15+ Aplikasi Terbaik dan Gratis dari Microsoft Store

Microsoft Store merupakan platform distribusi aplikasi yang dibuat khusus untuk Windows 10 dan Windows 8.

Di dalamnya terdapat banyak sekali aplikasi yang bermanfaat jika Anda cukup pandai mencarinya, dan hebatnya lagi rata-rata aplikasi yang ada di Microsoft Store bisa digunakan secara gratis.

Pada kesempatan kali ini Winpreso akan berikan rekomendasi aplikasi gratis terbaik di Microsoft Store yang bisa meningkatkan produktivitas Anda.

Untuk panduan cara menginstallnya bisa Anda lihat di sini: Cara install aplikasi dari Microsoft Store

Berikut ini adalah aplikasi gratis terbaik di Microsoft Store:

1. PhotoScape X

photoscape x

Untuk urusan mengedit foto di laptop Anda bisa mengandalkan PhotoScape X, aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk Anda miliki.

PhotoScape X merupakan aplikasi edit foto PC yang sangat mudah digunakan untuk pemula yang tidak memiliki skill editing yang canggih. Tidak seperti editor rumit seperti PhotoShop, aplikasi ini memiliki navigasi dan menu-menu yang sederhana dan mudah dipahami.

Pada dasarnya di dalam PhotoScape X terdapat beberapa editor yang digabungkan dalam satu aplikasi, yaitu:

  • Viewer sebagai galeri
  • Editor untuk mengedit foto
  • Combine untuk menggabungkan foto
  • Cutout untuk menghapus background
  • GIF maker untuk membuat foto menjadi GIF
  • Print untuk mencetak foto

Kelebihan aplikasi ini terletak pada kemudahan untuk menggunakannya. Tampilan UI yang terlihat modern dan tata letak navigasinya yang mudah dipahami akan membuat proses editing foto bukan lagi menjadi sesuatu yang sulit.

PhotoScape X bisa digunakan secara gratis, namun apabila ingin mendapatkan semua fiturnya maka Anda harus melakukan upgrade ke versi Pro.

2. Microsoft To Do

microsoft to do

Aplikasi gratis terbaik dari Microsoft Store yang kedua adalah Microsoft To Do yang berfungsi sebagai daily planner untuk membuat jadwal harian Anda lebih mudah untuk di atur. Program seperti ini akan sangat bermanfaat untuk Anda yang memiliki aktivitas yang padat.

Fitur-fitur yang ada pada Microsoft To Do:

  • Daily planner untuk membuat rencana aktivitas harian
  • Sinkronisasi pada semua perangkat yang terhubung dengan akun yang sama
  • Share lists dengan teman dan keluarga
  • Tema yang bisa dipersonalisasi sesuai keinginan
  • Menambahkan catatan pada setiap task
  • Melampirkan file hingga 25MB
  • Gratis digunakan pada semua perangkat

Anda bisa menyusun daftar aktivitas yang ingin dilakukan hari dan mengatur alarm untuk mengingatkan kapan aktivitas tersebut harus dilakukan. Anda juga bisa membuat catatan-catatan kecil yang akan tersinkronisasi pada semua perangkat Anda.

Saat ini Microsoft To Do tidak hanya tersedia untuk perangkat Windows saja, tapi juga sudah ada versi Android dan Apple sehingga catatan yang Anda buat bisa diakses pada semua device yang Anda miliki.

3. OneDrive

one drive

Untuk menyimpan file di cloud kita bisa menggunakan layanan gratis yang disediakan oleh Microsoft, yaitu OneDrive. Siapa saja yang sudah membuat akun Microsoft akan mendapatkan jatah penyimpanan sebesar 5GB pada OneDrive secara gratis.

Untuk mengakses OneDrive Anda bisa menggunakan browser, namun lebih mudah lagi jika kita menginstall aplikasi desktopya di Windows 10. Aplikasi OneDrive yang sudah terinstall akan terintegrasi dengan dengan Windows Explorer sehingga Anda bisa mengakses foldernya secara langsung tanpa membuka browser.

Selain OneDrive masih ada beberapa aplikasi Cloud Storage yang bisa Anda install di Windows 10, yaitu Dropbox, iCloud, dan Google Drive.

4. VLC Media Player

vlc media player

Video player merupakan salah satu software yang wajib diinstall setelah install ulang. Sebenarnya Windows 10 memiliki apliaksi pemutar video bawaan yang bisa Anda gunakan. Namun sayangnya aplikasi ini memiliki fitur yang terbatas, bagi Anda yang hobi nonton pasti akan merasa kurang puas saat menggunakannya.

Untuk itu kita perlu aplikasi video player yang sama ringannya namun punya fitur yang lebih lengkap. Aplikasi yang kami rekomendasikan adalah VLC Media Player. Aplikasi ini tersedia secara gratis di Microsoft Store dan Anda bisa menginstallnya dari sana.

VLC Media Player merupakan aplikasi berbasis open source yang bebas digunakan secara gratis. Aplikasi ini memiliki fitur yang sangat lengkap, Anda bisa menggunakannya untuk nonton video dengan berbagai format, menambahkan subtitle, dan streaming video online.

Kelebihan VLC terletak pada dukungannya yang sangat luas pada hampir semua format video yang ada. Anda bisa memutar video dan film dengan format apa saja, yang mana tidak bisa dilakukan oleh aplikasi video player bawaan Windows 10.

5. WhatsApp Desktop

whatsapp desktop

Untuk menggunakan WhatsApp di laptop tanpa harus membuka browser Anda bisa menggunakan aplikasi WhatsApp Desktop. Aplikasi ini bisa didapat langsung dari Microsoft Store, dan merupakan versi resmi bukan versi mod.

Setelah menginstall aplikasinya Anda bisa login menggunakan akun WhatsApp yang ada di smartphone, caranya sama persis dengan login WhatsApp Web di browser.

Secara keseluruhan, fitur-fitur yang ada di WhatsApp Desktop Windows 10 hampir sama dengan versi WhatsApp Web di browser, kelebihannya terletak pada cache login yang tidak akan terhapus meskipun Anda clear histroy pada browser. Dengan demikian maka kita tidak perlu login berulang-ulang seperti pada saat menggunakan WhatsApp di browser.

6. Recipe Keeper

recipe keeper

Aplikasi ini cocok untuk para wanita yang sangat hobi memasak, Anda bisa mengumpulkan semua resep masakan yang ditemukan di internet, di buku, atau dari orang lain ke dalam satu aplikasi agar lebih mudah dibuka lagi saat dibutuhkan.

Recipe Keeper bisa menjadi majalah pribadi yang berisi resep-resep masakan yang ingin Anda coba. Anda juga bisa membuat list belanja bahan-bahan yang diperlukan dengan aplikasi ini dan membukanya pada perangkat mobile.

Salah satu fitur yang sangat keren adalah kemampuan Recipe Keeper untuk melakukan scan pada buku resep dan memasukkannya langsung ke dalam aplikasi. Dengan cara ini Anda bisa menyimpan resep masakan dengan cepat tanpa repot-repot mengetik ulang.

7. Fotor

fotor

Aplikasi terbaik di Microsoft Store yang selanjutnya adalah Fotor. Aplikasi ini merupakan editor foto gratis yang bisa Anda gunakan di PC dan laptop Windows 10.

Fotor bisa digunakan untuk melakukan editing sederhana seperti cut, crop, resize, hingga yang lebih kompleks seperti memberikan efek, filter, dan color corrections.

Salah satu fitur yang akan Anda sukai adalah fitur 1-Tap Enhance yang memungkinkan untuk mengedit foto menjadi lebih menarik hanya dengan satu kali klik saja.

Selain itu Fotor juga bisa digunakan sebagai editor foto RAW pada koleksi foto-foto yang ada ambil dari kamera dan smartphone.

8. One Note for Windows 10

one note

One Note merupakan aplikasi digital notebook untuk laptop Windows 10 yang bisa digunakan untuk membuat catatan apa saja yang Anda ingin simpan.

Pada saat membaca tulisan yang menarik mungkin Anda ingin menyimpannya agar tidak lupa, di saat itulah aplikasi One Note akan sangat bermanfaat. Aplikasi ini bisa menyimpan catatan yang Anda buat di laptop lalu membukanya di perangkat lain yang terhubung, begitu pula sebaliknya.

Selain membuat catatan, One Note juga menyediakan fitur drawing yang memungkinkan kita membuat notes yang dilengkapi dengan gambar-gambar tangan. Aplikasi ini cocok sekali digunakan para pelajar dan mahasiswa untuk menyimpan catatan materi yang didapat dari kelas.

9. Zoom Rooms

zoom rooms

Di zaman yang serba digital seperti sekarang ini melakukan kegiatan belajar, meeting, hingga seminar tidak lagi harus secara tatap muka langsung. Sudah ada teknologi yang memungkinkan kita untuk melakukannya jarak jauh tanpa bertatap muka. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan adalah Zoom Rooms.

Zoom Rooms adalah aplikasi video conference yang berfungsi untuk melakukan meeting jarak jauh dengan memanfaatkan jaringan internet. Para pengguna bisa saling terhubung satu sama lain, melakukan percakapan, dan melihat lawan bicara melalui video yang ditangkap kamera.

Aplikasi ini juga mendukung penggunaan secara cross-platform, yang artinya bisa saling terhubung meskipun perangkat yang digunakan berbeda-beda (PC, laptop, tablet, smartphone).

Bagi pengguna Windows 10, Zoom Rooms bisa diinstall secara gratis dari Microsoft Store. Anda wajib mencobanya.

10. Total PC Cleaner

total pc cleaner

Aplikasi terbaik Microsoft Store terbaik yang wajib Anda miliki selanjutnya adalah Total PC Cleaner. Aplikasi ini berfungsi untuk membersihkan file sampah yang ada di Windows 10.

Seperti yang kita tahi jika file sampah seperti temporary files dan cache merupakan penyebab drive C penuh, apalagi jika dibiarkan terlalu lama tanpa pernah Anda bersihkan. Windows 10 juga akan menyimpan file sisa update yang biasanya punya ukuran cukup besar, menggunakan aplikasi cleaner ini kita bisa membersihkannya dengan mudah.

Membersihkan file sampah di komputer juga merupakan cara yang cukup ampuh untuk mempercepat Windows 10, dan yang paling penting lagi ruang penyimpanan bisa kita gunakan untuk hal lain yang lebih berguna.

Total PC Cleaner bisa Anda dapatkan langsung dari Microsoft Store. Tampilan aplikasi ini sangat sederhana sehingga Anda pasti akan langsung paham dan bisa menggunakannya.

11. Telegram Desktop

telegram desktop

Telegram merupakan salah satu aplikasi perpesanan yang cukup populer selain WhatsApp. Kabarnya Telegram punya tingkat keamanan yang lebih tinggi dibandingkan aplikasi lainnya. Jika Anda menggnakannya di smartphone, maka Anda juga bisa menginstall versi desktopnya di laptop.

Telegram Desktop tersedia di Microsoft Store dan bisa digunakan secara gratis. Anda tinggal menginstallnya lalu login dengan akun yang ada di smartphone. Aplikasi ini akan bekerja secara terintegrasi pada dua perangkat tersebut.

Berbeda dengan WhatsApp desktop yang hanya bisa dibuka jika smartphone dalam keadaan aktif, Telegram bisa berjalan secara mandiri meskipun smartphone dalam keadaan mati.

12. Bahasa Dictionary

bahasa dictionary

Untuk menerjemahkan Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia di laptop Anda bisa menggunakan aplikasi kamus. Salah satu yang tersedia di Microsoft Store adalah Bahasa Dictionary yang mendukung terjemahan Bahasa Indonesia.

Bahasa Dictionary merupakan aplikasi kamus offline yang berisi data kosakata yang lumayan lengkap. Aplikasi ini juga bisa berjalan dengan baik di Windows 10 karena memang dirancang untuk berjalan di sistem operasi ini. Untuk Anda yang sehari-hari selalu berhadapan dengan Bahasa Inggris maka aplikasi ini wajib untuk Anda miliki.

13. WPS Office Suite

wps office

WPS Office Suite adalah aplikasi office yang bisa Anda dapatkan secara gratis dari Microsoft Store. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang wajib di Windows 10 yang akan sangat bermanfaat untuk Anda.

Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengedit dokumen seperti Word, Excel, dan PowerPoint. Fungsi dan fiturnya juga cukup lengkap dan bisa berjalan dengan baik di Windows 10 sehingga cocok dijadikan sebagai alternatif Microsoft Office yang berbayar.

WPS Office Suite juga menyediakan fitur cloud yang memungkinkan Anda menyimpan dan mengedit file secara online. Hal ini bisa sangat berguna bagi orang dengan mobilitas tinggi sehingga bisa melanjutkan pekerjaan dari mana saja asalkan ada koneksi internet

14. PDF X

pdf x

Untuk membuka file PDF dengan komputer saat ini bukan lagi menjadi hal yang sulit, bahkan hampir semua browser terbaru sudah punya fitur pembaca file PDF yang bisa digunakan.

Di Windows 10, file PDF bisa dibuka dengan browser Microsoft Edge atau Google Chrome yang sudah terinstall, namun jika Anda menginginkan fitur yang lebih lengkap maka bisa menggunakan aplikasi PDF Reader tambahan.

Salah satu aplikasi PDF Reader terbaik di Windows 10 adalah PDF X. Aplikasi ini cukup ringan dan fitur-fiturnya juga cukup lengkap. Anda bisa menggunakannya pada laptop secara gratis.

PDF X bisa digunakan untuk membuka, mengedit, dan share file PDF ke pengguna lain. Salah satu fitur yang cukup keren adalah aplikasi ini mampu membuka file PDF yang diproteksi password.

Untuk menemukan bagian tertentu dari dokumen Anda juga bisa menggunakan fitur search yang akan sangat membantu mempercepat pekerjaan Anda.

15. Aplikasi pelengkap

Selain aplikasi-aplikasi esensial di atas, masih ada beberapa software bagus lainnya di Microsoft Store yang mungkin tertarik untuk Anda install.

Di antaranya seperti:

  • Netflix: untuk nonton film-film secara online dari situs Netflix
  • Flipboard: aplikasi majalah untuk mengumpulkan situs-situs menarik
  • TeamViewer: aplikasi remote desktop
  • Duplicates Cleaner: aplikasi untuk membersihkan file duplikat di laptop
  • Sticky Notes: aplikasi yang digunakan untuk membuat catatan di desktop
  • Evernote Touch: alternatif aplikasi notes seperti One Note
  • Fhotoroom: alternatif foto editor gratis untuk PC
  • Tweeten: aplikasi twitter client khusus untuk Windows 10
  • Facebook & Messenger: aplikasi Facebook desktop dan Facebook messenger untuk Windows 10
  • Newsflow: aplikasi pengumpul berita
  • Wunderlist: aplikasi to do list sebagai alternatif untuk Microsoft To Do
  • Copy Space: clipboard manager untuk menyimpan semua yang item yang dicopy
  • Instagram: aplikasi instagram desktop untuk Windows 10
  • Grammarly: pengoreksi grammar saat mengetik dalam bahasa Inggris
  • Windows Terminal: aplikasi terminal untuk Windows 10, mirip seperti terminal pada macOS dan Linux
  • Book Bazaar Reader: bagi yang suka membaca buku aplikasi ini wajib untuk Anda miliki, berfungsi sebagai reader PDF berbagai buku gratis dari public domain
  • Autodesk SketchBook: aplikasi untuk mengggambar sketsa

Itulah beberapa aplikasi gratis terbaik di Microsoft Store yang bisa Anda install di PC dan laptop untuk memudahkan pekerjaan dan meningkatkan produktivitas Anda. Selamat mencoba.

Leave a Comment