15+ Aplikasi Terbaik Yang Wajib Dimiliki Pengguna Windows 10

Saat membeli sebuah laptop baru atau setelah melakukan install ulang hal pertama yang harus kita lakukan adalah update lalu menginstall aplikasi untuk berbagai kebutuhan ke depan. Di luar sana ada banyak sekali pilihan aplikasi Windows, baik yang gratis maupun yang berbayar, terlalu banyak hingga terkadang membuat bingung harus install yang mana.

Mulai dari aplikasi pemutar video, editor foto, pengolah teks, hingga aplikasi client chatting untuk tetap terhubung dengan orang-orang saat kita bekerja di laptop. Postingan ini akan menghemat waktu Anda untuk memilih aplikasi terbaik mana saja yang wajib dimiliki oleh pengguna Windows 10.

1. Browser: Google Chrome

Google Chrome, Aplikasi wajib terbaik untuk Windows 10

Aplikasi yang wajib dimiliki pengguna Windows 10 yang pertama adalah Google Chrome. Setelah melakukan install ulang hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menghubungkan komputer ke internet lalu melakukan update Windows 10. Hal ini bertujuan agar kita mendapatkan versi dan fitur-fitur yang terbaru, setelah itu barulah kita perlu menginstall aplikasi browser untuk mendownload aplikasi-aplikasi lainnya.

Windows 10 hadir dengan dua buah browser bawaan yakni Internet Explorer dan Microsoft Edge, keduanya memang bisa digunakan untuk keperluan browsing, streaming video, atau download file dari internet. Namun sayangnya aplikasi browser bawaan ini memiliki banyak sekali keterbatasan, seperti sangat sedikitnya ekstensi yang tersedia.

Oleh karena itulah kita membutuhkan sebuah browser yang punya fitur lengkap, ketersedian ekstensi yang melimpah, namun cukup ringan untuk digunakan pada PC dan laptop Windows. Hingga saat ini Google Chrome adalah browser yang mampu memenuhi kriteria tersebut.

Google Chrome adalah aplikasi browser buatan Google yang memiliki pengguna terbanyak di seluruh dunia. Aplikasi merupakan aplikasi pertama yang wajib Anda miliki di Windows 10. Google Chrome punya performa kecepatan yang cukup baik, dan yang lebih penting lagi ada banyak sekali ekstensi yang bisa Anda install sesuai kebutuhan.

Selain itu browser ini juga terintegrasi dengan semua aplikasi google seperti Gmail, Google Drive, Google Search, Google Docs dan semua aplikasi lainnya, membuatnya menjadi browser yang sangat tepat untuk kebutuhan produktifitas maupun hiburan.

Download Google Chrome

2. Video Player: VLC dan Media Player Classic

VLC Player, Aplikasi wajib terbaik untuk Windows 10

Aplikasi penting untuk Windows 10 yang kedua adalah video player atau pemutar video. Saat ini konten multimedia yang kita konsumsi lewat perangkat komputer dan gadget tidak lagi sebatas hanya teks dan gambar saja, tapi konten video juga sudah semakin populer dan digemari.

Mulai dari menonton video pembelajaran dari guru, video tutorial yang didownload dari YouTube, atau menonton film harus kita lakukan dengan aplikasi pemutar video. Ada banyak sekali aplikasi video player yang bisa Anda install secara gratis, tapi yang terbaik untuk Windows 10 sejauh ini ada dua yaitu VLC dan Media Player Classic.

Kedua aplikasi tersebut bisa memutar hampir semua format video yang ada saat ini. Buat Anda yang hobi nonton film berbahasa asing aplikasi pemutar video ini juga punya banyak sekali fitur yang sangat membantu, seperti fitur modifikasi dan sinkronisasi subtitle yang jelas tidak ada pada media player bawaan Windows.

Download VLC | Download Media Player Classic

3. Music Player: AIMP

AIMP 1, Aplikasi wajib terbaik untuk Windows 10

Bekerja ditemani dengan alunan musik akan membuat suasana semakin menyenangkan. Musik juga secara ajaib bisa mengangkat mood dan semangat saat bekerja.

Bagi Anda yang suka mendengarkan musik pastinya akan membutuhkan aplikasi yang bisa memutar file Mp3, nah aplikasi Mp3 Player terbaik di Windows 10 yang kami rekomendasikan adalah AIMP.

AIMP merupakan aplikasi pemutar musik yang sangat ringan dan stabil untuk memainkan musik di komputer Anda selama berjam-jam. Aplikasi ini masih mempertahankan desain klasiknya yang sudah sangat familiar bagi pengguna.

Hampir semua fitur yang dibutuhkan untuk memainkan musik secara offline ada di AIMP. Anda bisa membuat beberapa playlist yang berisi lagu-lagu favorit pilihan dengan mudah. Format file yang didukung juga cukup luas mulai dari Mp3, M4a, AAC, AC3, APE, dan masih banyak lagi.

Download AIMP

4. Editor Foto: PhotoScape X

PhotoScape X, Aplikasi wajib terbaik untuk Windows 10

Aplikasi yang wajib dimiliki bagi pengguna Windows 10 yang selanjutnya adalah PhotoScape X untuk melakukan editing foto dan gambar. Bagi Anda yang tidak mahir photoshop atau editor advanced lainnya maka aplikasi ini adalah pilihan yang tepat.

PhotoScape X memiliki semua fitur dasar dalam mengedit foto yang akan Anda butuhkan, mulai dari melakukan cropping, resize, manipulasi warna dan kecerahan, memberi watermark dan tulisan, dan masih banyak lagi. Fitur multi layer pada aplikasi ini juga sangat memudahkan proses editing.

Kelebihan PhotoScape X ada pada tampilan UI yang sederhana dan sangat mudah dipahami bahkan bagi pemula sekalipun. PhotoScape X juga jauh lebih ringan bila dibandingkan dengan PhotoScape X dan editor foto multilayer lainnya. Khusus untuk Windows 10, aplikasi ini tersedia secara resmi di Microsoft Store dan bisa Anda download secara gratis.

Download PhotoScape X

5. File Archiver: 7zip

7zip, Aplikasi wajib terbaik untuk Windows 10

Untuk melakukan compress dan extract file dalam format arsip seperti rar, zip, 7z, tar, gz kita memerlukan aplikasi archive manager. Aplikasi pengarsipan file yang kami rekomendasikan untuk Windows 10 adalah 7zip.

7zip merupakan aplikasi pengarsipan open source yang bisa dipakai secara gratis. Aplikasi ini terintegrasi dengan baik pada sistem operasi Windows 10, Anda bisa mengarsipkan file atau mengeluarkan file dari arsip dengan mudah karena adanya kontekstual menu pada saat melakukan klik kanan pada file.

Aplikasi 7zip juga punya compression level yang tinggi, Anda bisa mengarsipkan file dalam jumlah banyak dan mengurangi kapasitasnya sehingga bisa menghemat ruang penyimpanan. Anda juga bisa menambahkan password pada file arsip agar lebih aman.

Download 7zip

6. Cloud Storage: OneDrive

One Drive, Aplikasi wajib terbaik untuk Windows 10

Ingin menyimpan file-file kerjaan agar bisa diakses dari mana saja? Anda bisa melakukannya dengan Cloud Storage.

Di zaman yang serba digital seperti hari ini bekerja secara mobile adalah sebuah hal yang lazim. Anda mungkin bisa bekerja dari rumah, sambil nongkrong di kafe, atau sambil traveling ke tempat-tempat wisata. Tidak perlu khawatir dengan file kerjaan yang tertinggal karena Anda bisa menyimpannya di penyimpanan online bernama Cloud Storage.

Khusus untuk Windows 10 layanan Cloud Storage yang terbaik adalah One Drive karena memang dikembangkan oleh Microsoft sendiri agar bisa terintegrasi dengan sempurna pada sistem operasi Windows.

One Drive memberikan ruang penyimpanan gratis sebesar 5 GB, ini sudah cukup besar untuk menyimpan file-file pekerjaan Anda agar bisa diakses dari mana saja. Dengan menggunakan One Drive kita juga tidak perlu khawatir file hilang karena laptop rusak atau virus karena penyimpanan Cloud Storage aman dari hal semacam itu.

Download One Drive

7. Office: LibreOffice

Libre Office

Aplikasi yang wajib dimiliki oleh pengguna Windows 10 selanjutnya adalah aplikasi office. Selama ini Anda mungkin selalu menggunakan Microsoft Office yang mana merupakan aplikasi Office Suite berbayar dari Microsoft. Ya aplikasi ini bukanlah aplikasi gratisan, untuk menggunakannya Anda harus membeli lisensinya.

Untuk menghindari pembajakan, Anda bisa mencoba aplikasi Office Suite yang memang disediakan secara gratis untuk semua pengguna. Salah satu aplikasi office terbaik yang gratis adalah LibreOffice.

Bila Anda sudah familiar dengan Microsoft Office maka menggunakan LibreOffice tidak akan menjadi masalah sama sekali. Hampir semua fitur yang ada di MS Office juga ada pada LibreOffice. Anda bisa membuat dokumen, mengolah data, hingga membuat presentasi dengan aplikasi ini.

LibreOffice terdiri dari beberapa aplikasi, Writer merupakan aplikasi pengolah dokumen yang setara dengan Microsoft Word, Calc setara dengan Microsoft Excel, Impress setara dengan Microsoft Power Point, dan Base setara dengan Microsoft Access.

Apa kelebihan menggunakan LibreOffice?

Pertama, LibreOffice merupakan aplikasi Open Source yang bebas digunakan siapa saja.

Anda bisa menginstallnya di laptop dan PC yang Anda miliki tanpa adanya batasan. Tidak seperti aplikasi berbayar yang biasanya hanya dibatasi untuk beberapa perangkat saja tergantung lisensi yang ada beli.

Bahkan saat ini sudah banyak perusahaan yang beralih ke LibreOffice untuk menghemat budget, lagipula aplikasi ini juga cukup powerfull untuk menghandle semua pekerjaan yang biasa dilakukan oleh Microsoft Office.

Kedua, Anda akan terhindar dari pembajakan. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya jika aplikasi Microsoft Office itu bukanlah aplikasi gratisan.

Selama ini mungkin masih banyak yang berfikir aplikasi tersebut gratis sehingga tidak tahu kalau yang terinstall di komputer mereka adalah versi bajakan. Untuk menghindari hal ini maka menggunakan LibreOffice adalah solusi yang tepat.

Download LibreOffice

8. Antivirus: Windows Security

Windows Security, Aplikasi wajib terbaik untuk Windows 10

Untuk melindungi komputer dari infeksi virus dan malware kita membutuhkan aplikasi antivirus. Di luar sana ada banyak sekali aplikasi antivirus yang bisa digunakan, tapi jangan buru-buru menginstallnya karena Windows 10 sebenarnya sudah menyediakan antivirus bawan yang sangat powerful bernama Windows Security.

Windows Security tidak diragukan lagi merupakan antivirus terbaik untuk Windows 10 yang mampu melindungi komputer Anda dari virus, malware, dan program-program berbahaya lainnya.

Windows Security merupakan program bawaan yang sudah terinsall secara otomatis sejak awal, yang perlu Anda lakukan adalah melakukan update secara berkala agar Windows Security bisa bekerja dengan maksimal.

Fitur-fitur security yang ada pada aplikasi ini juga sudah sangat lengkap, fitur real-time protection akan selalu aktif melindungi komputer Anda saat mengunduh file dari internet atau menyalinnya dari media penyimpanan lain. Dengan memastikan semua fitur security aktif dan selalu update maka Anda tidak perlu khawatir lagi dengan virus dan malware.

Windows Security bisa diakses melalui menu Settings > Update & Security > Windows Security.

9. Screenshot: LightShot

Lightshot, Aplikasi wajib terbaik untuk Windows 10

Aplikasi yang wajib dimiliki bagi pengguna Windows 10 yang selanjutnya adalah LighShot. Jika Anda sering mengambil tangkapan layar untuk keperluan pekerjaan, membuat konten, atau keperluan lainnya maka LighShot adalah pilihan terbaik.

LightShot merupakan aplikasi screenshot gratis yang bisa digunakan pada sistem operasi Windows dan Mac. Aplikasi ini bisa mengambil screenshot full screen, jendela yang sedang aktif, atau area tertentu yang kita pilih sendiri.

Salah satu fitur yang sangat keren dari aplikasi ini adalah fitur online storage yang memungkinkan kita mengupload screenshot yang baru saja diambil lalu membagikan linknya ke orang lain.

Jadi kita tidak perlu menyimpan gambarnya terlebih dahulu lalu mengirimnya, tapi cukup berikan link hasil upload dari aplikasi ini saja. Nanti siapa saja yang memiliki link tersebut bisa melihat hasil tangkapan layar kita via browser.

LightShot juga bisa digunakan untuk mengambil capture layar dengan cepat berkat adanya fitur shortkey yang bisa kita modifikasi sesuai keinginan. Anda bisa mengatur tombol keyboard mana saja untuk mengaktifkan penangkap layar secara instan.

Fitur yang membuat aplikasi ini menjadi sempurna adalah adanya basic editor yang bisa digunakan untuk menambahkan teks, tanda panah, lingkaran, dan coretan langsung pada layar saat kita mengambil screenshot. Aplikasi ini wajib sekali Anda miliki.

Download LightShot

10. System Cleaner: CCleaner

CCleaner, Aplikasi wajib terbaik untuk Windows 10

Untuk mempercepat Windows 10 agar performanya tetap stabil dan ringan maka kita perlu menjaga agar komputer tetap bersih dari file sampah. Untuk mempermudah melakukan pembersihan ini kita bisa menggunakan bantuan aplikasi cleaner.

Pada postingan sebelumnya kami sudah memberikan rekomendasi beberapa aplikasi cleaner untuk Windows 10 yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan file temporary, cache, leftover dan berbagai jenis file sampah lainnya. Di antara semua aplikasi tersebut CCleaner merupakan salah satu yang terbaik.

CCleaner bisa Anda gunakan untuk membersihkan berbagai jenis file sampai seperti system cache, thumbnail cache, file sampah dari browser, hingga menghapus tracker cache yang terpasang di komputer kita.

Untuk menggunakannya juga sangat mudah, Anda cukup menggunakan fitur one click cleaner untuk melakukan semua tugas pembersihan dan biarkan software ini bekerja secara otomatis. Aplikasi ini tersedia dalam dua versi, versi free dan pro. Untuk penggunaan pada laptop pribadi cukup dengan menggunakan versi free saja sudah cukup. Tapi jika ingin menikmati semua fiturnya maka Anda bisa membeli versi pronya.

Download CCleaner

11. Audio Editor: Audacity

Audacity, Aplikasi wajib terbaik untuk Windows 10

Aplikasi terbaik untuk Windows 10 selanjutnya adalah Audacity yang berfungsi untuk melakukan editing audio. Jika Anda seorang content creator pastinya sangat familiar dengan proses editing file audio, saat ini Audacity adalah aplikasi terbaik yang bisa Anda dapatkan secara gratis.

Audacity bisa digunakan untuk recording suara menggunakan perangkat input seperti mic, headset, maupun mic bawaan yang ada di laptop. Anda bisa mengolah suara yang sudah direkam menjadi berbagai format file sesuai kebutuhan.

Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk memotong dan menggabungkan beberapa file audio, melakukan pitching dan koreksi noise sehingga hasilnya lebih bagus. Jika Anda adalah seorang content creator maka Audacity termasuk dalam list aplikasi yang wajib dimiliki.

Download Audacity

12. Video Editor: Shotcut

Shotcut, Aplikasi wajib terbaik untuk Windows 10

Aktif di sosial media seperti Instagram atau YouTube? Tentunya Anda tidak asing lagi dengan yang namanya video editor untuk membuat konten-konten video. Di Windows 10 Anda bisa menggunakan Shotcut yang merupakan aplikasi video editor open source gratis.

Aplikasi ini memang tidak memiliki fitur selengkap Adobe Premiere atau Sony Vegas, tapi dengan kreatifitas hasil yang didapat juga tidak kalah keren. Seperti yang Anda tahu kalau aplikasi video editor seperti Premiere dan Sony Vegas itu harganya cukup mahal, jika Anda masih belum memiliki budget maka tidak ada salahnya menggunakan Shotcut.

Shotcut mendukung format file yang sangat luas, hampir semua format video yang ada saat ini bisa Anda edit menggunakan Shotcut. Tampilan UI-nya yang simple dan bersih membuat proses editing menjadi jauh lebih mudah, bahkan pemula dalam dunia editing pun tidak akan kesulitan menggunakan aplikasi ini.

Shotcut bisa digunakan untuk edit video-video perjalanan, video kuliner hingga cinematik. Fitur-fiturnya cukup lengkah untuk ukuran aplikasi gratisan. Anda juga bisa bekerja dengan multilayer layaknya aplikasi-aplikasi video editor professional lainnya.

Download Shotcut

13. Notes: Notepad++

Notepad, Aplikasi wajib terbaik untuk Windows 10

Aplikasi yang wajib dimiliki para pengguna Windows 10 yang selanjutnya adalah Notepad++. Aplikasi ini bisa digunakan untuk mengedit teks dan kode yang dapat berjalan di sistem operasi Windows.

Notepad++ memiliki semua fungsi pada Notepad bawaan Windows dengan banyak sekali tambahan fitur seperti multitab, line, text encoding, dan code editing berbagai bahasa pemrograman.

Jika Anda banyak bekerja dengan kode atau Anda adalah seorang programer pemula yang sedang belajar maka aplikasi ini wajib Anda miliki. Notepad++ merupakan aplikasi open source sehingga bisa dipakai secara gratis.

Download Notepad++

14. Screen Recorder: Streamlabs

Streamlabs, Aplikasi wajib terbaik untuk Windows 10

Untuk membuat video hasil dari rekaman layar maka Anda membutuhkan aplikasi screen recorder. Ada banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan, jika ingin mendapatkan fitur yang lengkap maka Anda bisa menggunakan aplikasi berbayar seperti Camtasia.

Bagaimana jika ingin aplikasi screen recorder dengan fitur lengkap tapi gratis, adalah yang seperti itu? Tentu saja ada. Aplikasi yang sangat kami rekomendasikan adalah Streamlabs. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi screen recorder terbaik yang bisa Anda pakai secara gratis.

Streamlabs sebenarnya lebih difokuskan untuk melakukan online streaming, tapi Anda juga bisa menggunakannya untuk membuat konten video hasil dari rekaman layar di monitor Anda. Streamlab memiliki kostumasi dan settingan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Anda bisa merekam layar dan memproduksinya menjadi video, menambahkan layer dari kamera, menambahkan bingkai, background, dan masih banyak lagi fitur lain yang bisa Anda pakai.

Download Streamlabs

15. Password Manager: LastPass

LastPass, Aplikasi wajib terbaik untuk Windows 10

Aplikasi yang wajib dimiliki oleh pengguna Windows 10 yang berikutnya adalah LastPass. Bagi Anda yang belum pernah mendengar apa aplikasi ini dan apa fungsinya maka ini adalah momen bagi Anda untuk mengenal aplikasi yang sangat bermanfaat ini.

LastPass merupakan aplikasi password manager yang akan membantu Anda mengingat semua password pada akun-akun Anda, baik itu akun sosial media, akun bank, akun membership pada sebuah situs, dan semua akun Anda lainnya.

Di Windows 10, LastPass bisa digunakan dalam bentuk ekstensi browser Google Chrome. Saat pertama kali menggunakannya Anda harus membuat akun LastPass dengan email dan menyetel password master, pasword ini nantinya akan digunakan untuk login ke LastPass.

Setelah LastPass terpasang, selanjutnya Anda tidak perlu lagi repot-repot mengingat-ingat password setiap kali akan login ke situs apapun karena LastPass akan mengisinya secara otomatis. Fitur password generator pada aplikasi ini juga memungkinkan Anda membuat password super aman tanpa repot-repot mengarangnya sendiri.

Lupakan cara lama Anda membuat passowrd yang sama untuk setiap akun karena khawatir akan lupa, ini sangat tidak aman karena jika sampai data password Anda dicuri maka semua akun Anda akan terancam. Dengan menggunakan LastPass Anda bisa membuat password unik dan aman untuk setiap akun tanpa khawatir akan lupa.

Download LastPass

16. Kamus 2.04 (Indonesia-Inggris)

kamus 2.04 aplikasi kamus pc offline online

Setiap hari kita pasti akan dihadapkan dengan Bahasa Inggris, terutama saat mengakses sumber-sumber bacaan internasional. Bahasa Inggris sudah menjadi layaknya bahasa kedua untuk kita, mau tidak mau harus dipelajari.

Kamus 2.04 merupakan salah satu aplikasi kamus PC terbaik yang bisa Anda gunakan. Aplikasi ini akan memudahkan Anda dalam menerjemahkan kata-kata Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dengan cepat dan mudah.

Anda bisa menggunakannya secara gratis karena aplikasi ini dikembangkan sebagai freeware yang bebas digunakan siapa saja untuk keperluan non komersial. Kamus 2.04 sangat ringan sehingga tidak menjadi pengganggu saat di jalankan bersama aplikasi lain dan dibiarkan terbuka sepanjang waktu.

Di dalamnya berisi lebih dari 41.000 kata terjemahan Inggris-Indonesia, 35.000 kata terjemahan Indonesia Inggris, dan lebih dari 64.000 frasa. Jika Anda sangat tertarik dengan Bahasa Inggris maka aplikasi ini wajib Anda install.

Download Kamus 2.04

Itulah daftar aplikasi terbaik yang wajib dimiliki oleh setiap pengguna Windows 10. Daftar ini akan selalu kami update, jika Anda memiliki aplikasi favorit yang belum masuk dalam daftar ini silakan komentar di bawah.

2 thoughts on “15+ Aplikasi Terbaik Yang Wajib Dimiliki Pengguna Windows 10”

Leave a Comment