, Linux)

aplikasi whatsapp desktop terbaik untuk pc dan laptop 4

Sama seperti Franz Manageyum merupakan aplikasi messenger client yang bisa digunakan untuk membuka WhatsApp dan berbagai akun media sosial lainnya dalam satu aplikasi.

Dengan menggunakan aplikasi ini kita bisa membuka dua akun WhatsApp secara bersamaan, begitu pula dengan media sosial lain seperti Facebook, Instagram, dan Twitter.

Kelebihan Manageyum ada pada jumlah layanan yang didukung, hampir semua media sosial dan aplikasi chatting bisa digunakan dalam aplikasi ini. Jika ada aplikasi baru yang belum masuk ke dalam program, maka Anda bisa menambahkannya sendiri.

Dowload Manageyum

5. YakYak (Windows, macOS, Linux)

aplikasi whatsapp desktop terbaik untuk pc dan laptop 5

Aplikasi untuk membuka WhatsApp di laptop yang terakhir adalah YakYak. Aplikasi ini juga merupakan aplikasi pengelola media sosial yang bisa digunakan untuk membuka beberapa akun sekaligus, termasuk WhatsApp.

Jika Anda sudah terbiasa menggunakan Google Hangouts maka tidak akan asing lagi dengan aplikasi ini. YakYak bisa dikatakan sebagai versi sederhana dari Google Hangouts yang menggabungkan semua fiturnya dalam satu aplikasi sehingga lebih mudah digunakan.

Anda bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis untuk membuka WhatsApp di laptop dengan sistem operasi Windows 10, 8, 7, macOS, dan Linux.

Download YakYak

Itulah beberapa aplikasi WhatsApp untuk PC dan laptop yang bisa Anda gunakan, selamat mencoba.

Leave a Comment