Aplikasi Google Classroom untuk Laptop

Google Classroom adalah sebuah layanan yang memungkinkan guru dan siswa untuk mengatur kelas, memberikan tugas, melakukan penilaian, dan berkoordinasi secara online. Google Classroom dapat diakses melalui web browser atau aplikasi yang tersedia untuk Android dan iOS.

Google Classroom dapat digunakan sebagai aplikasi untuk berkomunikasi antara siswa dan guru. Di dalamnya, pengguna dapat berbagi dokumen, mendistribusikan materi belajar, mengumpulkan tugas siswa, memberikan tugas, dan memeriksa tugas yang telah diselesaikan oleh siswa.

Aplikasi Google Classroom untuk laptop dan PC

Aplikasi Google Classroom tersedia untuk perangkat Android dan iOS yang bisa Anda download dan install langsung dari Playstore dan Appstore.

Khusus untuk pengguna laptop dan PC terdapat dua alternatif untuk bisa menggunakannya sebagai aplikasi dekstop, yaitu melalui Google Extension dan Emulator Android.

Cara membuat shortcut aplikasi Google Classroom di laptop dan PC

Berikut panduan cara instalasi Google Classroom untuk laptop dengan menggunakan Google Extension:

1. Buka browser Google Chrome kemudian masuk ke halaman Google Classroom di sini: https://classroom.google.com/

2. Login menggunakan akun Google Anda

3. Setelah masuk ke Google Classroom langkah selanjutnya adalah membuat Shortcut desktop, ini nantinya akan digunakan untuk masuk langsung ke aplikasi Google Classroom dari laptop Anda.

4. Untuk membuat Shortcut klik pada tombol Menu (icon titik tiga di pojok kanan atas browser) > pilih More Tools > pilih Create shortcut

aplikasi google classroom untuk laptop 1

5. Beri nama shortcut sesuai keinginan > centang pada opsi Open as window > klik tombol Create

aplikasi google classroom untuk laptop 2

6. Sekarang coba Anda kembali ke desktop, di sana akan ada shortcut aplikasi Google Classrom, nanti setiap kali ingin membuka aplikasi Google Classroom bisa langsung klik dua kali shortcut tersebut.

aplikasi google classroom untuk laptop 3

Menggunakan aplikasi Google Classroom di laptop dengan emulator Android

Alternatif kedua untuk menggunakan aplikasi Google Classroom di laptop adalah dengan memanfaatkan emulator Android. Dengan menggunakan emulator memungkinkan Anda bisa menggunakan aplikasi Google Classroom yang persis sama dengan aplikasi yang biasa digunakan pada perangkat Android.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama silakan download aplikasi Emulator, bisa menggunakan NoxPlayer, MemuPlayer, BlueStack, atau emulator lain sesuai keinginan
  2. Install emulator ke laptop Anda seperti biasa
  3. Setelah emulator terinstall, buka aplikasi Playstore
  4. Login menggunakan akun Google Anda
  5. Cari aplikasi Google Classroom di Playstore kemudian install
  6. Buka aplikasi Google Classroom yang sudah terinstall
  7. Login dengan akun Google yang terhubung dengan Google Classrom Anda
  8. Aplikasi Google Classroom sudah bisa digunakan di laptop

Menggunakan emulator Andaroid untuk Google Classroom di laptop ini memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Kelebihannya adalah Anda bisa menggunakan aplikasi Google Classroom dari laptop yang sama persis tampilan dan fitur-fiturnya dengan versi Android.

Kekurangannya adalah menggunakan emulator di laptop biasanya lebih berat daripada menggunakan aplikasi Windows, karena beban kerja menjadi dua kali lipat. Oleh karena itu diperlukan laptop dengan spesifikasi yang tinggi. Bila laptop Anda punya spesifikasi pas-pasan maka tidak disarankan menggunakan cara ini karena nanti akan terasa lambat.

Leave a Comment