5+ Aplikasi Penyimpanan Cloud Gratis Terbaik di Windows 10

Aplikasi Cloud Storage adalah aplikasi yang berfungsi untuk menyimpan data-data di server cloud. Model penyimpanan data seperti ini sudah cukup populer digunakan saat ini. Anda pasti sudah pernah mendengar beberapa layanan cloud storage seperti Google Drive, One Drive, Dropbox, dan masih banyak lagi.

Menyimpan file di cloud storage memberikan beberapa kelebihan dibandingkan menyimpan data secara offline di local disk komputer, yang paling utama adalah memastikan data-data tidak hilang ketika terjadi sesuai dengan komputer kita.

Selain itu menyimpan data di cloud juga memungkinkan kita mengakses data tersebut pada perangkat lain dengan mudah. Kita bisa menggunakan browser atau aplikasi cloud desktop yang bisa diinstall di laptop lain.

Berikut ini adalah beberapa aplikasi penyimpanan cloud gratis terbaik untuk Windows 10 yang bisa Anda gunakan:

1. Dropbox

dropbox

Aplikasi penyimpanan cloud gratis terbaik untuk Windows 10 yang pertama adalah Dropbox. Layanan ini sudah ada sejak lama dan bisa didapatkan dengan mudah. Untuk mendaftar Dropbox yang Anda perlukan hanyalah alamat email yang aktif, bisa email apa saja.

Setelah membuat akun Dropbox maka secara otomatis Anda akan mendapatkan kuota penyimpanan gratis sebesar 2GB. Untuk mendapatkan kuota tambahan Anda bisa meminta teman atau rekan kerja untuk mendaftar menggunakan link refferal milik Anda, nanti setiap ada orang yang mendaftar menggunakan link tersebut Anda akan mendapatkan kuota tambahan sebesar 500MB.

Layanan penyimpanan cloud Dropbox juga bisa diakses lewat browser atau aplikasi desktop. Jika menggunakan laptop yang bukan milik Anda maka Anda bisa upload dan download file dari browser. Pada laptop miliki sendiri maka Anda bisa install aplikasi dekstopnya.

Buat akun Dropbox di sini: Daftar sekarang

Download aplikasi Dropbox Desktop: Download

2. OneDrive

onedrive

OneDrive adalah layanan penyimpanan cloud yang diberikan oleh Microsoft. Semua pengguna yang sudah membuat akun Microsoft secara otomatis akan diberikan jatah penyimpanan sebesar 5GB secara gratis.

Anda bisa mengakses OneDrive dari browser atau menginstall aplikasi desktopnya. Setelah menginstall aplikasi desktop maka folder dari OneDrive akan berada pada panel Quick Access di File Explorer dan Anda bisa menyimpan file apa saja di sana seperti layaknya menyimpan file pada sebuah folder biasa.

Aplikasi OneDrive desktop bisa Anda download dari sini: Download

Panduan cara menggunakannya bisa lihat di sini: Cara menggunakan OneDrive

3. Google Drive

google drive

Penyimpanan cloud gratis terbaik yang selanjutnya adalah Google Drive yang diberikan oleh Google. Anda yang sudah memiliki akun Gmail secara otomatis sudah memiliki akun Google Drive dan diberikan jatah penyimpanan sebesar 15GB secara gratis.

Google Drive merupakan salah satu layanan cloud storage yang terpercaya karena berasal dari perusahaan internet terbesar yang ada saat ini. Anda bisa menyimpan berbagai file seperti foto, video, dan dokumen lain ke Google Drive.

Untuk mengakses Google Drive juga bisa dilakukan dengan menggunakan browser atau menginstall aplikasi Google Drive desktop. Jika Anda sangat sering menggunakannya maka disarankan untuk menginstall aplikasi desktop.

Download aplikasi Google Drive Desktop di sini: Download

4. Mega

mega

Mega merupakan aplikasi penyimpanan cloud yang memberikan kuota gratis paling besar saat ini. Setelah Anda mendaftar akun baru maka secara otomatis akan mendapatkan jatah kuota gratis sebesar 50GB! Untuk mendaftar akun Mega tidaklah sulit, yang perlu Anda siapkan adalah sebuah alamat email yang aktif.

Buat akun Mega di sini: Daftar sekarang

Penyimpanan cloud Mega bisa Anda gunakan untuk menyimpan file apa saja mulai dari foto-foto, video, dokumen, tugas-tugas sekolah, aplikasi dan masih banyak lagi. Untuk memudahkan dalam mengatur file Anda maka bisa pisahkan ke dalam folder-folder tersendiri.

Menggunakan Mega di browser juga sangat mudah karena desain UI yang cukup user friendly dengan fitur yang tidak terlalu banyak. Dengan jatah kuota penyimpanan gratis sebanyak 50GB maka Anda bisa menggunakannya sebagai tempat backup.

Mega bisa digunakan baik dari browser atau jika Anda sangat sering menggunakannya maka bisa install aplikasi desktopnya. Silakan download aplikasi desktop Mega di halaman ini: Download

5. iCloud

icloud

Bagi Anda yang memiliki perangkat Apple seperti Macbook, iPad, atau iPhone maka bisa memanfaatkan layanan penyimpanan cloud yang diberikan oleh Apple secara gratis kepada penggunanya. iCloud bisa Anda gunakan pada komputer Mac dan juga Windows, dengan begitu file-file Anda tetap bisa diakses dengan mudah.

Untuk mendapatkan kuota penyimpanan gratis Anda harus memiliki akun Apple ID terlebih dahulu. Setelah memiliki akun maka secara otomatis akan mendapatkan jatah kuota sebesar 5GB gratis.

Bagi Anda yang menggunakan dual boot Windows 10 dan MacBook maka bisa menginstall aplikasi iCloud desktop di Windows 10. Dengan cara ini Anda tidak perlu repot-repot copy paste file di antara kedua OS tersebut karena file-file sudah tersimpan rapi di iCloud.

Lihat cara menggunakan iCloud di Windows 10 di sini: Cara menggunakan iCloud di Windows 10

Download iCloud desktop untuk Windows 10 di sini: Download

6. Box

box

Aplikasi penyimpanan cloud terbaik dan gratis untuk Windows 10 yang terakhir adalah Box. Anda mungkin masih belum terlalu familiar dengan layanan cloud yang satu ini, tapi ternyata Box juga merupakan pemain lama di dunia clou storage.

Anda bisa membuat akun gratis bermodalkan email aktif dan mendapatkan jatah penyimpanan gratis sebesar 10GB. Box juga memiliki fitur-fitur penyimpanan yang cukup lengkap seperti mengorganisir file ke dalam direktori-direktori yang bisa dibuat sendiri, download dan upload file dari komputer, hingga fitur sharing file ke publik atau pengguna lain.

Untuk menggunakan Box di PC dan laptop maka Anda bisa menginstall aplikasi desktopnya. Dengan cara ini maka proses download dan upload file akan menjadi semudah copy-paste di File Explorer.

Download aplikasi Box Desktop di sini: Download

Itulah beberapa aplikasi penyimpanan cloud gratis terbaik di Windows 10 yang bisa jadi pilihan Anda. Untuk mendapatkan kuota penyimpanan yang lebih besar maka Anda bisa gunakan beberapa cloud sekaligus dalam satu laptop, dengan cara ini kita bisa mendapatkan jatah penyimpanan yang lebih besar tapi tetap gratis. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment