10+ Aplikasi PC untuk CCTV

Untuk memantau CCTV dari PC dan laptop Anda bisa memanfaatkan beberapa aplikasi PC yang akan kami bahas pada kesempatan kali ini. Dengan menggunakan aplikasi ini maka Anda bisa mengelola dan memonitor semua CCTV yang terpasang di rumah atau di tempat kerja Anda.

Fungsi utama dari sistem keamanan CCTV adalah sebagai perekam video dan pengawas ruangan. Sistem ini juga dapat digunakan untuk keperluan analisis data (Data Mining) misalnya untuk menganalisis karakteristik kendaraan yang lewat, orang yang masuk ruangan, deteksi wajah, dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah rekomendasi aplikasi PC terbaik untuk CCTV:

1. HikVision iVMS-4200

HikVision iVMS 4200

Aplikasi HikVision iVMS-4200 untuk PC adalah aplikasi yang dapat anda gunakan untuk mengontrol dan melihat CCTV secara online tanpa harus selalu membawa DVR atau NVR kemana mana. Dengan aplikasi ini, dijamin anda bisa monitor CCTV dengan mudah.

Hikvision iVMS-4200 dapat digunakan pada produk-produk kamera CCTV Hikvision yang memiliki fungsi administrasi dan monitoring terhadap kamera CCTV. Selain itu, dapat juga digunakan untuk mengatur jadwal perekaman atau dijadikan sebagai alat pemantauan saat Anda sedang bepergian.

Aplikasi ini dikembangkan dengan beragam fitur yang bermanfaat seperti:

  • Pembuatan akun pengguna baru
  • Monitoring kamera CCTV Hikvision
  • Perekaman video secara manual atau pun otomatis
  • Penyimpanan gambar atau video di folder lokal komputer
  • Dapat mengirim pesan peringatan setelah mengalami kebocoran atau data hilang
  • Perekaman suara dan berbagi video.
  • Akses ke 4200+ model kamera melalui ONVIF.
  • Dukungan untuk kamera megapixel HD.
  • Penetapan lokasi, penyimpanan video dan penjadwalan rekaman untuk setiap kamera.
  • Menambahkan dan mengelola NVR / DVR.
  • Live view monitor untuk kamera IP dan DVR sistem.
  • Mengelola daftar favorit untuk membuat akses ke kamera cepat di bawah daftar Favorit.

2. Netcam Studio

Netcam Studio

NetCamStudio adalah aplikasi yang menyediakan layanan pemantauan kamera langsung dari smartphone, tablet atau komputer. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda melihat hasil rekaman yang tersimpan di dalam komputer Anda. NetCamStudio merupakan aplikasi terbaik untuk pembuatan sistem keamanan CCTV.

Aplikasi ini mendukung berbagai kamera IP, seperti Axis, Vivotek, D-Link, Foscam, dan lain-lain. Aplikasi ini juga mendukung sistem pengawasan analog atau DVR (Digital Video Recorder) seperti Geovision, Kodicom, Pico 2000

3. IP Camera Viewer

IP Camera Viewer

Aplikasi CCTV IP Camera Viewer adalah salah satu aplikasi untuk melihat live streaming dari cctv yang berada jarak jauh melalui media internet atau lebih tepatnya IP Jaringan. Aplikasi ini sangat berguna karena dapat memonitoring kamera cctv yang terhubung ke jaringan secara langsung. Selain itu aplikasi ini dilengkapi dengan beberapa fitur keren seperti PTZ (Pan, Tilt, & Zoom), Snapshot, dan Record.

Aplikasi CCTV IP Camera Viewer hadir dengan banyak fitur yang berguna. Misalnya, anda dapat mengatur beberapa kamera sehingga membuat anda tidak perlu lagi berpindah-pindah layar. Selain itu anda juga dapat menyimpan video rekaman yang direkam untuk keperluan tertentu. Aplikasi ini juga mendukung berbagai format video seperti AVI, MPEG4, H.264 dan MJPEG.

Aplikasi ini membuat Anda dapat melihat video sampai 4 layar, yang merupakan keuntungan besar jika Anda memiliki banyak kamera. Anda dapat mengatur setiap layar sendiri dan tersedia pada versi berbayar. Aplikasi ini cocok bagi mereka yang bekerja di lapangan sehingga mereka dapat mengatur jaringan kamera dengan mudah dan cepat.

4. Genius Vision NVR

Genius Vision NVR

Genius Vision NVR merupakan salah satu aplikasi CCTV paling terbaik dan lengkap yang tersedia di pasaran. Aplikasi ini menjadi salah satu alternatif software CCTV yang baik untuk digunakan sebagai aplikasi CCTV PC lokal atau pun untuk melihat kamera CCTV dari jarak jauh melalui internet.

Sistem keamanan CCTV Genius Vision NVR memiliki fitur yang sangat lengkap dan powerfull. Aplikasi ini dapat berjalan pada sistem operasi Windows, Linux atau Mac OS X.

5. CamUniversal

CamUniversal

CamUniversal adalah aplikasi desktop yang berguna untuk melihat live streaming dari kamera CCTV. Software ini juga bisa digunakan untuk remote kamera CCTV, sehingga Anda bisa mengontrolnya dari jarak jauh.

Program ini mendukung beragam jenis kamera yang ada saat ini, mulai dari webcam, WDM (Windows Driver Model), network cameras, dan direct show devices. CamUniversal juga memiliki kemampuan untuk menyimpan video secara langsung ke harddisk tanpa harus melalui codec.

7. Zebra-Media Surveillance System

Zebra Media Surveillance System

Zebra-Media Surveillance System adalah aplikasi CCTV yang dapat anda gunakan untuk memonitori kamera CCTV melalui perangkat PC atau Laptop. Aplikasi ini dapat digunakan pada hampir semua jenis kamera CCTV yang telah terkoneksi ke PC. Aplikasi ini dapat membantu anda untuk mengontrol, memantau serta menyimpan file video langsung dari komputer secara real time. Selain itu aplikasi ini juga sangat mudah untuk digunakan.

Zebra-Media Surveillance System adalah solusi pengawasan multi-kamera untuk sistem operasi Windows. Diakui sebagai aplikasi kamera cctv terbaik dan paling stabil, Zebra-Media Surveillance System memungkinkan Anda menjalankan satu atau lebih kamera web, IP atau kamera CCTV langsung ke hard drive dan merekam video pada waktu yang ditentukan, deteksi gerakan, menerapkan beberapa efek (khususnya menambahkan teks), memutar suara, memulai berbagi desktop dan melihat gambar dalam ukuran penuh.

Aplikasi ini mendukung semua sumber video populer yang digunakan di rumah dan di tempat kerja: kamera IP (Axis, D-Link, Edimax, Foscam, Mobotix, Panasonics, Sony atau kamera lainnya), serta webcam USB.

8. Security Monitor Pro

Security Monitor Pro

Security Monitor Pro adalah aplikasi pemantauan kamera CCTV yang mudah digunakan dan hemat biaya. Anda dapat memantau, merekam, dan melihat video dan snapshot dari 4 IP kamera pada waktu yang sama. Pemantauan jarak jauh dengan menggunakan telepon seluler atau desktop PC.

Sistem ini mendukung IP kamera Axis, D-Link, IQinVision, JVC, Linksys, Mobotix, Panasonic, Pixord, Sony, Toshiba, Vivotek dan banyak lagi.

Leave a Comment