8 Aplikasi Edit Video Windows 7

Mengedit video merupakan salah satu pekerjaan dan hobi yang cukup populer di kalangan milenial zaman sekarang. Mulai dari sekadar membuat konten iseng, hingga editing sebagai content creator profesional pun dilakukan.

Untuk mengedit video di PC dan laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 7 Anda memerlukan aplikasi editor yang bagus dan ringan. Saat ini ada banyak sekali pilihan aplikasi edit video gratis yang bisa didapatkan dari internet, namun akan memakan banyak waktu jika mencari sendiri hingga menemukan yang cocok.

Jika Anda sedang mencari aplikasi edit video terbaik untuk Windows 7 maka Anda sudah berada di tempat yang tepat. Berikut ini telah kami rangkum beberapa aplikasi edit video terbaik untuk Windows 7 yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

1. Shotcut

Shotcut

Shotcut adalah aplikasi pengeditan video open source terbaik dan gratis untuk digunakan di Windows 7. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur seperti filter dan efek yang tidak ditemukan di aplikasi lain. Shotcut mendukung banyak format video, termasuk 4K.

Aplikasi ini dilengkapi dengan timeline multi-layer dan pemotongan non-linear. Ini tidak hanya karena fitur keren dan layanan yang fantastis, tetapi juga karena antarmuka yang sangat intuitif. Dengan desainnya sendiri, Shotcut membuat pengguna beradaptasi dengan mudah tanpa bantuan manual atau panduan.

Shotcut menyediakan pilihan format video yang sangat banyak seperti MPEG, AVI, ASF, QT dan FLV. Selain itu, ada pula dukungan format file audio WAV, OGG dan MP3. Sehingga kita tidak perlu khawatir tidak mendukung format video kita.

Shotcut juga memiliki banyak efek di dalamnya, seperti blur, color grading dan masih banyak lagi. Shotcut juga mampu melakukan editing audio secara terpisah yaitu dengan fitur Equalizer, Fade, Balance dan lainnya.

Aplikasi ini disediakan dengan antarmuka pengguna yang memungkinkan kamu untuk menyesuaikan setiap bagian dari jendela besar. Aplikasi ini menyediakan fitur drag and drop pada timeline yang memungkinkan kamu untuk menambahkan video, audio, dan gambar ke editor.

2. VideoPad

VideoPad

VideoPad adalah salah satu aplikasi edit video terbaik yang tersedia untuk Windows 7. Aplikasi ini menyediakan banyak fitur seperti pengeditan langsung ke DVD, efek suara, efek khusus, layar split, transisi, pengeditan lapisan audio, dan banyak lagi.

VideoPad didukung oleh VirtualDub, sehingga Anda bisa menggunakannya untuk mengedit file berformat AVI, WMV, 3GP dan MOV. VideoPad juga mendukung file video yang dikompresi dengan DivX dan Xvid.

Dengan VideoPad Anda bisa menggabungkan beberapa film jadi satu, mengatur kecepatan pemutaran, menambahkan audio, gambar, dan teks overlay. Anda dapat melakukan hal ini dengan mudah melalui antarmuka grafisnya yang intuitif.

Fitur unggulan VideoPad ini adalah kemampuan untuk menghasilkan file video HD (high definition) ataupun Blu-ray. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk sharing atau mengupload video hasil editing ke situs-situs jejaring sosial seperti YouTube, Facebook dan Flickr. Anda juga bisa langsung membakar file hasil editing ke DVD atau Blue-ray disc.

3. Lightworks

Lightworks

Mungkin aplikasi ini tidak sepopuler Adobe Premiere Pro. Namun, jika Anda mencari aplikasi edit video gratis untuk Windows 7, Lightworks bisa menjadi pilihan yang baik. Lightworks telah bekerja sama dengan film-film terkenal seperti Pulp Fiction, The Departed, Hugo, dan The King’s Speech.

Lightworks bukanlan software yang cocok untuk pemula karena memiliki fitur yang sangat kompleks dan beragam untuk mengedit video. Anda dapat menggabungkan beberapa bagian dari video tanpa kehilangan kualitasnya.

Selain itu, aplikasi edit video ini juga bisa digunakan untuk kebutuhan animasi dan grafis 3D. Untuk mendapatkan Lightworks Anda harus melakukan registrasi. Setelah itu Anda akan menerima email berisi download link program tersebut.

4. Movie Maker

Movie Maker

Microsoft Movie Maker adalah aplikasi gratis yang disertakan dalam paket sistem operasi Windows dengan fungsi untuk membuat video. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang bersih dan mudah digunakan untuk mengedit video. Movie Maker masih berfungsi dengan baik di Windows 7.

Aplikasi edit video gratis ini memiliki semua fitur perangkat lunak editing video umum, termasuk alat pemotongan dan pemadatan, transisi, animasi teks dan juga memungkinkan Anda menambahkan musik ke video Anda. Movie Maker dapat digunakan dengan cepat tanpa harus membaca tutorial lama atau manual penggunaan.

Movie Maker menawarkan sejumlah filter dan efek yang akan membantu Anda mengubah tampilan video. Program ini juga mendukung penambahan suara latar. Movie Maker didesain untuk pecinta multimedia yang ingin melakukan editing tanpa komputer berperforma tinggi. Movie Maker juga mendukung berkas format AVI, WMV, ASF, MPG, MPEG, dan MOV.

Movie Maker dilengkapi dengan opsi untuk mengunduh konten gratis dari YouTube atau Vimeo. Versi terbaru dari aplikasi ini juga memungkinkan Anda melakukan live streaming sesi editing langsung ke Facebook, YouTube dan OneDrive.

6. VSDC Video Editor

VSDC Video Editor

VSDC menawarkan semua fitur yang Anda inginkan dalam sebuah editor video termasuk dengan kontrol masking. Program ini juga menawarkan berbagai efek dan transisi yang bisa Anda gunakan untuk video Anda. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi edit video terbaik untuk Windows 7.

Anda dapat menambahkan screenshot ke video ketika Anda sedang merekam desktop, atau jika Anda sedang merekam tampilan suatu program, maka akan muncul sebuah efek transisi menarik untuk screenshot tersebut.

Dengan VSDC Video Editor, Anda juga dapat membuat video 3D. Program ini mendukung format file multimedia yang beragam dan output video secara langsung ke YouTube.

Aplikasi ini mendukung resolusi 4K Ultra HD dan sangat cocok untuk para pengguna PC atau laptop yang beresolusi tinggi. Bagi Anda yang mencari aplikasi edit video yang lengkap dengan fitur-fitur yang banyak namun tidak mahal, VSDC Video Editor dapat menjadi pilihan terbaik.

7. Openshot

Openshot

Openshot adalah aplikasi edit video gratis yang cukup populer di kalangan pengguna Linux. Namun seiring berjalannya waktu, para pengembangnya pun mengembangkannya agar aplikasi ini bisa juga digunakan di sistem operasi Windows.

Openshot merupakan aplikasi edit video terbaik dan gratis untuk windows 7. Aplikasi edit video ini memiliki banyak fitur, seperti drag and drop file, menambahkan efek-efek video, transisi video, menambahkan video dalam sebuah layer dan masih banyak lagi. Namun ada beberapa kekurangan dari software ini salah satunya adalah tidak bisa mengedit file audio.

Openshot didesain untuk membantu para pengguna membuat video tanpa memerlukan banyak waktu. Openshot juga sudah mendukung berbagai format file yang populer yaitu MP4, AVI, MKV, FLV dan masih banyak lagi.

8. Easy Video Maker

Easy Video Maker

Easy Video Maker aplikasi edit video terbaik dan gratis untuk windows 7. Seperti namanya, Easy Video Maker merupakan salah satu tool editing video yang sangat mudah digunakan. Anda dapat mengedit video dengan cepat. Fitur-fitur yang disediakan juga banyak, sehingga anda dapat dengan mudah mengolah video yang sedang anda buat

Easy Video Maker menyediakan berbagai macam transisi dan efek yang keren untuk video. Anda juga dapat menambahkan teks, audio maupun gambar pada video yang sedang anda buat.

Kelebihan lainnya adalah aplikasi ini memiliki user interface yang sederhana dan juga sangat gampang digunakan. Dengan tampilan antarmuka yang klasik membuat Easy Video Maker lebih ringan dan tidak membebani system PC/Laptop anda.

Leave a Comment