7+ Aplikasi Teleprompter Terbaik untuk Android

Teleprompter adalah sebuah alat yang digunakan oleh seorang presenter untuk membaca teks yang ditampilkan pada layar. Para presenter biasanya menggunakan alat ini untuk membaca berbagai macam skrip atau teks tentang materi yang akan dibawakannya.

Saat ini teleprompter sudah mulai digunakan oleh banyak orang, terutama oleh para creator video dan Youtuber. Alat ini akan membantu para pembuat video untuk menghafal kata-kata yang akan dibacanya. Dengan menggunakan teleprompter, pembuat video dapat membaca kalimat demi kalimat dengan lancar dan rapi tanpa harus menatap ke bawah atau melihat catatan yang ada di tangan.

Berkat kemajuan teknologi, saat ini smartphone Android Anda bisa diubah menjadi teleprompter dengan bantuan aplikasi. Aplikasi teleprompter ini sangat berguna ketika Anda tidak memiliki ide tentang materi yang akan dibahas. Jadi, Anda hanya perlu menulis script yang harus disampaikan dan baca di depan kamera.

Berikut ini adalah beberapa aplikasi teleprompter terbaik di Android yang bisa Anda gunakan:

1. Elegant Teleprompter

Elegant Teleprompter

Elegant Teleprompter adalah aplikasi teleprompter yang mudah digunakan. Di dalamnya terdapat fitur yang memudahkan kamu untuk mengedit teks, mengatur kecepatan penggulirannya, memilih ukuran huruf, dan masih banyak lagi. Selain itu, aplikasi teleprompter ini juga memiliki tampilan yang elegan dan tidak terlalu rumit.

Teks dapat disalin langsung ke aplikasi teleprompter atau Anda dapat memilih untuk membacanya secara manual. Aplikasi ini juga memiliki fungsi auto-scroll agar Anda tidak perlu melakukannya secara manual saat membaca teks. Elegant Teleprompter bisa menjadi aplikasi untuk membaca teks saat membuat video.

Anda juga dapat mengatur font, ukuran font, posisi warna latar belakang, dan banyak lagi yang akan membantu Anda menyesuaikan tampilan teks pada layar teleprompter untuk kenyamanan mata Anda saat siaran berlangsung.

2. Teleprompter Pro

Teleprompter Pro

Teleprompter Pro aplikasi teleprompter terbaik di Android dan cukup populer di Google Play Store. Aplikasi ini memberikan Anda kontrol sepenuhnya atas teks yang Anda berikan. Dengan Teleprompter Pro, Anda dapat dengan mudah mengedit teks dan menyesuaikan kecepatan scroll yang tepat untuk jenis video yang ingin Anda buat.

Anda dapat menggunakan layar sentuh untuk membuat perubahan instan dan menyesuaikan kecepatan scroll. Aplikasi ini memungkinkan Anda melakukan auto-scrolling, manual scrolling, auto-reversing, dan juga mengatur timer untuk berbicara. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur yang berguna lainnya seperti pengaturan warna latar belakang dan teks, penyesuaian font, dan pengaturan fungsional lainnya.

Aplikasi ini sangat cocok bagi kamu yang sering melakukan presentasi atau pidato dalam kegiatan seminar atau pertemuan. Dengan adanya aplikasi ini, kamu tidak perlu takut lupa soal apa yang harus diucapkan pada saat sedang berpidato.

3. Simple Teleprompter

Simple Teleprompter

Simple Teleprompter adalah aplikasi penyaji teks berjalan untuk menghadirkan teks ke media. Aplikasi ini mengadopsi layar lebar, cocok untuk berbagai jenis tampilan, sangat ideal untuk pembuatan video ataupun live streaming. Anda bisa menggunakan aplikasi teleprompter ini untuk membantu melakukan presentasi dan membaca dialog dengan baik.

Aplikasi teleprompter di Android ini mendukung beberapa format file seperti .txt, .rtf, .doc, .docx, dan .pdf. Fitur utama termasuk pengaturan waktu dan kata untuk setiap pembacaan. Hal ini juga memungkinkan Anda untuk mengatur tingkat kecepatan scrolling Anda.

4. Nano Teleprompter

Nano Teleprompter

Aplikasi ini berguna untuk membantu Anda membaca teks saat merekam video, atau jika Anda ingin tampil profesional saat presentasi, berpidato atau sedang wawancara kerja.

Di dalamnya sudah terdapat fitur yang sangat lengkap, seperti mengatur kecepatan teks, menyesuaikan ukuran teks, dan mengatur transparansi.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa disesuaikan dengan pengguna untuk memberikan tampilan yang berbeda sesuai dengan keinginan pengguna. Nano Teleprompter juga mendukung ekspor teks ke file HTML atau PDF dan bisa digunakan untuk membuat skenario film.

5. Oratory Teleprompter

Oratory Teleprompter

Oratory Teleprompter adalah aplikasi Android gratis yang memungkinkan Anda mengedit, menyimpan, dan membaca teks Anda dengan scrolling otomatis. Aplikasi ini menawarkan kontrol cepat dan mudah untuk penggunaan satu tangan, dan juga memiliki kemampuan untuk mengubah ukuran font.

Oratory Teleprompter juga sudah dilengkapi dengan fitur-fitur berbeda yang bisa membantu Anda menampilkan teks sesuai keinginan. Selain itu terdapat juga fitur pendukung seperti zoom, pengaturan kecepatan, penerangan layar, dan lain-lain.

6. Parrot Teleprompter

Parrot Teleprompter

Parrot Teleprompter adalah aplikasi teleprompter berbasis Android yang dirancang untuk membantu para presenter dengan mudah mengakses teks dan mengeditnya sesuka hati. Parrot secara otomatis melakukan scroll saat Anda sedang mempresentasikan materi.

Parrot memiliki berbagai fitur yang dapat Anda gunakan untuk membuat presentasi lebih baik. Paket gratisnya sudah cukup bagus, tetapi jika Anda ingin menambahkan fitur tambahan, Anda harus membayar $9 per bulan untuk langganan Pro.

7. SpeechWay

SpeechWay

SpeechWay adalah aplikasi teleprompter terbaik yang bisa kamu download secara gratis di Google Play Store. SpeechWay memiliki fitur yang mudah digunakan, yakni dengan menggeser layar ke kanan atau ke kiri untuk mempercepat atau memperlambat waktu penyampaian tulisan. Kontrol kecepatan ini bekerja secara instant dan tidak membutuhkan waktu lama untuk menyesuaikan kecepatan bacaan. Selain itu, kamu juga bisa mengatur besar font, warna latar dan warna tulisan dalam aplikasi ini.

SpeechWay akan menampilkan teks pada layar sehingga bisa dibaca saat pengguna melakukan presentasi atau berbicara di depan umum. Kelebihan SpeechWay dibandingkan aplikasi teleprompter lainnya adalah lebih mudah digunakan dan praktis tanpa harus menyiapkan kamera DSLR atau kamera mirrorless. Cukup dengan menggunakan smartphone Android saja, pengguna sudah bisa mendapatkan fitur teleprompter yang mudah digunakan dan ringan.

SpeechWay memungkinkan Anda menggunakan banyak kosa kata sehari-hari dengan cara apa pun yang Anda inginkan. Jika Anda ingin mencari banyak kata baru, cukup gunakan SpeechWay untuk menyaring semua kosakata yang tersedia di internet sehingga Anda dapat menemukan berbagai kata baru yang tersedia.

8. BIGVU Teleprompter

BIGVU adalah aplikasi teleprompter terbaik untuk para YouTuber. Dengan aplikasi ini, kamu bisa merekam video tanpa harus membaca teks dari kertas. Aplikasi ini bisa dioperasikan melalui smartphone Android dan juga iPhone. Sebenarnya aplikasi teleprompter ini dirancang untuk membantu kamu dalam proses perekaman video di layar televisi, namun berjalan baik juga untuk merekam video dari smartphone.

9. Video teleprompter

Aplikasi ini berbeda dengan aplikasi prompter lainnya karena telah dikembangkan dan dirancang khusus untuk video, bukan presentasi atau pidato.

Video TelePrompter adalah aplikasi teleprompter android yang paling di rekomendasikan untuk para pelaku media dan juga content creator. Aplikasi ini sangat mudah digunakan, karena terdapat fitur-fitur canggih seperti bisa mengatur kecepatan putaran teks, melakukan perubahan warna background, dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menambahkan teks dengan mudah dan mengeditnya secara langsung. Dengan pengeditan kata, Anda dapat menyesuaikan ukuran teks, warna, huruf dan efek teks. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan gambar dan video langsung ke layar teleprompter.

Leave a Comment